ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tablet

5 Keunggulan Samsung Galaxy Tab S10 Ultra, Bukan Hanya Layar Besar!

Gadgetren – Tak hanya diperkenalkan, lini Samsung Galaxy Tab S10 pun langsung diboyong ke Indonesia. Termasuk di dalamnya meliputi Samsung Galaxy Tab S10 Ultra yang memiliki ukuran lebih besar.

Dibanderol dengan harga Rp20.999.000, tablet baru besutan Samsung tersebut merupakan perangkat yang tepat untuk bekerja atau sekadar menikmati hiburan. Galaxy Tab S10 Ultra mengusung spesifikasi dan berbagai dukungan menarik sebagai penunjang.

Tablet tersebut tidak hanya mengandalkan layar berukuran besar, melainkan mempunyai berbagai keunggulan yang dapat membuat aktivitas para pengguna semakin mudah dan lancar.

1. Layar Semakin Nyaman

Mengusung spesifikasi yang hampir mirip dengan pendahulunya, Galaxy Tab S10 Ultra hadir dengan panel layar yang lebih nyaman. Tablet baru tersebut kini dilengkapi dengan lapisan anti-reflektif yang canggih.

Lapisan yang digunakan pun serupa dengan apa yang dipakai Samsung Galaxy S24 Ultra. Dengan memakainya, layar Galaxy Tab S10 Ultra dapat mengurangi pantulan bayangan maupun glare yang mengganggu tampilan.

Dengan lapisan anti-reflektif ini, perangkat dapat menampilkan konten secara lebih baik saat digunakan di luar ruangan atau lingkungan yang terlalu terang. Gambar dan warna yang diproduksi oleh layar Galaxy Tab S10 Ultra akan tetap terlihat jelas.

Keunggulan Samsung Galaxy Tab S10 Ultra - Layar

Perlu diingat, layar Galaxy Tab S10 Ultra mempunyai kemampuan produksi warna dan kontras yang sangat baik. Perangkat tersebut soalnya sudah menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X.

Layar Galaxy Tab S10 Ultra di sisi lain juga sudah berukuran sangat besar. Dengan resolusi 2960 x 1848 piksel dan refresh rate sampai 120Hz, perangkat tersebut mempunyai panel yang membentang hingga seluas 14,6 inci.

2. Lebih Tipis, Ringan, dan Tahan Banting

Meskipun mempunyai bentang layar dan desain yang mirip, Galaxy Tab S10 Ultra kini menariknya hadir dengan bodi lebih tipis dan ringan dibandingkan pendahulunya. Hal ini pun membuat perangkat tersebut bisa tetap nyaman untuk dipegang dalam durasi yang lama.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy Tab S10 Ultra mempunyai ketebalan 0,1 mm lebih tipis. Bobotnya pun hanya 718 gram untuk versi WiFi atau sekitar 14 gram lebih ringan.

Tak hanya lebih tipis dan ringan, Galaxy Tab S10 Ultra juga mempunyai bodi yang lebih tangguh. Perangkat tersebut kini menggunakan material Enhanced Armor Aluminum yang diklaim lebih kuat.

Enhanced Armor Aluminum disebut-sebut mempunyai ketahanan terhadap benturan dan goresan lebih mumpuni ketimbang material yang digunakan pada Samsung Galaxy Tab S9 Ultra.

Di sisi lain, Galaxy Tab S10 Ultra masih dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu. Perangkat tersebut mengemas sertifikasi IP68 yang secara teknis sudah mampu bertahan pada kedalaman hingga 1,5 meter selama 30 menit.

3. Dukung Ekosistem Galaxy AI dengan Baik

Sama seperti lini keluarga Samsung Galaxy yang diperkenalkan beberapa waktu belakangan, Galaxy Tab S10 Ultra juga meluncur dengan dukungan cerdas dari Samsung Galaxy AI. Perangkat tersebut bahkan sudah mengemas berbagai fitur baru yang diperkenalkan lewat antarmuka One UI 6.1.1.

Oleh karena itu, kita makanya tidak hanya akan menemukan mulai dari Circle to Search, Chat Assist, Note Assist, Live Translate, atau Interpreter, tetapi juga Sketch to Image yang dapat mengubah sketsa menjadi gambar dalam berbagai gaya ilustrasi maupun PDF Overlay untuk mengelola PDF.

Keunggulan Samsung Galaxy Tab S10 Ultra - Galaxy AI

Yang sangat menarik, berbagai fitur Galaxy AI yang digunakan pada Galaxy Tab S10 Ultra merupakan versi khusus di mana sudah dioptimalkan untuk perangkat dengan layar berukuran besar.

Selain itu, Galaxy AI-nya juga sudah diintegrasikan dengan S Pen yang ikut tersedia dalam paket penjualan Galaxy Tab S10 Ultra. Terdapat fungsi Air Command with AI yang memungkinkan kita mengakses fitur ini secara instan.

Jika membelinya bersama Book Cover Keyboard senilai Rp4.999.000 yang ikut dalam bonus pra-pemesanan awal, Galaxy AI juga sudah terintegrasi dengan aksesori ini. Terdapat pintasan tombol Galaxy AI Key yang dapat digunakan untuk membukanya.

4. Kinerja Lebih Mumpuni

Sebagai tablet premium, Galaxy Tab S10 Ultra pun meluncur dengan dukungan kinerja mumpuni. Perangkat tersebut menggunakan chipset flagship baru sebagai dapur pengolahan data.

Namun, bukan lagi dari lini Qualcomm Snapdragon atau Samsung Exynos buatan mereka sendiri. Samsung untuk pertama kalinya menggunakan chipset dari MediaTek pada lini tablet premium mereka.

Dalam hal ini, mereka menggunakan MediaTek Dimensity 9300+. Samsung pun mengombinasikannya bersama RAM berkapasitas 12GB dan media penyimpanan internal sebesar 256GB.

Dimensity 9300+ tentu mempunyai kemampuan yang sangat baik. Dengan memakainya, Galaxy Tab S10 Ultra menawarkan peningkatan kinerja CPU hingga 18 persen , GPU hingga 28 persen, dan NPU hingga 14 persen dari generasi sebelumnya.

5. Baterai Berkapasitas Besar

Selaras dengan bodinya, Galaxy Tab S10 Ultra juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas sangat besar. Perangkat tersebut secara teknis mendukung penyimpanan daya hingga 12.000mAh.

Baterai yang besar ini memungkinkan kita beraktivitas dengan durasi waktu yang lama. Kita tidak perlu khawatir perangkat akan cepat kehabisan daya sehingga harus berulang kali melakukan pengisian.

Berdasarkan klaim dari Pihak Samsung, baterai 12.000mAh milik Galaxy Tab S10 Ultra sudah mampu bertahan hingga 10 jam untuk berselancar di internet atau 16 jam untuk menonton video.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar