Gadget Smartphone

ASUS ZenFone Live L2 vs ZenFone Live L1 – Mirip Tapi Ada yang Ditingkatkan

ZenFone Live L2 vs ZenFone Live L1

Gadgetren – ASUS secara diam-diam membuka pre-order untuk smartphone barunya, ASUS ZenFone Live L2. Bekerja sama dengan Blibli, pre-order ini akan berlangsung hingga tanggal 26 April 2019 mendatang.

ZenFone Live L2 adalah smartphone kelas entri, yang merupakan suksesor dari versi pendahulunya, yakni ZenFone Live L1. Yang mana jika dilihat secara sekilas, perangkat baru ini membawa beberapa peningkatan dibandingkan pendahulunya tersebut.

Apa saja peningkatan yang diusung smartphone baru ini? Apakah masih ada kesamaan dengan pendahulunya tersebut? Berikut ini tabel perbandingan ZenFone Live L2 dan ZenFone Live L1 untuk melihatnya.

Perbandingan ASUS ZenFone Live L2 vs ASUS ZenFone Live L1

AspekASUS ZenFone Live L2ASUS ZenFone Live L1
Ukuran Layar5,5 inci5,5 inci
Resolusi LayarHD+ (1440 x 720 piksel)HD+ (1440 x 720 piksel)
Teknologi LayarIPSIPS
ChipsetSnapdragon 430Snapdragon 425
GPUAdreno 505Adreno 308
RAM2 GB1/2 GB
Memori Internal16 GB16 GB
Memori Eksternalhingga 2 TBhingga 2 TB
Kamera Utama13 MP (f/2,0)13 MP (f/2,0)
Kamera Depan5 MP (f/2,4)5 MP (f/2,4)
FiturDual Nano-SIM, Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor, GPS, AGPS, GLO, BDS, Wi-Fi, Bluetooth 4.0Dual Nano-SIM, Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor, GPS, AGPS, GLO, BDS, Wi-Fi, Bluetooth 4.0
Sistem OperasiASUS ZenUI 5 ( Android Oreo)Operasi ASUS ZenUI 5 (Android Oreo Go) – RAM 1 GB
Operasi ASUS ZenUI 5 (Android Oreo) – RAM 2 GB
Baterai3.000 mAh3.000 mAh

Perbedaan ASUS ZenFone Live L2 vs ASUS ZenFone Live L1

Desain

ZenFone Live L2 vs ZenFone Live L1 Design

ZenFone Live L2 membawa desain yang lebih kekinian. Selain karena membawa layar 18:9, perangkat ini memiliki pilihan warna yang lebih cantik. Seperti kebanyakan smartphone baru, ZenFone Live L2 telah mengusung warna gradasi, dengan pilihan warna merah atau pun biru.

Chipset

ZenFone Live L2 vs ZenFone Live L1 Kinerja

Di atas kertas, ZenFone Live L2 menawarkan kemampuan komputasi yang lebih baik. Hal ini karena perangkat ini telah menggunakan Snapdragon 430, yang notabene menawarkan inti yang lebih banyak.

Meskipun sama-sama dibangun berdasarkan inti ARM Cortex-A53 dengan kecepatan hingga 1,4 GHz menggunakan teknologi manufaktur 28 nm, Snapdragon 430 memiliki delapan buah inti (octa-core) sedangkan Snapdragon 425 hanya empat buah inti (quad-core).

Dengan spesifikasi yang sama, perbedaan jumlah inti ini akan berpengaruh juga pada kinerjanya. Hal ini bisa dibayangkan seperti satu tugas jika dikerjakan oleh orang yang lebih banyak maka tugas tersebut akan semakin ringan atau lebih cepat selesai.

Sistem Operasi

ZenFone Live L2 vs ZenFone Live L1 Sistem Operasi

Sebelumnya, ASUS menggunakan dua versi sistem operasi berbeda pada ZenFone Live L1. Meskipun sama-sama Android Oreo, ZenFone Live L1 dengan RAM 2 GB menggunakan Android standar, sedangkan ZenFone Live L1 RAM 1 GB menggunakan Android Go.

Bagi yang belum tahu, Android Go merupakan versi ringan dari Android yang ditujukan untuk smartphone kelas entri. Versi lite ini mendapat optimasi di tiga bagian, yakni di sistem, Google Play Services, dan aplikasi Google.

Sedangkan pada ZenFone Live L2, ASUS hanya menggunakan satu jenis sistem operasi, yakni ASUS ZenUI 5 yang berbasis Android Oreo. Hal ini karena seri ini hanya memiliki satu jenis RAM.

Tinggalkan Komentar