ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan itel A50, HP Entri yang Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan itel A50 - Header

Gadgetren – Supaya bisa memperoleh ponsel yang cukup memadai untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari, kita kini tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Pasalnya itel A50 soalnya telah diluncurkan untuk pasar Tanah Air.

Ponsel tersebut membawa spesifikasi dan dukungan yang tergolong sangat tinggi di kelasnya. Harganya pun sangat terjangkau di mana kita sudah bisa membelinya hanya dengan mengeluarkan dana mulai dari Rp925.000.

Melihat perbandingan spesifikasi dan harganya, itel A50 terlihat cukup layak untuk dipinang. Namun sebelum memutuskan, kita memang tetap perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut.

Kelebihan itel A50

1. Desain Menarik

Seperti ponsel-ponsel kelas entri lainnya, itel A50 juga meluncur dengan desain yang cukup menarik. Perangkat tersebut telah memakai kamera boba dan bodi dengan bingkai datar yang membuatnya terlihat mirip iPhone generasi baru.

Untuk warnanya, perangkat kelas entri tersebut tersedia dalam tiga pilihan. Kita secara khusus dapat memilih mulai dari Misty Black yang cenderung kehitaman, Lime Green yang kehijauan, hingga Shimmer Gold yang keemasan.

2. Layar Luas

Layar itel A50 juga dapat menjadi salah satu alasan kenapa kita perlu mempertimbangkan perangkat tersebut. Resolusinya memang hanya HD+ (1612 x 720 piksel), tetapi sudah berukuran 6,6 inci yang mana cukup besar untuk menampilkan berbagai konten dengan baik.

Di sisi lain, itel A50 sudah menggunakan panel penuh dengan notch kecil sebagai tempat kamera depan. Rasio layar ke bodinya pun mencapai angka 90 persen dengan bingkai yang lumayan tipis meskipun bagian atas dan bawahnya kurang simetris.

Mengandalkan panel IPS dengan tingkat kecerahan sampai 480nits, layar itel A50 pun cukup mumpuni untuk menampilkan konten dengan jelas pada berbagai kondisi pencahayaan. Kita bisa memakainya dengan nyaman meskipun di bawah terik matahari sekalipun.

3. Baterai Besar

Sektor baterai pun menjadi keunggulan yang tidak boleh kita lewatkan dari ponsel terjangkau tersebut. Dengan kapasitas hingga sebesar 5.000mAh, kita dapat menjalani berbagai rutinitas dengan nyaman tanpa khawatir kehabisan daya.

Berbekal baterai berkapasitas 5.000mAh, itel A50 normalnya akan mampu bertahan hingga seharian penuh untuk pemakaian secara kasual. Tentu bisa lebih singkat apabila pekerjaan yang dilakukan lebih berat dan intensif.

Sebagai penunjang, itel A50 di sisi lain juga dilengkapi dengan tiga solusi penghematan daya. Kita dapat memakainya untuk mengatur pemakaian daya di perangkat supaya bisa sesuai dengan pemakaian.

4. Bawa Sejumlah Dukungan Menarik

Dengan banderol harga di kisaran angka Rp1 juta, itel A50 juga cukup berani untuk menghadirkan berbagai fitur menarik. Perangkat tersebut di antaranya sudah dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari sebagai penunjang keamanan.

Yang cukup menarik, sensor yang digunakan tidak lagi disematkan di bodi belakang. Perangkat itel A50 sudah memakai pemindai sidik jari yang diintegrasikan dengan tombol power di bagian samping.

Menjalankan itel OS 13 yang dikembangkan berdasarkan sistem operasi Android 14 Go Edition, itel A50 juga membawa beberapa fitur unggulan. Salah satunya adalah Dynamic Bar yang diintegrasikan dengan notch tempat kamera.

Bagi kamu yang belum tahu, Dynamic Bar merupakan fitur yang meniru Dynamic Island milik iPhone. Dalam hal ini sayangnya masih berfungsi secara terbatas karena hanya mampu menampilkan notifikasi mulai dari pengisian daya, status baterai, panggilan masuk, hingga buka kunci layar.

Meskipun tersedia mulai dari Rp900 ribuan, itel A50 juga sudah memakai antarmuka pengisian daya dan transfer data mutakhir. Perangkat tersebut sudah mengadopsi USB Type-C yang setidaknya dapat mempermudah kita menyambungkan kabel data.

Hadir dengan dukungan untuk mengekspansi penyimpanan dengan tambahan hingga 2TB, itel A50 juga memakai slot kartu terdedikasi. Ini mengartikan bahwa kita dapat memasang dua buah nomor dan MicroSD secara bersamaan.

5. Paket Penjualan Komplit

Dibandingkan dengan sejumlah ponsel di kelasnya, paket penjualan itel A50 juga tergolong sangat lengkap. Kita masih akan mendapatkan mulai dari adaptor pengisi daya, kabel data, maupun Protective Cover selain unitnya.

Jika beruntung, kita bahkan berkesempatan untuk memperoleh hadiah tambahan berupa earphone IEP 12 dan itel A01 TWS yang tersedia terbatas selama masa promosi.

Kekurangan itel A50

1. Kamera Standar

Secara sekilas, itel A50 sebenarnya mempunyai spesifikasi dan dukungan yang lumayan mirip dengan itel A70 yang meluncur lebih dulu. Konfigurasi kamera yang digunakan sayangnya lebih rendah padahal banderol harganya kini lebih mahal.

Kamera utama itel A50 hanya mengandalkan lensa beresolusi 8MP dengan tambahan sensor kedalaman 0,3MP. Sementara pada kamera depannya, perangkat tersebut hanya memakai lensa beresolusi 5MP.

Berdasarkan keterangan yang Tim Gadgetren terima, kamera utama itel A50 hanya mampu menangani perekaman video sampai 1080p pada 30fps dan kamera depannya hanya 720p pada 30fps.

2. Pengisian Daya Lama

Membawa baterai berkapasitas besar, itel A50 sayangnya juga tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging. Perangkat tersebut hanya mengandalkan pengisian berdaya 10W seperti kebanyakan ponsel di kelasnya.

Absennya teknologi fast charging dari itel A50 tentu menjadi kekurangan yang penting untuk diperhatikan. Kita yang memutuskan untuk membeli perangkat tersebut perlu menyiapkan waktu khusus karena pengisian daya bakal berdurasi sangat lama.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.