ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Lihat Insight Instagram Untuk Tahu Performa Postingan

Cara Lihat Insight Instagram Header

Gadgetren – Instagram menyediakan dua akun untuk penggunanya, yakni akun bisnis maupun akun pribadi yang memiliki tujuan dan kegunaan yang berbeda.

Akun bisnis dikhususkan bagi kamu yang akan menggunakan Instagram untuk keperluan bisnis baik itu agar lebih mudah terhubung dengan pelanggan hingga kerja sama dengan konten kreator lain.

Pada akun bisnis, Instagram memberikan fitur khusus untuk melihat data dan statistik mengenai kinerja akun lewat fitur bernama Insight. Jadi kamu dapat memahami kinerja konten, mengevaluasi interaksi, analisis audiens, menganalisis jangkauan dan tayangan, hingga mengukur pertumbuhan akun.

Cara Lihat Insight Instagram

  • Jika akun kamu masih akun pribadi, pindah ke akun Bisnis melalui pengaturan pada ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  • Setelah menjadi akun bisnis, ketuk Profesional Dashboard.
    Insight
  • Kamu akan masuk ke dalam halaman dasbor profesional yang berisi Insight akun kamu dengan analitik dalam jangka waktu sebulan.Insight
  • Kamu akan melihat beberapa menu seperti akun yang dijangkau, akun yang berinteraksi, total pengikut, konten yang telah dibagikan, dan masih banyak lagi.

Di halaman daspor profesional, kamu dapat melihat jangkauan 30 hari terakhir beserta jumlah dari persentase pengikut dan bukan pengikut yang telah melihat akun kamu.

Terdapat pula impresi dengan jumlah presentasi dan jumlah akun. Semuanya menunjukkan kinerja dari postingan, cerita, dan promosi. Selain itu juga ada jangkauan yang paling optimal bisa dilihat dari cerita, postingan, atau Reels.

Begitu pula pada halaman akun yang berinteraksi akan menyajikan performa konten yang sama. Analitik akan menghadirkan pertumbuhan pengikut selama sebulan baik siapa pengikut baru, yang telah berhenti mengikuti, lokasi, usia, dan jenis kelamin.

Kamu juga dapat melihat postingan atau cerita dari Insight sehingga bisa mengetahui satu persatu performa konten yang dibagikan dan siapa audiens kamu sehingga bisa menyesuaikan strategi konten selanjutnya untuk hasil yang lebih baik.

Dengan memanfaatkan Insight Instagram, kamu dapat membuat keputusan yang lebih baik mengenai konten, interaksi dengan audiens, dan strategi pemasaran keseluruhan sehingga bisa meningkatkan keberhasilan akun Instagram kamu.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.