ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Getar Keyboard HP OPPO Saat Mengetik

Cara Mematikan Getar Keyboard HP OPPO Header

Gadgetren – Ponsel OPPO masa kini menggunakan Gboard buatan Google untuk menjadi keyboard bawaan. Hal ini cukup wajar mengingat kelengkapan karakter huruf, angka, simbol, dan emoji yang dimiliki Gboard.

Namun saat pertama kali mengaktifkan ponsel OPPO, tentunya Gboard akan memberikan getaran pada saat kamu melakukan pengetikan. Getaran pada Gboard sebenarnya sebagai umpan balik kepada pengguna untuk mengetahui bahwa keyboard telah ditekan.

Meskipun begitu, namun tentunya sebagian dari kamu tidak menyukai adanya getaran pada keyboard di ponsel OPPO karena terbiasa mengetik keyboard virtual tanpa ada getaran yang mana bisa dihilangkan dengan mudah.

Cara Menghilangkan Getar Keyboard HP OPPO

  1. Buka kunci layar.
  2. Akses aplikasi Settings.
  3. Pilih menu System settings.
    OPPO - Matikan Getaran - 1
  4. Pilih menu Keyboard & input method.
    OPPO - Matikan Getaran - 2
  5. Pilih opsi Gboard pada bagian Available Keyboards.
    OPPO - Matikan Getaran - 3
  6. Pilih opsi Preferences
    OPPO - Matikan Getaran - 4
  7. Tekan tombol toggle Haptic feedback on keypress ke posisi mati.
    OPPO - Matikan Getaran - 5

Selanjutnya, getaran pada keyboard tidak akan terjadi lagi karena fitur Haptic Feedback sudah dimatikan. Apabila kamu mengikuti metode dengan benar, pastinya getaran akan menghilang sepenuhnya ketika keyboard ditekan.

Sementara jika kamu ingin mengembalikan keyboard agar bergentar ketika ditekan, maka dapat langsung mengikuti langkah yang sama dan membuat toggle Haptic Feedback ke posisi aktif.

Metode tersebut bisa diikuti untuk kamu yang menggunakan ponsel OPPO generasi terbaru. Namun jika perangkat OPPO yang dimiliki menggunakan ColorOS generasi lama, maka membutuhkan langkah yang berbeda.

Pada HP OPPO Generasi Lama

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Sound & Vibration.
  3. Pilih opsi Feedback System.
  4. Tekan opsi Vibrate When Touched.
  5. Tekan tombol toggle Vibrate When Touched ke posisi mati.

Jika kamu tidak yakin ponsel OPPO yang digunakan termasuk generasi lama atau baru, kamu bisa mencoba dua metode tersebut untuk menemukan langkah yang tepat.

Sebenarnya adanya getaran atau tidak merupakan selera masing-masing pengguna ketika sedang mengetik. Karena ada yang membutuhkannya untuk memastikan tombol sudah ditekan, tapi ada juga yang merasa terganggu akan hal tersebut.

Dengan begitu, kamu dapat mengatur kenyamanan sendiri dalam penggunaan keyboard dengan adanya getaran atau tidak.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar