ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Bedanya Samsung Galaxy S24 Ultra dan Samsung Galaxy S23 Ultra, Banyak Peningkatannya!

Samsung Galaxy S24 Ultra Vs Samsung Galaxy S23 Ultra - Header

Gadgetren – Selaras dengan harganya yang semakin mahal, terdapat beberapa peningkatan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S24 Ultra jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy 23 Ultra.

Kedua perangkat dari kelas flagship tertinggi Samsung ini memang memiliki beberapa kesamaan seperti layar yang sama-sama mengandalkan Dynamic AMOLED 2X QHD+ berukuran 6,8 inci, refresh rate 1 hingga 120Hz, kamera utama 200MP, hingga baterai berkapasitas 5.000mAh.

Hanya saja dengan banderol harganya yang mempunyai selisih hampir Rp2 juta, bakal terasa aneh apabila Galaxy S24 Ultra tidak membawa banyak peningkatan. Pihak Samsung untungnya melakukan hal yang sebaliknya.

Samsung Galaxy S24 Ultra Vs Samsung Galaxy S23 Ultra

Di antara berbagai macam peningkatan yang ditawarkan oleh Galaxy S24 Ultra, bagian dapur pacu menjadi salah satu yang cukup signifikan. Perangkat ini soalnya sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 For Galaxy yang lebih mutakhir ketimbang Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy di Galaxy S23 Ultra.

Berdasarkan klaim dari Samsung, Snapdragon 8 Gen 3 For Galaxy mempunyai kemampuan pemrosesan yang lebih baik ketimbang pendahulunya. Chipset tersebut membawa CPU 20 persen lebih cepat, GPU 30 persen lebih bertenaga, dan NPU 41 persen lebih unggul.

Samsung Galaxy S24 Ultra Vs Samsung Galaxy S23 Ultra - 1

Samsung Galaxy S24 Ultra

Guna mengimbangi peningkatan kemampuan dari sisi chipset-nya, Galaxy S24 Ultra kini juga menggunakan sistem termal yang lebih mumpuni. Perangkat ini disebut-sebut dilengkapi dengan vapor chamber berukuran 92 persen lebih besar dari pendahulunya.

Pilihan konfigurasi memori yang ditawarkan pun sedikit berlainan. Galaxy S24 Ultra hanya meluncur dengan varian RAM sebesar 12GB sementara Galaxy S23 Ultra sebelumnya juga tercatat memiliki model perangkat dengan kapasitas 8GB.

Peningkatan minor juga dilakukan Samsung pada bagian layar perangkat ini. Meskipun mempunyai spesifikasi yang hampir serupa, panel Galaxy S24 Ultra lebih unggul karena mendukung tingkat kecerahan hingga 2.600 nits saat Galaxy S23 Ultra hanya sampai 1.750 nits.

Samsung di sisi lain kini juga menyematkan lapisan pelindung layar yang lebih anyar. Jika sebelumnya menggunakan Corning Gorilla Glass Victus 2 pada Galaxy S23 Ultra, Samsung kini menggunakan Corning Gorilla Armor untuk Galaxy S24 Ultra.

Samsung Galaxy S24 Ultra Vs Samsung Galaxy S23 Ultra - 2

Samsung Galaxy S23 Ultra

Selain itu, desain layar yang digunakan juga sedikit berlainan. Galaxy S24 Ultra kini menggunakan panel yang benar-benar datar. Sementara Galaxy S23 Ultra memakai sisi-sisi samping yang dibuat sedikit melengkung.

Perubahan lapisan pelindung tersebut pun diikuti dengan penggantian material pada bingkai bodinya. Galaxy S24 Ultra tidak lagi menggunakan bahan aluminium seperti Galaxy S23 Ultra tetapi menggantinya dengan titanium.

Pada bagian kamera, Galaxy S24 Ultra juga mendapatkan beberapa peningkatan minor. Adapun termasuk di antaranya pada salah satu lensa telefoto dari semula 10MP dengan 10x Optical Zoom pada Galaxy S23 Ultra kini diubah menjadi 50MP dengan 5x Optical Zoom.

Tidak ketinggalan, Galaxy S24 Ultra kini juga mendukung sistem kecerdasan buatan yang disebut Galaxy AI. Dukungan yang lahir lewat antarmuka sistem One UI 6.1 tersebut mempunyai beberapa fungsi cerdas seperti Live Translate, Circle to Search, Note Assist, hingga Photo Assist yang dapat memudahkan pengoperasiannya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar