ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Wearable

Bedanya Xiaomi Smart Band 9 dan Redmi Watch 3 Active, Lain Jenisnya!

Gadgetren – Meskipun dibanderol dengan harga yang relatif berdekatan, Xiaomi Smart Band 9 dan Redmi Watch 3 Active sebenarnya merupakan dua perangkat yang sangat jauh berbeda.

Xiaomi Smart Band 9 secara khusus hadir sebagai gelang pintar. Sementara di sisi lain, Redmi Watch 3 Active meluncur sebagai arloji pintar yang mana secara teknis seharusnya mempunyai dukungan dan fitur lebih lengkap.

Untungnya, kedua perangkat tersebut sama-sama layak untuk dipertimbangkan ketika kita sedang membutuhkan alat khusus untuk melacak kebugaran. Kita nanti hanya perlu mempertimbangkan perbedaan dari keduanya untuk memilih mana yang paling cocok.

Perbedaan Xiaomi Smart Band 9 Vs Redmi Watch 3 Active

Karena jenisnya berlainan, perbedaan dari kedua perangkat tersebut sudah dapat dilihat dari bentuk dasarnya. Xiaomi Smart Band 9 mempunyai bentuk lonjong seperti kapsul sementara Redmi Watch 3 Active memakai desain yang terlihat lebih kotak.

Dengan bentuk dasar lonjong, Xiaomi Smart Band 9 memiliki layar yang lebih kecil. Perangkat tersebut hanya dilengkapi panel berukuran 1,62 inci saat Redmi Watch 3 Active sudah membentang seluas 1,83 inci.

Resolusi gambar yang dihasilkan juga sangat berbeda. Ketika Redmi Watch 3 Active memiliki panel yang mendukung tampilan maksimal hingga 240 x 280 piksel, Xiaomi Smart Band 9 sampai 192 x 490 piksel.

Xiaomi Smart Band 9 Vs Redmi Watch 3 Active - 1

Xiaomi Smart Band 9

Menariknya, Xiaomi Smart Band 9 sudah menggunakan panel AMOLED di mana memungkinkan kita menggunakan mode AOD (Always-on Display) atau layar yang menyala terus-menerus. Berbeda dari Redmi Watch 3 Active yang masih memakai panel LCD.

Panel AMOLED yang digunakan Xiaomi Smart Band 9 setidaknya akan memberikan visibilitas lebih baik di berbagai kondisi cahaya. Hal ini dikarenakan tingkat kecerahannya lebih tinggi di mana mampu menangani hingga 1.200nits saat layar LCD Redmi Watch 3 Active hanya sampai 450nits.

Di balik bodinya yang lebih ramping, baterai Xiaomi Smart Band 9 sayangnya sedikit lebih kecil. Perangkat tersebut hanya mampu menampung daya hingga 233mAh sementara saudara jauhnya bisa sampai 289mAh.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada ketahanan dayanya. Xiaomi Smart Band 9 diklaim hanya mampu bertahan hingga 9 hari dalam mode AOD atau 6,6 hari dalam mode intens, sedangkan Redmi Watch 3 Active bisa menyala sampai 12 hari untuk pemakaian standar atau 8 hari untuk aktivitas berat.

Xiaomi Smart Band 9 Vs Redmi Watch 3 Active - 2

Redmi Watch 3 Active

Salah satu fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh Xiaomi Smart Band 9 sebagai gelang pintar adalah mikrofon dan speaker. Redmi Watch 3 Active sudah memiliki keduanya dan bisa digunakan untuk melakukan panggilan melalui Bluetooth.

Namun sebagai gantinya, Xiaomi Smart Band 9 dapat digunakan secara lebih fleksibel. Perangkat tersebut mendukung klip lari yang memungkinkan kita memasangnya di sepatu.

Selain itu, perangkat tersebut juga mendukung sensor giroskop. Kemampuannya dalam membaca gerakan tentu akan lebih unggul ketimbang Redmi Watch 3 Active yang hanya mempunyai akselerometer.

Sayangnya, dukungan perangkat untuk Xiaomi Smart Band 9 lebih terbatas. Perangkat tersebut hanya mendukung secara penuh sistem Android 8 ke atas saat Redmi Watch 3 Active mulai dari Android 6.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar