ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan itel S23 Plus, Layak Dijadikan Standar Baru

Kelebihan dan Kekurangan itel S23+ - Header

Gadgetren – itel kembali memperkenalkan sebuah perangkat menarik di pasar entri. Bernama itel s23+, ponsel tersebut soalnya membawa beberapa spesifikasi yang lumayan tinggi untuk sekelasnya.

Bagi kamu yang belum tahu, itel S23+ diluncurkan dengan satu konfigurasi memori yang dibanderol Rp2.299.000 di Indonesia. Harganya pun bisa lebih murah yang mana tercatat menjadi Rp1.899.000 apabila kita meminangnya selama masa promosi.

Dengan banderol yang benar-benar terjangkau, kita tentu tak boleh melewatkannya saat sedang mencari ponsel baru. itel S23+ apalagi membawa spesifikasi yang menggoda di mana secara lebih rinci dapat kita lihat salah satu di antaranya lewat kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan itel S23+

1. Bawa Layar Kelas Atas

Di saat kebanyakan ponsel yang dibanderol kurang dari Rp2,5 juta meluncur dengan panel IPS atau PLS TFT LCD, itel S23+ mencoba menggoda para pengguna dengan menawarkan layar AMOLED. Kita makanya akan dimanjakan oleh tampilan gambar yang mempunyai warna, kontras, maupun kecerahan yang lebih baik.

Layar yang digunakan itel S23+ di sisi lain memang berukuran sangat luas karena tercatat bisa mencapai angka 6,78 inci saat diukur secara melintang dari sudut ke sudut. Panelnya juga sudah mendukung resolusi hingga Full HD+ (2400 x 1080 piksel).

Yang membuatnya semakin terlihat menggoda, bagian layar dari itel S23+ ini juga sudah mengadopsi desain curved screen atau panel dengan sisi-sisi yang dibuat melengkung. Jadi membuat perangkat tersebut terlihat seperti ponsel flagship.

Di samping itu, bagian layar itel S23+ juga menawarkan ketangguhan dalam pemakaian. Perangkat tersebut soalnya sudah dilengkapi dengan lapisan proteksi Corning Gorilla Glass 5 yang perlindungan lebih baik terhadap goresan maupun benturan.

2. Fitur Lengkap

Seolah tak cukup hanya dengan mengusung spesifikasi panel yang tinggi, perangkat itel S23+ terlihat semakin premium dengan menambahkan pemindai sidik jari terintegrasi di dalamnya. Padahal mayoritas ponsel di kelasnya masih memakai sensor kapasitif di samping bersama tombol Power.

Hadirnya pemindai sidik jari terintegrasi di dalam layar pun bukan satu-satunya fitur yang terlihat menggoda dari perangkat itel S23+. Ponsel kelas entri tersebut di antaranya juga sudah mendukung NFC (Near Field Communication) yang dapat mempermudah berbagai macam aktivitas.

Saat meminang ponsel tersebut, kita misalnya bisa lebih mudah dan praktis saat perlu mengecek saldo kartu e-money, melakukan transaksi pembayaran secara digital, maupun menghubungkan sejumlah aksesori seperti headphone.

Untuk pertama kalinya, itel pun menyematkan fitur bernama dynamic bar yang bisa membuat interaksi dengan notifikasi penting lebih menarik. Saudara perusahaan Infinix Mobile dan TECNO Mobile ini juga sudah membenamkan itel OS 13 berbasis Android 13 yang menawarkan sejumlah fitur seperti asisten cerdas Aivana GPT.

3. Baterai dan Pengisian Daya Mumpuni

Kita yang meminang itel S23+ juga bisa beraktivitas secara lebih nyaman karena sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Dikombinasikan bersama AI Power Master intelligent battery management, perangkat tersebut diklaim mempunyai daya tahan yang lumayan panjang.

Guna memberikan pengalaman pemakaian yang lebih baik, baterai itel S23+ juga dilengkapi dengan dukungan pengisian daya cepat 18W berbasis USB Type-C. Memang bukan yang terbaik untuk sekarang tetapi masih terlihat cukup wah untuk sekelasnya.

Berbekal teknologi pengisian cepat ini, kita pun tak perlu menunggu lama agar perangkat tersebut bisa dipakai kembali saat kehabisan daya. Kita setidaknya hanya perlu menghubungkan itel S23+ ke adaptor selama kurang lebih 2 jam untuk mengisi baterai hingga penuh.

4. Disokong Memori Berkapasitas Besar

Meskipun hanya mengusung chipset yang lumayan standar untuk rentang harganya, itel S23+ sudah dibekali dengan dukungan memori yang tergolong sangat besar. Perangkat tersebut dalam hal ini menawarkan RAM 8GB dan media penyimpanan internal sebesar 256GB.

Beraktivitas dengan itel S23+ makanya bisa berjalan dengan lancar. RAM 8GB miliknya tentu sudah cukup untuk menangani berbagai macam tugas bahkan secara bersamaan atau multitasking. Kalaupun dirasa masih kurang, ponsel tersebut pun mendukung teknologi Dynamic RAM Expansion yang mampu mengekspansinya hingga total menjadi 16GB.

Menyimpan berkas atau memasang banyak aplikasi pun tidak akan menjadi masalah besar saat kita memakai itel S23+. Kapasitas media penyimpanan miliknya sudah cukup untuk pemakaian di masa sekarang yang mana kita tidak perlu lagi mengelola data atau aplikasi secara intens.

Kekurangan itel S23+

1. Tidak Mendukung Expansion Penyimpanan

Disokong dengan media penyimpanan internal yang besar, itel S23+ sayangnya hadir seperti ponsel-ponsel flagship masa kini yang mana meniadakan dukungan untuk ekspansi kartu eksternal. Artinya kita tidak dapat memasang Micro SD atau sejenisnya.

Oleh karena itu jika media internal milik perangkat tersebut dirasa masih belum cukup, kita pun harus melakukan beberapa hal. Termasuk di antaranya seperti menghapus data atau aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi, memindahkan berkas foto penting, hingga memanfaatkan layanan penyimpanan awan.

2. Absennya Jack Audio

Selaras dengan absennya slot untuk memasang kartu penyimpanan eksternal, perangkat tersebut juga meluncur tanpa dukungan jack audio 3,5mm yang mana secara umum masih diperlukan oleh sejumlah kalangan. Misalnya untuk mendengarkan musik lebih mudah atau bermain game dengan lebih nyaman.

Absennya dukungan jack audio 3,5mm di itel S23+ pun setidaknya akan sedikit memaksa kita untuk menyiapkan dana lebih untuk membeli kabel konverter yang sesuai atau perangkat suara nirkabel seperti TWS. Untungnya, harga dari aksesori-aksesori ini cukup bervariasi di mana bahkan ada yang sangat terjangkau sehingga dapat dipinang oleh siapa saja.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar