ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan itel RS4, Banyak yang Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan itel RS4 - Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga normal mulai dari Rp1.899.000, itel RS4 menjadi salah satu perangkat yang dapat dipertimbangkan saat kita memerlukan ponsel terjangkau untuk bermain game.

Perangkat tersebut mengemas paket komplit mulai dari kinerja bertenaga hingga dukungan lengkap yang dapat membuat aktivitas bermain game terasa lebih nyaman. Spesifikasinya pun tercatat lebih unggul jika dibandingkan sebagian besar ponsel di kelasnya.

Dengan spesifikasi yang dibawanya, itel RS4 tentunya dapat menjadi pilihan pas di rentang harga Rp1 jutaan. Namun jika masih ragu-ragu untuk meminangnya maka kita dapat mencoba mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut terlebih dahulu.

Kelebihan itel RS4

1. Kinerja Mumpuni

Hadir sebagai ponsel yang dirancang untuk bermain game, itel RS4 menawarkan kinerja yang tergolong tinggi. Perangkat tersebut soalnya sudah menggunakan chipset MediaTek Helio G99 Ultimate (6nm) berkecepatan hingga 2,2GHz sebagai dapur pacu.

Helio G99 Ultimate sendiri sebenarnya mempunyai spesifikasi yang sangat mirip dengan versi standar. Chipset ini masih dikembangkan berdasarkan arsitektur ARM Cortex-A76 dan Cortex-A55 yang dikombinasikan bersama GPU ARM Mali-G57 MC2 tetapi dengan penyesuaian di sisi peranti lunak.

Kemampuan Helio G99 Ultimate pun tak boleh dipandang sebelah mata. Perangkat itel RS4 apalagi memadukan chipset ini bersama RAM LPDDR4x dengan kapasitas minimal 8GB atau 12 GB untuk varian tertingginya.

Kombinasi chipset menengah berkinerja tinggi dan RAM berkapasitas besar ini tentunya akan membuat itel RS4 mampu menangani berbagai macam judul game dengan sangat baik. Aktivitas multitasking dengan perangkat tersebut pun juga bisa dilakukan secara lancar.

2. Teknologi Pengisian Daya Terbaik di Kelasnya

Yang tak kalah menggoda, itel RS4 menjadi perangkat dengan dukungan pengisian daya tercepat di kelasnya pada saat artikel diterbitkan. Ponsel kelas entri tersebut soalnya sudah mengemas teknologi 45W PowerCharge.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Pihak itel, teknologi 45W PowerCharge yang mereka gunakan di itel RS4 hanya memerlukan waktu kurang lebih 75 menit untuk mengisi baterai dari kondisi kosong hingga penuh.

Untuk memberikan kenyamanan saat bermain game, itel RS4 di sisi lain juga sudah dibekali dengan mode Bypass Charging. Kita pun dapat menggunakan perangkat tersebut sembari memasang pengisi daya tanpa khawatir.

Mode Bypass Charging nanti soalnya akan meneruskan arus langsung ke mesin utama. Selain dapat menjaga kesehatan baterai, mode ini pun dapat mencegah lonjakan suhu yang bisa terjadi akibat proses pengisian daya.

Baterai itel RS4 sendiri tergolong sangat besar. Sama seperti kebanyakan perangkat di masa sekarang, ponsel tersebut juga mempunyai kapasitas penyimpanan daya hingga 5.000mAh yang dapat bertahan lama untuk beraktivitas apa pun.

3. Dukungan Animasi Layar Tinggi

Pada bagian layar, itel RS4 juga mempunyai spesifikasi yang sangat menggoda. Perangkat tersebut sudah menggunakan panel dengan dukungan refresh rate hingga 120Hz di mana lebih tinggi dari kebanyakan ponsel Rp1 jutaan lain yang hanya sampai 90Hz saja.

Secara teknis, ini mengartikan bahwa itel RS4 dapat menampilkan konten-konten game dengan animasi yang lebih halus. Walaupun nanti sebenarnya juga akan dipengaruhi oleh pengaturan yang didukung oleh game terkait.

Layar itel RS4 sendiri mempunyai desain yang terlihat modern dengan punch hole sebagai tempat kameranya. Dikembangkan dengan panel IPS, ukurannya juga sudah seluas 6,6 inci dengan resolusi gambar hingga 1612 x 720 piksel.

4. Penyimpanan Besar

Melengkapi berbagai macam kelebihannya, itel RS4 juga tercatat mempunyai dukungan penyimpanan yang termasuk cukup besar. Perangkat tersebut minimal dilengkapi media internal yang dapat dipilih antara 128GB atau 256GB.

Kapasitas media internal ini seharusnya sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi penyimpanan data dan aplikasi di masa sekarang. Kalaupun masih kurang, kita pun masih bisa mengekspansinya dengan menambahkan kartu Micro SD.

Ekspansi penyimpanan melalui Micro SD di itel RS4 di sisi lain dapat dilakukan tanpa perlu mengurangi pemakaian nomor ganda. Perangkat tersebut soalnya menggunakan slot kartu terdedikasi yang memungkinkan kita memasang ketiganya sekaligus.

5. Fitur Lengkap

Seperti apa yang sudah disinggung di bagian atas, itel RS4 juga mempunyai fitur yang sangat lengkap. Perangkat tersebut tak hanya menawarkan dukungan-dukungan standar ponsel Rp1 jutaan tetapi juga lebih tinggi.

Di antaranya, perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan speaker stereo yang mempunyai dukungan suara lumayan baik. Terdapat juga giroskop dalam bentuk peranti keras yang mempunyai sensitivitas dan akurasi lebih baik.

Dukungan NFC (Near Field Communication) juga menjadi salah satu keunggulan yang tak boleh kita lewatkan saat sedang mempertimbangkan perangkat tersebut. Sensor sidik jarinya pun sudah tersemat di sisi samping bersama tombol Power.

Sebagai ponsel kelas entri, ponsel tersebut juga masih dibekali dengan dukungan jack audio 3,5mm yang memungkinkan kita bermain game, mendengarkan musik, atau menonton video menggunakan perangkat suara kabel.

Kekurangan itel RS4

1. Masih Meluncur dengan Android 13

Meluncur di Tahun 2024, itel RS4 mengandalkan itelOS versi 13.5.0 untuk membantu pengguna berinteraksi dengannya. Cukup disayangkan karena antarmuka sistem ini masih dibangun berdasarkan Android 13.

Sistem Android 13 sebenarnya tidak terlalu ketinggalan untuk pemakaian di masa sekarang. Hanya saja jika melihat beberapa ponsel lain, sudah ada sebagian yang meluncur dengan antarmuka sistem berbasis Android 14.

2. Jaminan Pembaruan Dipertanyakan

Selain itu, jaminan pembaruan yang ditawarkan oleh Pihak itel juga kurang jelas. Kita tidak tahu apakah itel RS4 nantinya akan memperoleh peningkatan sistem operasi atau tidak. Kalaupun dapat, kita pun tidak tahu akan didukung sampai generasi berapa.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar