ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Keluar Fastboot dan Recovery Xiaomi Supaya Nyala Kembali

Apa Itu Fastboot dan Recovery - Header

Gadgetren – Ponsel-ponsel buatan Xiaomi umumnya meluncur dengan sistem operasi Android yang mana di dalamnya terdapat sejumlah dukungan dan fitur untuk membantu para penggunanya.

Selayaknya kebanyakan ponsel berbasis Android, perangkat buatan Xiaomi di antaranya juga mengusung mode fastboot maupun recovery. Dua dukungan tersebut memungkinkan kita memperbaiki sejumlah masalah yang muncul di mana terutama berkaitan dengan sistem.

Fastboot merupakan protokol dan peralatan komunikasi yang memungkinkan kita mengakses ponsel dari perangkat lain. Kita dapat menggunakannya untuk memasang ulang sistem, menghapus partisi penyimpanan tertentu, hingga memasang custom recovery walaupun secara khusus nanti bisa berbeda-beda untuk setiap manufaktur.

Sementara recovery adalah sistem file sederhana yang berisi konsol pemulihan. Kita dapat memakainya untuk memulihkan atau memperbaiki ponsel Android saat terjadi sejumlah masalah tanpa perlu menggunakan bantuan dari perangkat lain.

Mode fastboot dan recovery memang tidak untuk semua orang karena justru berisiko merusak sistem apabila salah mengotak-atiknya. Hanya saja kita tak perlu panik jika tanpa sengaja masuk ke salah satu mode tersebut.

Cara Keluar dari Mode Fastboot Xiaomi

  • Tekan dan tahan tombol Power hingga layar benar-benar mati.
  • Setelah mati, tekan dan tahan kembali tombol Power hingga muncul logo.
  • Lepaskan tombol Power.
  • Biarkan perangkat menyala normal.

Masuk ke Fastboot di ponsel Xiaomi umumnya bisa dilakukan dengan menekan secara bersama tombol Power dan Volume Down. Jadi kita bisa tanpa sengaja masuk ke mode tersebut jika tombol Volume Down ikut tertekan saat menyalakan perangkat.

Apabila nanti masih masuk ke mode tersebut setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kita makanya juga perlu memastikan apakah tombol-tombol itu berfungsi normal atau tidak dengan membawanya ke tempat servis.

Cara Keluar dari Mode Recovery Xiaomi

  • Gunakan tombol Volume untuk mengarahkan pilihan ke Reboot.
  • Tekan tombol Power untuk memilih menu Reboot.
  • Arahkan pilihan ke Reboot to System dengan tombol Volume.
  • Konfirmasi dengan menggunakan tombol Power sekali lagi.
  • Tunggu sampai perangkat menyala normal.

Berbeda dengan fastboot, kita tidak bisa keluar dari recovery Xiaomi dengan hanya menekan tombol Power. Konsol pemulihan di dalam mode tersebut memuat berbagai macam menu yang harus dipilih memakai tombol Volume maupun Power.

Untuk masuk ke mode recovery Xiaomi, kita pun harus menekan secara bersamaan tombol Power dan Volume Up. Kita mungkin juga perlu mengecek fungsi kedua tombol itu apabila belum bisa keluar dari mode tersebut setelah mengikuti ulasan di atas.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar

  • Bagaimana jika tidak mau keluar dari menu recovery padahal udah sukses wipe data nya. Tidak mau kembali ke kondisi normal (tidak mau keluar dari recovery mode) setelah bolak balik dicoba untuk power off pun tidak juga mau kembali dan tetap di recovery.
    Setelah itu saya klik bersamaan tombol volum atas bawah dan tombol power bersamaan. Lalu hp nya mati dan saya klik lama tombol power tidak mau hidup lagi.
    Mohon bantuannya?
    Hp nya hp Oppo a39