Berita Tips dan Trik

Cara Antisipasi dan Melacak Smartphone Android Yang Hilang

Cara Melacak HP Android Hilang

Pasti ada kalanya, saat pembaca tidak tahu di mana telah meletakkan Handphone (HP) kesayangan atau mungkin mendapatkan musibah seperti kecurian? Tidak usah bingung dikarenakan pada tips dan trik kali ini Gadgetren akan berbagi cara untuk melacak HP Android yang hilang atau dicuri.

Google, sang pemilik Android telah menyematkan fitur yang ditujukan sebagai anti maling pada smartphone Android untuk melindungi data sangat penting pemilikinya, seperti kartu kredit hingga data perusahaan. Dikarenakan fitur ini sudah menyatu dengan sistem operasi, maka pengguna dapat melacak HP Android yang hilang tanpa aplikasi tambahan.

Fitur yang telah disediakan oleh Google ini dapat digunakan minimal oleh smartphone dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat. Selain itu, tentu saja smartphone harus memiliki jaringan internet dan menyalakan fitur lokasi.

Lalu bagaimana cara melacak HP Android yang hilang? Pembaca dapat melacaknya dengn menggunakan laptop atau komputer via internet. Namun sebelum itu smartphone harus sudah disiapkan untuk menggunakan fitur tersebut.

Ada peribahasa “Sedia payung sebelum hujan”, maka jangan sampai pengguna hanya bisa pasrah saat smartphone hilang. Selalu aktifkan fitur ini dalam keadaan apapun juga, karena kita tidak pernah tahu kapan akan terjadi sesuatu.

Untuk menyiapkannya, pembaca harus mengaktifkan terlebih dahulu akses jarak jauh pada Android Device Manager pada Google Setting > Security > Android Device Manager. Aktifkan “Remote locate this device” dan “Allow remote lock and erase” seperti gambar berikut.

Navigasi Android Device Manager

Oleh karena itu, jika suatu saat smartphone hilang dan ingin mengetahui keberadaannya, maka pembaca cukup mengunjungi halaman Android Device Manager atau dengan mengetikkan “Find my phone” pada kolom pencarian Google dengan menggunakan akun Gmail / Google yang terpasang pada smartphone.

Selanjutnya, Google akan melacak dimana smartphone berada secara akurat. Selain itu, Google juga memberikan tiga pilihan untuk dilakukan kepada smartphone, yakni Ring, Lock, dan Erase.

Melacak Dari Android Device Manager

Berikut aksi dari perintah – perintah tersebut

  • Ring : Smartphone akan berbunyi dengan volume suara penuh selama 5 menit, sehingga pembaca dapat mengetahui secara langsung jika hilang di rumah.
  • Lock : Mengunci smartphone agar tidak dapat digunakan dan juga pembaca dapat memberikan tulisan pada layar, seperti nomer kontak untuk dikembalikan.
  • Erase : Menghapus seluruh data pada smartphone, namun data pada kartu SD bisa tidak ikut terhapus. Selain itu fitur Android Device Manager juga tidak dapat digunakan lagi, maka lakukan pilihan ini jika benar – benar yakin.

Selain cara tersebut, pembaca juga dapat melacaknya melalui Google Maps dengan fitur Riwayat Lokasi. Tentunya pembaca juga harus mengaktifkan fitur tersebut dahulu pada layanan Lokasi di Android. Nantinya pembaca dapat mengetahui pergerakan smartphone pada halaman Timeline.

Pembaca juga dapat mengirimkan nomor IMEI smartphone ke penyedia layanan selular, sehingga smartphone tidak dapat menggunakan kartu SIM dari penyedia manapun. Pembaca juga bisa menggunakan fitur “Device Protection” pada Android 5.1 Lollipop yang dapat menyebabkan smartphone benar – benar tidak dapat digunakan lagi.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut yang suka memantau perkembangan teknologi

Writer di Gadgetren