ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan itel A70, Jadi Standar Baru!

Kelebihan dan Kekurangan itel A70 - Header

Gadgetren – itel kembali berulah lagi. Setelah sebelumnya mendefinisikan ulang kelas Rp1 jutaan dengan itel S23+, mereka kali ini melakukan hal serupa untuk pasar di bawah Rp1 juta lewat itel A70.

Perangkat yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp889.000 tersebut soalnya membawa spesifikasi sangat menarik. Bahkan di atas kertas, berbagai aspeknya terlihat jauh lebih unggul jika dibandingkan kebanyakan ponsel-ponsel dengan label serupa.

Kita yang memerlukan perangkat baru dengan harga benar-benar terjangkau pun dapat mempertimbangkan perangkat tersebut. Namun jika masih belum yakin, kita bisa memperhatikan kelebihan dan kekurangannya terlebih dulu sebelum meminangnya.

Kelebihan itel A70

1. Desain Menarik

Sama seperti ponsel-ponsel buatan itel pada umumnya, itel A70 juga meluncur dengan bodi yang terlihat cukup mirip dengan iPhone. Perangkat tersebut bahkan tak hanya membawa bingkai dengan sisi datar tetapi juga desain kamera yang serupa.

Perusahaan itel secara khusus menyebut desain bodi perangkat tersebut dengan Futuristic Next-Gen Desain. Terdapat empat pilihan warna yang bisa dipertimbangkan di mana meliputi Starlish Black, Brilliant Gold, Field Green, dan Azure Blue.

2. Layar Besar

Di bagian depan, ponsel kelas entri tersebut juga sudah mengusung layar yang sangat besar meskipun resolusinya masih HD+ (1612 x 720 piksel). Perangkat itel A70 dalam hal ini tercatat membawa panel 500nits yang membentang hingga seluas 6,6 inci.

Kelebihan dan Kekurangan itel A70 - Layar

Layar milik itel A70 pun sudah menggunakan desain tempat kamera berbentuk notch kecil serupa tetesan air. itel mengintegrasikannya dengan fitur Dynamic Bar yang mana dapat menampilkan berbagai macam notifikasi mulai dari status baterai hingga panggilan seperti Dynamic Island iPhone.

3. Media Penyimpanan Luas

itel juga termasuk sangat berani karena mau menghadirkan konfigurasi memori yang lumayan luas pada perangkat tersebut. Bagi kamu yang belum tahu, itel A70 mempunyai opsi RAM yang bisa dipilih antara 3GB atau 4GB di mana keduanya sama-sama mendukung fitur Extended RAM.

Media penyimpanan yang digunakan oleh itel A70 juga termasuk paling besar di antara ponsel-ponsel dengan harga kurang dari Rp1 juta. Perangkat tersebut soalnya sudah dilengkapi dengan kapasitas hingga 128GB yang notabene bisa diperluas memakai Micro SD hingga 2TB jika masih kurang.

4. Baterai Jumbo

Beraktivitas dengan menggunakan itel A70 juga bisa lebih nyaman karena tidak perlu terlalu sering melakukan pengisian daya. Ponsel keluaran baru tersebut membawa baterai yang sangat besar di mana berkapasitas sampai 5.000mAh.

Kelebihan dan Kekurangan itel A70 - Baterai

Normalnya dengan kapasitas daya yang besar, kita bisa menggunakan perangkat tanpa takut baterainya akan cepat habis. Kita bahkan dapat memakai ponsel tersebut seharian penuh jika hanya untuk mengerjakan berbagai macam aktivitas kasual.

5. Konfigurasi Kamera Lumayan Tinggi

Dengan banderol harga kurang dari Rp1 juta, konfigurasi kamera dari itel A70 juga terbilang sangat menarik. Lensa depan maupun belakangan yang disematkan itel ke perangkat tersebut lumayan tinggi jika mengacu ponsel-ponsel sekelasnya.

Kelebihan dan Kekurangan itel A70 - Kamera

Kamera belakang dari ponsel tersebut sudah menggunakan lensa beresolusi 13MP yang dikombinasikan bersama sensor kedalaman 0,3MP sebagai penunjangnya. Sementara untuk kamera depan, itel A70 memakai lensa hingga 8MP.

Konfigurasi kamera utama maupun depan milik itel A70 ini bisa dibilang sudah sangat cukup untuk kebutuhan-kebutuhan ringan seperti mengambil foto atau video konten media sosial. Bahkan sudah lumayan jika hanya sekadar untuk mengabadikan momen penting atau konferensi video.

6. Fitur Lengkap

Meskipun hadir sebagai kelas entri, itel A70 menariknya menawarkan fitur dan dukungan yang lengkap. Perangkat tersebut bahkan membawa beberapa hal yang masih jarang digunakan oleh ponsel-ponsel di rentang harga kurang dari Rp1 juta.

Hadirnya fitur pemindai sidik jari menjadi salah satu yang patut diapresiasi. itel A70 apalagi sudah menggunakan desain kekinian di mana menempatkannya bersama tombol Power padahal ada banyak ponsel dengan harga lebih mahal belum mendukungnya.

Kelebihan dan Kekurangan itel A70 - Pemindai Sidik Jari

Perangkat yang dibanderol sangat murah tersebut juga sudah dilengkapi dengan antarmuka pengisi daya dan transfer data mutakhir. Alih-alih memakai soket Micro USB seperti kebanyakan ponsel di kelasnya, itel A70 sudah memakai USB Type-C yang mana minimal bisa membuat kita memasang kabel tanpa khawatir akan terbalik.

Di samping itu, itel A70 juga masih mengusung lubang jack audio 3,5mm selain menyediakan slot kartu media eksternal. Jadi kita bisa menggunakan headset atau headphone kabel yang kita miliki untuk bermain game, mendengarkan musik, atau menonton video.

Kekurangan itel A70

1. Pengisi Daya Rendah

Salah satu yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli ponsel murah itel tersebut adalah bagian pengisian dayanya. Meskipun membawa baterai berkapasitas besar, itel A70 masih menggunakan teknologi standar dengan daya maksimal 10W.

Hal ini sebenarnya cukup wajar mengingat banderol harganya yang benar-benar sangat murah. Hanya saja dalam pemakaian sehari-hari, kita nantinya akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengisi baterai apalagi kapasitasnya harus sampai 5.000mAh.

2. Jaminan Pembaruan Dipertanyakan

Jaminan pembaruan sistem untuk itel A70 yang mana mencakup peningkatan mayor maupun patch keamanan juga masih perlu dipertanyakan. Terlebih lagi jika kita memang memerlukan perangkat yang dapat digunakan dalam kurun waktu lama.

Kabar baiknya, perangkat baru tersebut sudah meluncur dengan antarmuka sistem itel OS 13 yang mana di dalamnya sudah menggunakan Android 13. Masih tergolong sangat baru karena pembaruan Android 14 sampai artikel diterbitkan pun belum didistribusikan secara merata oleh manufaktur.

3. Fitur Kecerahan Otomatis Absen

Ditambah lagi, itel A70 juga belum mendukung fitur kecerahan otomatis. Jadi kita perlu berulang kali mengaturnya secara manual untuk mendapatkan tampilan gambar yang pas sesuai dengan kondisi cahaya sekitar. Tentu bisa sangat merepotkan jika kita berpindah-pindah tempat dengan pencahayaan yang berbeda-beda.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar