Featured Review Smartphone

Review ASUS Zenfone Live – Smartphone 4G Pertama dengan Live Video Beautification dan Harga Terjangkau

ASUS Zenfone Live Header

ASUS merupakan salah satu vendor yang sukses menjual produknya di Indonesia, baik itu perangkat komputer, jaringan, notebook, tablet, hingga smartphone. Sejak keluarga Zenfone diluncurkan beberapa tahun silam hingga saat ini telah menjadi primadona di tanah air.

Keluarga Zenfone ini merupakan smartphone ASUS berspesifikasi hardware menarik, namun memiliki harga yang terjangkau sehingga banyak digemari oleh masyarakt Indonesia. Selanjutnya, baru-baru ini ASUS telah meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama Zenfone Live di Indonesia.

Smartphone yang satu ini dibuat khusus untuk penggunanya yang hobi melakukan video live stream. Nah, kebetulan saya berkesempatan untuk menguji coba smartphone yang satu ini dalam waktu beberapa minggu. Untuk itu, bagi Gadgeter yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai fitur, desin, dan performanya maka dapat melihat artikel review berikut ini.

Desain

ASUS Zenfone Live Design

ASUS Zenfone Live memiliki bodi yang cukup tipis dengan ketebalan hanya 7,95 mm dan bobot 120 gram. Selain itu, bodi belakangnya menggunakan bahan plastik yang menggunakan metallic coating sehingga menyerupai logam.

Smartphone ini memiliki 3 pilihan warna yang terdiri dari Navy Black, Shimmer Gold, dan Rose Pink yang menambah kesan logam. Layarnya memiliki bagian pinggir kaca lengkung 2.5D yang membuatnya terlihat menarik.

Pada saat saya menggenggamnya, smartphone ini terasa sangat ringan yang rasanya seperti mainan. Namun dengan bobot yang ringan tersebut membuat ASUS Zenfone Live ini nyaman dipegang dalam waktu yang lama.

Dari sisi tata letak, ASUS menyematkan SIM Tray pada bagian kiri smartphone. Untuk membuka SIM Tray ini saya menggunakan SIM card ejector yang telah hadir dalam paket penjualannya. Sementara itu, pada bagian kanan terdapat tombol power dan volume.

Pada ASUS Zenfone Live ini saya tidak perlu repot menggunakan kombinasi tombol power + volume untuk mengambil screenshot, melainkan hanya perlu menekan lama tombol recent hingga layar berkedip dan secara otomatis hasil screenshot akan disimpan dalam penyimpanan smartphone.

Untuk memasang headphone atau earphone pada smartphone ini maka penggunanya dapat menghubungkannya dengan port jack audio yang berada di bagian atas perangkat. Selain itu, untuk mengisi daya baterai atau memindahkan data maka dapat menggunakan kabel yang dihubungkan pada port microUSB di bagian bawah.

Live Beautification

Live Video Beautification

Salah satu fitur unggulan yang hadir dalam smartphone ini adalah Live Beautification. Fitur yang satu ini hampir mirip dengan Beautification yang terdapat kamera depan ketika akan melakukan foto selfie yang dapat memuluskan dan mencerahkan wajah.

Namun pada Live Beautification ini penggunanya akan bisa memuluskan dan mencerahkan wajah ketika sedang melakukan live streaming melalui aplikasi Beauty Live. Nantinya ketika aplikasi ini dibuka maka penggunanya akan dihadapkan pada tingkat kemulusan wajah dari 1 hingga 10.

Setelah memilih tingkat kemulusan wajah maka penggunanya dapat memilih platform untuk menyiarkan live streaming yang sedang dibuat. Nantinya akan terdapat 3 platform bawaan untuk melakukan live streaming, seperti Youtube, Facebook, dan Instagram.

Selain 3 platform tersebut, sebenarnya ASUS Zenfone Live telah mendukung lebih dari 30 platform. Akan tetapi platform lainnya akan muncul ketika aplikasinya juga telah diinstal di dalam smartphone.

Dual-Microphone Noise Cancellation

ASUS zenfone Live Side

Smartphone yang satu ini telah dibekali dengan dual-microphone MEMS sensitif yang telah diatur dan diposisikan untuk mengurangi kebisingan dan membuat suara penggunanya dapat didengar ketika melakukan live streaming.

Selain itu, fitur noise cancellation juga membantu untuk meminimalisir noise atau gangguan suara yang terjadi ketika penggunanya sedang melakukan live streaming. Lubang mikrofon juga ditempatkan di bagian bawah berdamping dengan speaker.

Tak ketinggalan, fitur enhanced speech memungkinkan suara yang dikeluarkan oleh pengguna terdengan lebih baik dan jelas. Sementara fitur smart amplifier membuat suara yang dikeluarkan menjadi lebih keras dan bulat.

Kamera

ASUS telah membekali Zenfone Live dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0, Auto focus, Fix focus, dan LED Flash. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie dengan baik.

Tak ketinggalan, dukungan teknologi PixelMaster juga dihadirkan dalam aplikasi bawaannya sehingga memungkinkan penggunanya dapat berkreasi dengan fitur yang di dalamnya. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan hasilnya maka dapat melihat foto di bawah ini :

Foto Makro ASUS Zenfone Live

Hasil Foto Makro

Foto Kamera Utama ASUS Zenfone Live

Hasil Foto Kamera Utama

Foto Selfie Mode Beauty

Hasil Foto Selfie Mode Beauty

Performa

ASUS Zenfone Live telah dibekali dengn prosesor Qualcomm Snapdragon 400 Quad-core berkecepatan 1,4 GHz, prosesor Adreno 305, penyimpanan internal dengan pilihan 16 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Performa smartphone ini bisa dibilang baik dan cukup lancar dalam pengujian aplikasi multitasking, seperti email, chat, SMS, telepon dan lainnya. Sayangnya untuk memainkan game berat, penggunanya harus menurunkan pengaturan ke kualitas menengah maupun bawah agar bisa menjalankannya dengan lancar. Sementara game casual masih dapat dihadapi oleh Zenfone Live dengan baik.

Baterai

ASUS telah membenamkan baterai berkapasitas 2.650 mAh dan berteknologi Lithium Ion pada Zenfone Live. Sayangnya baterai smartphone ini tidak dapat dilepas sendiri sehingga apabila terjadi hang maka penggunanya harus menekan tombol power beberapa detik untuk melakukan restart sistem operasi.

Untuk pengujian baterainya, saya melakukan penggunaan standar pada aktivitas sehari-hari, seperti telepon, SMS, browsing, dan Chat. Setelah melakukan pengujian secara berkala, ASUS Zenfone Live mampu bertahan selama 8 jam 25 menit dari kondisi 100% hingga titik kritis 15%.

Tentunya daya tahan baterai akan berbeda apabila penggunanya menggunakan ASUS Zenfone Live untuk menonton video nonstop, bermain game tanpa henti, atau menggunakan dua kartu SIM sekaligus.

Layar

ASUS Zenfone Live Display

Perangkat yang satu ini memiliki layar dengan lebar 5 inci yang beresolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS. Dengan hadirnya teknologi ini memungkinkan penggunanya masih dapat melihat gambar pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Kesimpulan

Fitur yang paling diunggulkan dalam ASUS Zenfone Live ini adalah Live Video Beautification yang dapat membuat wajah menjadi mulus ketika live streaming. Selain itu, dukungan dual-microphone dengan noise cancellation membantu dalam mengurangi suara noise atau gangguan ketika live streaming.

ASUS sendiri membanderol Smartphone yang satu ini dengan harganya terjangkau yang mencapai Rp 1.799.000. Untuk pemakaian sehari-hari dengan aktivitas biasa pun sudah bisa dibilang lumayan. Sayangnya baterai yang dimiliki smartphone ini tidak dapat dilepas.

Berdasarkan fitur dan spesifikasi hardware yang ditawarkan maka ASUS Zenfone Live bisa menjadi salah satu pilihan Gadgeter untuk memilih smartphone dengan harga di bawah Rp 2 juta.

Spesifikasi Hardware

ModelASUS Zenfone Live ZB501KL
ProsesorQualcomm Snapdragon 400 berkecepatan 1,4 GHz
GPUAdreno 305
RAM2 GB
Penyimpanan Internal16 GB + 5 GB ASUS Webstorage +  Google Drive 100 GB free (2 years)
Micro SDYa (up to 128GB)
Konektivitas802.11b/g/n, Bluetooth V 4.0 +EDR, Wi-Fi direct
Jaringan2G Band 850/900/1800/1900, 3G Band 1/5/8, 4G Band 1/3/5/8, TDD Band 40

DC-HSPA+: UL 42 / DL 5.76 Mbps, LTE Cat4:UL 150 / DL 50 Mbps

SIM CardMicro SIM slot + Nano / MicroSD slot
NavigasiGPS, AGPS, GLONASS, BDS
Layar5 inci HD (1280 x 720) IPS display, 75% screen-to-body ratio, 400nits
VideoFull HD Video recording 1080p @30 FPS, Take still photo while recording
BateraiLithium-Polimer 2650mAh Li-ion battery (non-removable)
Kamera Utama13 MP Camera, Fix Focus, Auto Focus, LED flash
Kamera Depan5 MP
SensorAccelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light, Fingerprint
Sistem operasiAndroid 6.0 dengan tampilan antarmuka ASUS ZenUI 3.0
Dimensi141,18 mm x 71,74 mm x 7,95 mm
Bobot120 gram
WarnaNavy Black, Shimmer Gold, dan Rose Pink.

Leave a Comment