ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Review Handphone

Review realme 13 Pro+ 5G – Kamera Sony Ganda dan Desain Menawan dengan Fitur AI Canggih

realme 13 Pro+ 5G

Review realme 13 Pro+ 5G
  • Rating
4

Kesimpulan

realme 13 Pro+ 5G adalah handphone kelas menengah terbaru dari realme yang bisa dibilang sangat bersaing di kelasnya. Ini melihat kamera yang diusungnya bisa menghasilkan foto yang memuaskan ditambah dengan desain yang menawan.

Yang Disukai

  • Kamera mumpuni
  • Desain memikat mata
  • Daya tahan baterai lama
  • Pengisian daya cepat
  • Fitur AI bermanfaat

Yang Tidak Disukai

  • Performa perlu ditingkatkan

Gadgetren – Pada Agustus 2024 lalu, realme meluncurkan jajaran handphone terbaru mereka yaitu seri realme 13. Kini varian terbarunya realme 13 Pro+ 5G resmi hadir dengan berbagai pembaruan menarik.

Handphone ini membawa slogan “Ultra Clear Camera with AI” yang menonjolkan peningkatan di sektor kamera dengan dual Sony Lens pada lensa utama dan telefoto.

Selain itu handphone ini juga tampil lebih segar dengan desain baru dan juga mengusung beragam fitur AI yang bisa membantu aktivitas sehari-hari.

Desain

realme 13 Pro+ 5G

realme 13 Pro+ 5G hadir dalam dua varian warna menawan yakni Emerald Green dan Monet Gold. Keduanya menawarkan daya tarik tersendiri dengan karakteristik unik.

Varian Monet Gold yang digunakan dalam review ini memancarkan kilauan yang memukau. Permukaan bodinya mampu menciptakan efek cahaya dan bayangan yang mengingatkan pada sentuhan artistik khas pelukis terkenal Monet.

Di bagian belakang realme 13 Pro+ 5G terdapat tonjolan kamera yang tampil mewah dengan desain Sunrise Halo. Desain bundar ini dihiasi dengan 436 garis logam bertekstur, menyerupai tampilan jam tangan di pinggirannya.

Tak hanya memikat dari segi desain, baik bagian depan maupun belakang handphone ini melengkung di kedua sisinya yang memberikan kenyamanan ekstra saat digenggam. Dikombinasikan dengan tekstur bodi belakang yang lembut, pengalaman menggenggam handphone ini memberikan kesan tersendiri.

Untuk rangkanya, realme menggunakan material polikarbonat dengan finishing agak matte. Seperti biasa, pada bagian frame ini juga terletak komponen standar seperti port USB Type-C, lubang speaker, slot kartu SIM ganda, tombol power, serta pengatur volume.

Layar

realme 13 Pro+ 5G

Di sektor layar, realme 13 Pro+ 5G dilengkapi dengan panel AMOLED berukuran 6,7 inci yang mendukung resolusi 1.080 x 2.412 piksel, refresh rate hingga 120Hz, saturasi warna 100% P3, serta kedalaman warna 10-bit.

Dengan spesifikasi tersebut, tampilan grafis yang dihasilkan sangat memanjakan mata yang ideal untuk menikmati konten multimedia dengan visual yang tajam dan kaya warna.

Selain itu tingkat kecerahan maksimal layar ini mencapai 2.000 nit, membuatnya tetap nyaman digunakan di bawah terik matahari tanpa mengorbankan visibilitas.

Untuk perlindungan, layar ini sudah dilapisi dengan Gorilla Glass namun belum ada informasi terkait versi yang digunakan. realme juga telah menyertakan screen protector bawaan yang sangat membantu mengingat layar lengkung seperti ini biasanya agak sulit untuk dipasangi pelindung layar secara manual.

Performa

realme 13 Pro+ 5G

Sebagai dapur pacunya, realme 13 Pro+ 5G ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 yang dipadukan dengan GPU Adreno 710. Handphone ini hadir dalam dua varian memori yaitu 8/256GB dan 12/512GB.

RAM pada handphone ini bisa diperluas secara virtual hingga 12GB jika dibutuhkan agar multitasking semakin lancar. Dalam pengalaman penggunaan sehari-hari, performa realme 13 Pro+ 5G terasa cukup mulus dan responsif.

Dalam uji performa menggunakan AnTuTu, realme 13 Pro+ 5G mencatatkan skor 681.687 sementara di Geekbench handphone ini meraih skor 896 untuk single-core dan 2.702 untuk multi-core.

Untuk menguji stabilitas performanya, saya menggunakan 3DMark Wild Life Stress Test dan mendapatkan hasil yang sangat stabil dengan stabilitas 99,5% di mana skor tertinggi 3.076 dan skor terendah 3.061

Saat digunakan bermain Genshin Impact di pengaturan grafis rendah selama lebih dari setengah jam, performa tetap lancar dengan frame rate stabil di kisaran 29-30 FPS. Ini memberikan pengalaman bermain yang nyaman tanpa gangguan.

Kamera

realme 13 Pro+ 5G

Keunggulan utama realme 13 Pro+ 5G terletak pada sektor kameranya. Tidak tanggung-tanggung, realme membekali handphone ini dengan dual kamera Sony Sensors di bagian belakang yang terdiri dari lensa utama Sony LYT-701 50MP dengan OIS dan lensa periskop Sony LYT-600 50MP yang juga dilengkapi dengan OIS.

Selain itu terdapat lensa ultra-wide 8MP untuk memperluas sudut tangkapan serta kamera depan Sony 32MP untuk selfie yang detail dan jernih. Semua ini didukung oleh sistem kamera realme HYPERIMAGE+ yang menggabungkan lensa optik kelas flagship dengan algoritma pencitraan AI canggih dan pengeditan berbasis cloud.

Lebih lanjut, handphone ini juga dilengkapi dengan AI HyperRAW Algorithm yang memproses gambar dalam domain RAW dibantu dengan AI sehingga hasil fotonya tampil lebih jernih dengan efek cahaya dan bayangan yang tampak natural dan mendekati aslinya.

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

Untuk foto portrait, kita dapat memilih antara menggunakan lensa utama atau lensa telefoto dengan pembesaran optik 3x yang masing-masing memberikan efek portrait yang berbeda.

Handphone ini juga dilengkapi berbagai fitur berbasis AI seperti AI Pure Bokeh, AI Natural Skin Tone, dan AI Ultra Clarity yang membantu menghasilkan foto portrait yang lebih menawan, dengan efek bokeh yang halus, warna kulit yang alami, serta detail yang tajam.

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

Portrait, Zoom 1x

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

Portrait, Zoom 3x

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

Portrait, Zoom 1x

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

Portrait, Zoom 3x

Lensa telefoto pada realme 13 Pro+ 5G tidak hanya ideal untuk foto portrait tetapi juga mampu memotret objek yang jauh dengan kualitas gambar yang tetap tajam. Selain pembesaran optik 3x, handphone ini juga mendukung pembesaran 6x berkat teknologi in-sensor zoom yang memastikan hasil gambar tetap jelas.

Ditambah lagi kamera ini mampu mencapai pembesaran digital hingga 120x, memungkinkan kita menangkap detail dari objek yang sangat jauh.

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

Zoom 1x

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

Zoom 3x

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

Zoom 6x

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

Zoom 120x

Selain lensa utama dan telefoto, realme 13 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan lensa ultrawide yang sangat berguna untuk menangkap gambar dengan bidang pandang yang lebih luas. Ini sangat ideal untuk memotret pemandangan atau grup foto, memungkinkan kita menangkap lebih banyak detail dalam satu frame.

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

Kamera depan realme 13 Pro+ 5G menawarkan kualitas yang mengesankan untuk foto selfie. Hasilnya terlihat memuaskan dengan wajah yang terekam dengan jelas dan detail. Ditambah dengan mode portrait, efek bokeh yang dihasilkan terlihat rapi.

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

realme 13 Pro+ 5G Hasil Foto

Untuk perekaman video, realme 13 Pro+ 5G mendukung resolusi 4K di 30FPS baik untuk kamera depan maupun belakang. Khusus untuk kamera belakang, handphone ini dilengkapi dengan fitur Ultra Steady yang menjaga kestabilan video saat merekam sambil bergerak namun resolusi maksimum video terbatas pada 1080p di 60FPS.

Fitur

realme 13 Pro+ 5G menawarkan berbagai fitur AI canggih untuk meningkatkan kualitas foto, salah satunya adalah AI Ultra Clarity.

Fitur ini mampu mengubah foto yang tampak buram menjadi lebih jernih, bahkan dapat digunakan untuk memperbaiki foto-foto lama. Perlu dicatat fitur ini masih dalam tahap beta sehingga masih dalam proses pengembangan dan perbaikan.

Hasil Foto AI Ultra Clarity

Kiri: Foto awal; Kanan: Foto setelah AI Ultra Clarity

Selain itu terdapat AI Smart Removal, sebuah fitur yang memungkinkan kita menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto dengan mudah.

Cukup dengan mengedit foto dan melingkari objek yang ingin dihapus kemudian AI pada realme 13 Pro+ 5G secara otomatis akan menghapus objek tersebut dan menyesuaikan area yang hilang agar tampak mulus dan alami sesuai latar foto.

Hasil Foto AI Smart Removal

Kiri: Foto awal; Kanan: Foto setelah AI Smart Removal

Ada juga fitur AI Group Photo Enhance, yang dirancang untuk menjaga detail wajah orang yang berada di belakang atau di pinggir saat mengambil foto grup. Fitur ini memastikan bahwa setiap wajah, tidak hanya yang di tengah, tetap terlihat jelas.

realme 13 Pro+ 5G - AI Group Photo Enhance

Insert foto kiri: original; Insert foto kanan: sesudah AI Group Photo Enhance

Baterai

realme 13 Pro+ 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.200 mAh yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan handphone lain pada umumnya.

Ketahanan daya handphone ini sangat memuaskan, mampu memberikan screen on time sekitar 6 jam 59 menit dari baterai 100% hingga 10% dalam penggunaan harian saya.

Untuk pengujian lebih mendalam, saya menggunakan aplikasi PCMark dengan pengaturan kecerahan layar 50%, baterai dari 100%, dan refresh rate 120Hz, menghasilkan skor 17 jam 42 menit. Pada pengujian dengan refresh rate 60Hz, skor yang didapatkan sedikit lebih tinggi yaitu 18 jam 12 menit.

Daya tahan baterai ini semakin ditunjang oleh teknologi pengisian cepat 80W SUPERVOOC. Dengan charger bawaan, baterai dapat terisi penuh dari 10% ke 100% hanya dalam waktu hanya 47 menit.

Kesimpulan

realme 13 Pro+ 5G

realme 13 Pro+ 5G adalah handphone kelas menengah terbaru dari realme yang bisa dibilang sangat bersaing di kelasnya. Ini melihat kamera yang diusungnya bisa menghasilkan foto yang memuaskan ditambah dengan desain yang menawan sehingga membuatnya tidak kalah dengan handphone kelas atas.

Ditambah dengan berbagai fitur AI canggih terutama untuk fotografi, handphone ini menawarkan kemudahan dalam aktivitas sehari-hari. Baterainya juga sangat tahan lama dan didukung oleh teknologi pengisian daya yang sangat cepat.

realme 13 Pro+ 5G resmi hadir di Indonesia dengan dua varian memori, yaitu 8GB+8GB*|256GB (Online Exclusive) dan 12GB+12GB*|512GB. realme mengadakan promo khusus selama periode Flash Sale dengan potongan harga sebesar 400 ribu rupiah.

Varian 8GB+8GB*|256GB akan tersedia secara eksklusif di Shopee dan realme.com, sementara varian 12GB+12GB*|512GB dapat dibeli melalui realme.com dan realme Official Store di berbagai platform e-commerce resmi seluruh Indonesia. Periode Flash Sale akan berlangsung pada 25 September 2024 mulai pukul 00.00 WIB.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar