ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatasi HP OPPO yang Bootloop Terus Menerus

Cara Mengatasi HP OPPO Bootloop Header

Gadgetren – Secara tiba-tiba ponsel OPPO juga bisa mengalami Bootloop akibat adanya kesalahan sistem maupun komponen yang rusak.

Bootloop merupakan kondisi dimana sistem terjebak dalam proses pemuatan awal yang biasanya ditandai lewat tampilan logo OPPO di layar secara berulang dan tidak bisa masuk ke halaman Home Screen seperti biasanya.

Bootloop tentunya sangat menjengkelkan jika terjadi karena kamu jadi tidak dapat menggunakan ponsel untuk sementara waktu. Langkah untuk mengatasi bootloop pun terbatas yang mana salah satunya bisa dengan Wide Data dari Recovery Mode.

1. Gunakan Recovery Mode

  1. Matikan ponsel OPPO.
  2. Selanjutnya, tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan hingga muncul logo OPPO di layar.
  3. Lepas tombol Power sambil tetap menekan tombol Volume Bawah.
  4. Kemudian, Recovery Mode akan muncul.
  5. Gunakan tombol Power untuk memilih menu dan tombol Volume untuk navigasi antar menu.
  6. Klik menu Wipe Data.
  7. Tekan opsi Format Data.
  8. Tunggu proses hingga selesai.

Proses reset ponsel melalui Recovery Mode sering kali menjadi solusi jika ponsel mengalami masalah dan mengembalikannya ke kondisi normal termasuk jika bootloop secara terus menerus.

Namun perlu dicatat bahwa proses Wipe Data pada Recovery Mode akan membuat semua data yang ada di dalam ponsel terhapus. Jadi kamu yang belum melakukan pencadangan data secara berkala harus merelakannya hilang.

2. Kunjungi OPPO Service Center

Jika bootloop tidak bisa diatasi dengan melakukan Recovery Mode gagal, maka sebaiknya kamu langsung mengunjungi OPPO Service Center terdekat agar ponsel OPPO kamu ditangani oleh staff dan teknisi profesional yang telah bersertifikasi.

Nantinya teknisi pada OPPO Service Center akan mendiagnosis dan mencoba membetulkan ponsel dalam kurun waktu sejam untuk memastikan apakah ada kerusakan di sistem atau komponen.

Apabila terdapat kerusakan komponen dan suku cadangnya tersedia di OPPO Service Center, maka ponsel akan diperbaiki secara langsung.

Dengan begitu sebaiknya kamu berhati-hati ketika agar ponsel OPPO tidak bootloop karena sangat repot untuk memperbaikinya. Bahkan kamu perlu mengunjungi OPPO Service Center apabila proses Recovery Mode gagal.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar