ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Menghilangkan Kamus Keyboard HP OPPO yang Mengganggu

Cara Menghilangkan Kamus Keyboard HP OPPO Header

Gadgetren – Pada saat kamu akan mengetik di ponsel OPPO, terkadang akan memunculkan kata-kata dari kamus untuk sugesti kata yang akan kamu tulis.

Namun terkadang munculnya kata-kata kamus di keyboard pada ponsel OPPO ini malah terasa mengganggu karena justru kata yang dimunculkan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Hadirnya kata-kata kamus pada keyboard dikarenakan fitur Next-word suggestions dan Show suggestion strip yang mana memberikan sugesti prediksi kata-kata untuk membantu proses pengetikan. Seperti getaran keyboard, kamu yang tidak suka bisa menonaktifkannya lewat pengaturan.

Cara Menghilangkan Kamus Keyboard HP OPPO

  1. Buka aplikasi Settings di ponsel OPPO.
  2. Pilih kolom Search.
    OPPO - Matikan Kamus Keyboard - 1
  3. Ketik kata kunci keyboard.
    OPPO - Matikan Kamus Keyboard - 2
  4. Pilih opsi keyboard & input method yang muncul.
    OPPO - Matikan Kamus Keyboard - 3
  5. Pilih menu Manage keyboards.
    OPPO - Matikan Kamus Keyboard - 4
  6. Tekan opsi Gboard.
    OPPO - Matikan Kamus Keyboard - 5
  7. Pilih opsi Text correction.
    OPPO - Matikan Kamus Keyboard - 6
  8. Tekan tombol toggle Show suggestion strip, Next-word suggestions, Auto-correction, Spell check, dan Grammar check ke posisi mati.
    OPPO - Matikan Kamus Keyboard - 7
  9. Setelah semua fitur tersebut dimatikan seharusnya tidak ada lagi sugesti kata-kata.

Show suggestion strip sendiri merupakan sugesti huruf maupun kata di bagian atas keyboard yang akan muncul secara otomatis ketika kamu sedang mulai mengetikkan sebuah huruf.

Apabila Show suggestion strip dimatikan, maka secara otomatis Next-word suggestions pun akan ikut dimatikan karena memang fungsinya mengandalkan sugesti kata sebelumnya.

Sementara Auto-correction merupakan fitur yang memungkinkan kata yang salah ketika dibetulkan secara otomatis sesuai dengan prediksi yang terdapat di kamus. Namun ada kalanya prediksi koreksi otomatis katanya tidak sesuai dengan yang diinginkan sehingga bisa juga untuk kamu matikan.

Lalu Spell check akan memeriksa kata-kata yang diperkirakan salah ejaan sehingga ditandai dengan garis merah sedangkan Grammar check akan memeriksa tata bahasa dari kalimat yang kamu buat dan ditandai garis biru jika tidak tepat.

Perlu dicatat bahwa ColorOS untuk ponsel OPPO masa kini sudah menggunakan Gboard atau keyboard buatan Google sebagai virtual keyboard bawaan karena memiliki beragam fitur dan emoji yang menarik.

Jika bosan dengan tampilan dan warna dari keyboard ponsel OPPO, kamu pun dapat mengubah tampilannya secara cepat melalui halaman Theme pada opsi Gboard sehingga terlihat lebih menarik dan unik.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar