ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan MIUI Optimization Agar Tidak Optimasi Otomatis

Cara Menonaktifkan Optimasi MIUI - Header

Gadgetren – Ponsel-ponsel buatan Xiaomi umumnya dilengkapi dengan sebuah sistem pengoptimalan khusus yang menjanjikan peningkatan kinerja pada perangkat bernama Optimasi MIUI atau MIUI Optimization.

Sistem bawaan tersebut nantinya akan mengoptimalkan pemakaian CPU, mengelola aktivitas di latar belakang, hingga mengurangi konsumsi pemakaian daya. Hingga akhirnya perangkat mempunyai kinerja lebih baik, waktu peluncuran aplikasi lebih cepat, dan sistem yang responsif.

Sayangnya dengan menggunakan Optimasi MIUI, tak jarang beberapa masalah bisa terjadi seperti aplikasi tidak dapat beroperasi secara normal atau kinerja justru menurun dalam skenario tertentu. Menonaktifkannya tentu dapat menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan jika sudah begitu.

Cara Menonaktifkan MIUI Optimization

  • Aktifkan Opsi pengembang di ponsel yang digunakan.
  • Masuk ke halaman Settings.
  • Buka menu Additional settings.
    Cara Menonaktifkan Optimasi MIUI - 1
  • Gulir ke bawah lalu ketuk menu Developer options.
    Cara Menonaktifkan Optimasi MIUI - 2
  • Cari dan matikan opsi Turn on MIUI optimization.
    Cara Menonaktifkan Optimasi MIUI - 3
  • Ketuk tombol Agree setelah aktif.

Menonaktifkan fungsi Optimasi MIUI di ponsel Xiaomi sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Hanya saja dalam hal ini, kita memang perlu memakai beberapa langkah khusus karena pengaturan untuk fitur tersebut disembunyikan.

Kita dalam hal ini dapat mengakses pengaturan untuk Optimasi MIUI melalui opsi pengembang yang mana umumnya akan dinonaktifkan secara bawaan. Kita maka dari itu perlu mengaktifkannya secara manual jika mau mengaksesnya.

Mengaktifkan Opsi Pengembang

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu About phone.
    Cara Menonaktifkan Optimasi MIUI - 4
  • Ketuk kolom versi antarmuka yang digunakan hingga sebanyak tujuh kali.
    Cara Menonaktifkan Optimasi MIUI - 5
  • Atau lakukan sampai muncul keterangan You are now a developer!.
    Cara Menonaktifkan Optimasi MIUI - 6

Selain dimasukkan sebagai salah satu menu dalam opsi pengembang, pengaturan untuk mengelola fungsi Optimasi MIUI kini juga dibuat semakin tersembunyi di antarmuka sistem MIUI 12 atau lebih baru. Kita makanya tidak akan langsung menjumpainya meskipun sudah berhasil membuka halaman terkait.

Untuk menampilkan menu pengaturan Optimasi MIUI di halaman opsi pengembang, kita pun perlu menggunakan trik khusus. Kamu yang belum tahu caranya dapat menyimak ulasan berikut.

Memunculkan Turn on MIUI optimization yang Tersembunyi

  • Masuk ke halaman Developer options seperti ulasan sebelumnya.
  • Cari bagian Autofill.
  • Ketuk opsi Reset to default values.
    Cara Menonaktifkan Optimasi MIUI - 7
  • Ulangi mengetuknya sampai opsi Turn on MIUI optimization muncul.

Fungsi Optimasi MIUI memang bisa menimbulkan sejumlah masalah tetapi di sisi lain juga dapat menghadirkan manfaat. Oleh karena itu, kita dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya secara bijak menyesuaikan preferensi maupun pola pemakaian sehari-hari.

Kami secara khusus menyarankan agar mencoba melakukan eksperimen terlebih dahulu dengan fungsi tersebut. Selanjutnya tinggal melihat apakah Optimasi MIUI mampu meningkatkan kinerja perangkat atau justru menurunnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar