ASUS TUF Gaming F15
Berita Laptop / PC

Tampil Baru, Gaming Handheld ASUS ROG Ally X Telah Dirilis

Tampil Baru, Gaming Handheld ASUS ROG Ally X Telah Dirilis

Gadgetren – ASUS Republic of Gamers (ROG) telah memperkenalkan gaming handheld generasi baru dari lini ROG Ally bernama ROG Ally X dalam ajang Computex 2024 di Taiwan. Perangkat gaming ini dikabarkan akan segera dirilis di Indonesia dalam waktu dekat.

Setiap pembelian ROG Ally X akan disediakan gratis langganan Xbox Game Pass Ultimate 3 bulan. Lebih jauh, ROG Ally X merupakan gaming handheld PC yang menjalankan sistem operasi Windows 11 yang mendukung game PC dari berbagai platform seperti Xbox, Steam, dan masih banyak lagi.

Dibandingkan generasi sebelumnya, ROG Ally X membawa sejumlah pembaruan yang mencakup memori, penyimpanan, baterai, desain, dan sistem pendinginan. Performa pacu ROG Ally X ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme yang dipadukan dengan  memori LPDDR5X berkapasitas 24GB dan penyimpanan internal SSD NVMe PCle Gen4 M.2  berkapasitas 1TB.

Bagian CPU juga dibekali sistem pendinginan baru dengan dua kipas khusus 23% lebih kecil. Sistem pendinginan ROG Ally X diklaim menawarkan performa pendinginan 24% lebih baik dan suhu operasional 6? lebih rendah dari generasi sebelumnya.

Prosesor tersebut turut ditemani kartu grafis Radeon yang didukung arsitektur RDNA 3 dengan kecepatan maksimal 2.7 GHz yang menawarkan hingga 8.6 Teraflops. Baterainya berkapasitas 80Whr  yang menyediakan ketahanan pemakaian lebih lama dibanding generasi sebelumnya dan dilengkapi pengisian cepat 65W.

Bobot ROG Ally X sekitar 678 gram dan 70 gram lebih berat dari versi sebelumnya. Dari segi desain ROG Ally X tampil dengan warna hitam dan memiliki tombol serta joystick yang ergonomis dengan hand grip dengan sudut lebih tajam.

 ASUS-ROG-Ally-X-4.

Kemudian pada tombol M1 dan M2 diperkecil dan posisinya diperbaiki. Tombol haptic lebih tebal dan memiliki modul joystick dengan durabilitas yang diklaim hingga 5 juta kali putar. Sementara desain tombol D-Pad tampil baru dengan kontrol game retro.

Tombol ROG Ally X lainnya mencakup A, B, X, dan Y, tombol L & R Hall Effect analog triggers, L & R bumpers, tombol View, tombol Menu, tombol Command Center, tombol Armoury Crate, tombol 2 x assignable grip, thumbsticks, dan gyro 6-Axis.

 ASUS-ROG-Ally-X-2

Pada sistem audio terdapat dua speaker dengan smart amplifier technology dan fitur-fitur AI noise-canceling technology, Hi-Res certification, Smart Amp Technology, Dolby Atmos, serta mikrofon bawaan.

Soal konektivitas mendukung Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, dua port USB Type-C, Thunderbolt, sensor fingerprint, dan Microsoft Pluton security processor.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar