ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Keluar Mode Aman HP Xiaomi Agar Kembali Normal Digunakan

Cara Keluar Mode Aman HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Ponsel-ponsel buatan Xiaomi juga dilengkapi dengan Mode Aman atau Safe Mode yang memungkinkan kita melakukan diagnosis dan menyelesaikan sejumlah masalah seperti serangan malware.

Hanya saja sayangnya, mode khusus tersebut memang tidak cocok untuk digunakan sehari-hari. Ponsel yang mengaktifkannya akan berjalan dengan dukungan dan fitur minimum. Fungsi perangkat akan dibatasi untuk mengisolasi permasalahan.

Apabila masalah yang muncul sudah berhasil diatasi, kita makanya perlu keluar dari Mode Aman supaya perangkat nantinya dapat digunakan secara normal. Jadi berbagai macam dukungan dan fitur yang semula dinonaktifkan bisa dipakai kembali.

Cara Keluar Mode Aman Xiaomi

  • Tekan tombol Power selama beberapa detik.
  • Setelah menu daya muncul, lepaskan tombol tersebut.
  • Selanjutnya ketuk menu Reboot.
    Cara Keluar Mode Aman Xiaomi - 1
  • Konfirmasi dengan mengetuk Tap to reboot.
    Cara Keluar Mode Aman Xiaomi - 2
  • Tunggu sampai perangkat menyala normal.

Untungnya, keluar dari Mode Aman di ponsel Xiaomi bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kita dalam hal ini hanya perlu memuat ulang perangkat seperti biasa. Sistem nanti akan otomatis kembali ke mode biasa setelah kita melakukannya.

Kita dapat memastikan apakah ponsel Xiaomi sudah keluar dari Mode Aman atau belum dengan melihat tulisan samar Safe Mode yang terletak di pojok kiri bawah layar. Jika indikator ini sudah tidak ada, maka bisa dipastikan bahwa langkah-langkahnya berhasil dilakukan.

Cara Keluar Mode Aman Xiaomi - 3

Namun sebaliknya apabila tulisan Safe Mode masih muncul di layar, kita pun perlu memuat ulang perangkat sekali lagi karena sistem kemungkinan besar belum keluar dari Mode Aman. Kita dalam hal ini juga bisa memastikannya dengan mengecek ketersediaan dari fitur dan dukungan lanjutan.

Setelah berhasil keluar, kita umumnya juga perlu menyesuaikan beberapa hal yang ikut berubah ketika kita memakai Mode Aman. Adapun dalam hal ini seperti mematikan mode pesawat, menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi atau seluler, hingga mengubah metode input jika lebih nyaman memakai aplikasi keyboard pihak ketiga.

Langkah-langkah keluar dari Mode Aman di atas berlaku untuk hampir semua perangkat buatan Xiaomi yang menggunakan sistem operasi Android. Kita bahkan juga dapat memakainya untuk semua submerek ponsel mereka mulai dari Redmi, Black Shark, maupun POCO.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

3 Komentar