ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Tips Memilih Smartphone Terbaik Menurut Asus

4. Daya Tahan Baterai Kunci Utama Smartphone Anda

Prosesor, RAM, kapasitas penyimpanan, dan kamera merupakan beberapa faktor penentu utama seseorang membeli sebuah smartphone. Namun, jangan sampai lupa terhadap yang memberikan daya ke faktor-faktor penentu tersebut, yaitu baterai.

Komponen canggih di atas bisa menjadi tak berdaya tanpa baterai. Oleh, karena itu, baterai menjadi salah satu hal yang sebaiknya dipertimbangkan disaat membeli smartphone.

Berikut ini hal yang harus pembacaĀ perhatikan saat memilih baterai di smartphone.

ā€¢ Kapasitas Baterai Penting

Faktor penentu daya hidup baterai yang utama adalah kapasitasnya, saat ini pada umumnya menggunakan satuan mili Ampere hour atau yang biasa disingkat ā€œmAhā€. Namun, yang harus menjadi catatan adalah pembacaĀ harus cermat dalam menentukan daya hidup baterai. Selain kapasitas mAh ini, pembacaĀ juga perlu cermat soal seberapa ā€œrakusā€ komponen-komponen yang ada pada smartphone incaran kita akan mengonsumsi daya. Beberapa komponen-komponen yang biasanya perlu diperhatikan:

o Apakah prosesor memakan daya baterai terlalu banyak? Pada umumnya prosesor seperti ini yang menyebabkan perangkat pintar terasa panas.

o Antena perangkat pintar yang ada apakah dapat menangkap sinyal dari penyedia jaringan dengan stabil? Hal ini penting karena makin buruk sinyal yang diterima perangkat pintar, makin boros konsumsi baterainya.

o Apakah banyak aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang? Beberapa vendor smartphoneĀ memasukkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang biasa disebut ā€œbloatwareā€, yaitu aplikasi-aplikasi yang belum tentu berguna dalam pemakaian pada umumnya. Biasanya aplikasi seperti ini dapat berjalan di belakang, meskipun kita tidak membukanya. Pastikan membeli perangkat pintar yang memiliki opsi untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak penting.

ā€¢Ā Jenis baterai apa yang dipakai?

Jenis baterai pun perlu diperhatikan, saat ini jenis baterai yang paling banyak dipakai adalah Lithium Ion (Li-Ion). Namun, saat ini sudah ada beberapa merek yang menggunakan jenis baterai yang lebih modern, yaitu Lithium Ion Polymer (Li-Po). Keunggulan baterai ini dibandingkan Li-Ion (Lithium Ion) adalah:

o Memiliki daya tahan lebih baik (Charge life cycle lebih banyak daripada Li-Ion)

o Bentuk yang lebih fleksibel (Membuat badan perangkat pintar menjadi lebih tipis)

o Memungkinkan pengisian daya kapan pun, tanpa perlu menunggu baterai kosong atau hampir habisĀ terlebih dahulu.

ā€¢ Penghemat baterai

Terakhir, jangan lupa ketersediaan fitur baterai seperti penghemat daya baterai dan pengaturan pemilihan modus baterai otomatis (berpindah otomatis, misalkan dari modus performa ke modus hemat daya), sehingga kita bisa mengatur konsumsi baterai dengan lebih efisien.


Semoga tips-tips ini berguna bagi pembaca agar bisa menentukan pilihan yang smartphone yang tepat. Karena nantinya smartphone ini akan digunakan oleh pembaca dalam menunjang aktivitas sehari – hari. Ā Nah, jika ada pembaca yang mempunyai pengalaman atau tips lainnya maka dapat memberikan komentarnya pada kolom di bawah ini.

[sumber : Asus Indonesia]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar