Tips dan Trik

Ponsel Oppo Bootloop? Atasi Dengan Dua Cara Berikut ini!

Cara Memperbaiki HP OPPO Bootloop Header New

Gadgetren – Bootloop adalah penyakit yang sering muncul di perangkat Android, terkhusus pada perangkat-perangkat bertipe lawas.

Bootloop adalah kesalahan yang terjadi pada perangkat Android yang dapat mengakibatkan perangkat tidak dapat memuat sistem dengan semestinya. Istilah ini biasanya ditujukan dengan ponsel tidak dapat masuk ke sistem utama dan hanya mampu sampai pada logo vendor secara berulang-ulang.

Terdapat dua jenis bootloop yang dapat terjadi di perangkat Android, bootloop ringan yang muncul kadang-kadang atau bersifat sementara dan bootloop berat yang terjadi secara permanen.

Bootloop dapat terjadi karena adanya kesalahan dari perangkat lunak maupun perangkat keras, yang tentunya cara mengatasinya pun berbeda. Jika Anda pengguna Oppo, maka memperbaiki bootloop dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

Cara Memperbaiki HP OPPO Bootloop Ringan Melalui Recovery

  1. Tekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan dalam kondisi mati untuk masuk ke modus Recovery.
  2. Setelah masuk, kamu dapat melakukan navigasi dengan tombol volume untuk memilih menu yang ada.
  3. Pilih menu Wipe Data and Cache untuk mereset smartphone kamu
  4. Gulung ke bawah hingga menemukan pilihan Yes dalam layar konfirmasi
  5. Tunggu hingga proses reset selesai
  6. Metode ini akan menghapus seluruh data yang ada di smartphone kamu

Untuk memperbaiki HP Oppo yang mengalami bootloop ringan, pengguna dapat memanfaatkan mode recovery di perangkat tersebut. Melalui mode ini, pengguna dapat melakukan hard reset perangkat Oppo miliknya untuk mengembalikan semua preferensi sistem operasi ke kondisi awal.

Mode recovery adalah mode khusus yang berisi konsol atau peralatan pemulihan ponsel Android yang tersedia melalui bootable tersendiri. Melalui mode ini, pengguna dapat menggunakan beberapa perlengkapan untuk memperbaiki permasalahan sistem atau memperbarui sistem, termasuk untuk mengatasi bootloop di ponsel Android.

Cara Memperbaiki HP Oppo Bootloop Dengan Recovery Mode

Bagi pengguna Oppo dengan tipe tertentu, mode recovery dapat diakses melalui kombinasi tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan saat akan menghidupkan perangkat. Setelah muncul pilihan bahasa pilih opsi English.

Ingat, setelah masuk ke mode recovery, pengguna dapat melakukan navigasi dengan tombol volume, dan memilih opsi dengan tombol power. Pengguna selanjutnya dapat melakukan hard reset perangkat Oppo dengan memilih Wipe Data and Cache.

Jika muncul beberapa opsi lagi, pilih opsi Wipe Data and Cache untuk kedua kalinya. Setelah itu, konfirmasi dengan memilih opsi Yes.

Jika proses pembersihan data dan cache selesai, pengguna dapat memuat ulang ponsel dengan memilih opsi Reboot. Dan pengguna tinggal menunggu proses muat ulang selesai.

Memperbaiki Bootloop Berat Dengan Flashing Ulang di HP Oppo

Jika permasalahan bootloop belum selesai setelah melakukan hard reset perangkat Oppo, maka pengguna dapat melakukan flashing ulang perangkatnya. Dengan cara ini, pengguna dapat menginstal ulang sistem, termasuk di dalamnya melakukan downgrade atau upgrade, di perangkat kesayangannya.

Namun, tim Gadgetren tidak dapat menjelaskan secara detail bagaimana cara melakukan Flashing untuk mengatasi bootloop di HP Oppo. Hal ini karena masing-masing tipe ponsel memiliki cara tersendiri saat melakukan flashing.

Yang perlu dipertimbangkan, semua data akan hilang setelah melakukan metode ini. Sebaiknya pengguna membuat cadangan data tersebut sebelum melakukannya.

Mengingat kedua cara di atas hanya berlaku untuk bootloop yang disebabkan oleh kerusakan perangkat lunak, maka pengguna juga dapat membawa perangkat ke service center jika permasalahan tersebut terjadi akibat kesalahan perangkat keras atau kedua cara di atas belum menyelesaikan masalah tersebut.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar