ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

ASUS ROG Ally Segera Hadir di Indonesia

ASUS-ROG-Ally-1

Gadgetren – Perangkat gaming handheld ASUS ROG Ally dikabarkan akan segera rilis di Indonesia. Hal ini terlihat dari penerbitan e-Sertifikasi SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk perangkat ROG Ally yang diajukan oleh PT Asus Technology Indonesia Jakarta pada tanggal 3 Maret 2023.

ROG Ally sendiri memiliki nomor model RC71L dengan pelanggan ID 7384 pada situs e-Sertifikasi SDPPI Kemkominfo. Selain itu ROG Ally menjadi perangkat baru yang diajukan ASUS sebagai kategori handheld console PC diantara perangkat ASUS lainnya berupa notebook PC.

Namun begitu belum diketahui kapan tepatnya ASUS Indonesia akan mulai menjual perangkat konsol ringkas gaming handheld ROG Ally. Di pasar Amerika Serikat, ROG Ally Z1 dibanderol mulai 599 USD atau sekitar Rp8,8 jutaan sedangkan ROG Ally Z1 Extreme dijual 799 USD atau setara Rp10,3 jutaan.

Lebih jauh terkait spesifikasi yang ditawarkan ROG Ally akan menyajikan pengalaman bermain game layaknya PC Desktop karena perangkat konsol ringkas ini menggunakan sistem operasi Windows 11.

ASUS-ROG-Ally

Dengan demikian ROG Ally memungkinkan semua game dari berbagai platform ternama seperti Xbox, Steam, Epic Games, EA Play, GoG Galaxy, dan Ubisoft Connect bisa dimainkan dengan lancar. Ditambah lagi perangkat ini ditenagai prosesor terbaru bernama AMD Ryzen seri Z1 yang dikhususkan untuk perangkat konsol ringkas gaming handheld.

Untuk varian tertinggi prosesor Ryzen Z1 Extreme dibekali 8 core dan mempunyai thread sebanyak 16. Sedangkan Ryzen Z1 menawarkan 6 core dan memiliki thread sebanyak 14. Keduanya sama-sama menggunakan arsitektur grafis bawaan RDNA 3 yang diklaim mampu menghadirkan pengalaman visual game yang mulus dan lancar.

Prosesor tersebut juga didukung sistem pendingin disebut ROG Zero Gravity Thermal System yang dilengkapi dua kipas khusus agar performa pendinginan tetap optimal meskipun ROG Ally digunakan dalam berbagai skenario permainan.

ASUS-ROG-Ally-2

Layaknya laptop gaming ASUS ROG, ROG Ally bahkan turut menyediakan software Armoury Crate Special Edition (SE) yang mana pengguna tidak hanya bisa mengatur semua kontrol untuk sistem ROG Ally tetapi juga bisa mengakses semua game sekaligus sekaligus mengatur profile untuk setiap game kesukaan mereka.

Dengan bobot 608 gram, ROG Ally memiliki bodi yang ringkas dan portable sehingga bisa dibawa ke mana saja. Sektor tampilan gaming handheld baru ini mempunyai layar berukuran 7″ panel sentuh dengan dukungan resolusi Full HD serta mendukung refresh rate 120Hz, fitur FreeSync Premium, dan tingkat kecerahan hingga 500 nit.

Gaming handheld ini juga mendukung GPU eksternal menggunakan ROG XG Mobile yang mampu menghadirkan performa gaming lebih kencang lagi sekelas PC ataupun laptop gaming kelas atas untuk memainkan game-game populer.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar