ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Menghilangkan Tanda Mode Headset HP Xiaomi yang Mengganggu

Cara Menghilangkan Tanda Mode Headset HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Sejumlah masalah bisa saja muncul saat kita menggunakan ponsel apapun merek dan modelnya. Termasuk di antaranya kita yang memakai perangkat-perangkat buatan Xiaomi.

Dari sekian banyak hal yang bisa terjadi, masalah tanda headset muncul meski kita tidak sedang memasang perangkat suara apapun bisa menjadi salah satu yang cukup membingungkan. Apalagi jika kita memang sedang memerlukan fungsi audio dari ponsel.

Tanda headset biasanya akan terpicu karena kita memasang perangkat suara ke lubang jack audio lalu ponsel mengaktifkan mode terkait. Pada saat itu, fungsi speaker dan mikrofon pun akan langsung dialihkan ke sambungan kabel dari headset, headphone, atau earphone tersebut.

Sayangnya jika tanda headset muncul di bar status ponsel meski kita tidak memasang perangkat suara, speaker dan mikrofon pun tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Kita bakal kesulitan untuk memutar musik, menonton video, bermain game, hingga menelepon.

Munculnya masalah tanda headset pada ponsel Xiaomi meski kita tidak memasang perangkat suara dapat terjadi karena banyak faktor. Kita pun perlu menempuh metode yang berbeda-beda jika mau mengatasi hal tersebut.

1. Lepas-Pasang Perangkat Suara

Untuk menghilangkan tanda headset yang terus muncul di bar status ponsel Xiaomi, kita salah satunya dapat memasang kemudian melepas jack perangkat suara secara berulang-ulang. Kita juga dapat sesekali memutarnya dengan lembut jika diperlukan.

Cara klasik ini bahkan dapat menjadi solusi terbaik saat masalah tersebut terjadi. Tanda headset yang tidak menghilang di ponsel Xiaomi soalnya juga bisa muncul karena kesalahan posisi pin tembaga atau perak di dalam lubang jack yang mana tak jarang dapat kembali setelah kita melakukan beberapa hal ini.

2. Membersihkan Jack Audio

Seiring pemakaian ponsel, debu dan kotoran pun dapat sedikit demi sedikit masuk ke dalam lubang jack audio. Hal itu padahal juga dapat menjadi pemicu kenapa tanda headset tetap muncul meski kita tidak memasang perangkat suara.

Membersihkan jack audio makanya bisa menjadi salah satu cara yang bisa dicoba saat masalah tanda headset masih terjadi. Kita dalam hal ini dapat memakai bantuan dari lidi kapas pembersih telinga untuk menjangkau bagian dalam lubang.

Kita secara lebih lanjut juga dapat memakai lidi kapas yang sudah dicelupkan ke cairan alkohol atau pembersih komponen elektronik untuk mendapatkan hasil lebih baik. Hanya saja untuk menghindari kerusakan, kita perlu mematikan ponsel sebelum melakukan hal ini.

3. Memuat Ulang Ponsel

  • Tekan tombol Power sampai menu pengaturan daya muncul.
  • Ketuk opsi Reboot.
    Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi - 1
  • Konfirmasi dengan mengetuk Tap to reboot.
    Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi - 2
  • Tunggu ponsel sampai menyala kembali.

Sama seperti sejumlah kesalahan pada ponsel, kita juga dapat mengatasi tanda headset yang tetap muncul dengan memuat ulang perangkat. Proses ini soalnya akan menyegarkan kembali sistem operasi dan mengeliminasi sejumlah tugas yang mana kadang-kadang bisa menjadi penyebab mode headset terus aktif.

4. Mematikan Fitur Peningkatan Suara

  • Masuk ke halaman Settings.
  • Buka menu pengaturan Sound & vibration.
    Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi - 3
  • Cari dan buka menu Sound effects.
    Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi - 4
  • Di bagian Sound optimization, ketuk menu Adjust sound to earphones.
    Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi - 5
  • Matikan opsi Adjust sound to earphones.
    Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi - 6

Masalah tanda headset yang tetap muncul saat perangkat suara dilepaskan juga bisa terjadi karena bug dari fitur peningkatan audio milik antarmuka MIUI. Kita untungnya dapat mematikan dukungan ini dengan mudah melalui halaman pengaturan.

5. Melakukan Pembaruan Sistem

  • Kunjungi halaman Settings.
  • Masuk ke menu About phone.
    Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi - 7
  • Buka menu MIUI Version.
    Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi - 8
  • Klik Check for updates.
  • Ketuk tombol Update jika pembaruan tersedia.

Jika tanda headset muncul akibat bug pengembangan antarmuka MIUI, memperbarui sistem di ponsel Xiaomi pun bisa menjadi cara yang bisa ditempuh selanjutnya. Pembaruan soalnya tak hanya menawarkan fitur baru dan peningkatan saja melainkan juga perbaikan untuk sejumlah masalah.

6. Membawa ke Pusat Perbaikan

Apabila sudah melakukan beberapa hal di atas tetapi tanda headset tidak menghilang dan ponsel belum bisa dipakai secara normal, kita pun perlu membawa perangkat ke pusat perbaikan seperti Xiaomi Service Center sebagai langkah terakhir.

Soalnya, bisa jadi penyebab dari masalah tersebut adalah kerusakan komponen berkaitan apakah itu lubang jack atau bahkan IC khusus audionya. Membawa perangkat ke pusat perbaikan pun bisa dilakukan untuk mengecek hal itu sekaligus memperbaikinya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar

  • Saya pakai 2 cara, saya bersihkan lobang earphone pakai kapas dan lidi. Juga open setelan earphone. Setelah coba tap semua mode earphone, akhirnya fixed. Btw, makasih artikelnya. Cuz jengkel juga, abis cabut earphone, speaker nggak bunyi dan icon earphone nggak hilang. Untunglah nemu artikel ini.