ASUS TUF Gaming FX507
Review Handphone

Review Infinix Hot 40i, Ponsel Anak Muda Harga Terjangkau?

Infinix Hot 40i (1)

Review Infinix Hot 40i
  • Rating
4

Kesimpulan

Infinix Hot 40i semakin meramaikan ponsel di segmen Rp1 jutaan dengan menawarkan nilai yang bisa dikatakan cukup lumayan lewat desain modern dan kinerja yang mumpuni.

Yang Disukai

  • Performa oke untuk gaming
  • RAM dan penyimpanan besar
  • Desain yang sudah modern
  • Layar mulus 90Hz
  • Ada NFC dan fingerprint samping

Yang Tidak Disukai

  • Kamera yang kurang memadai
  • Magic Ring masih terasa gimik

Gadgetren – Infinix Mobility belakangan ini cukup gencar meluncurkan ponsel-ponsel yang cukup kompetitif di pasaran, khususnya lewat lini Hot Series.

Di awal tahun 2024, Infinix Hot 40i hadir di Indonesia seharga Rp1.699.000 dalam empat varian warna yang dapat dipilih meliputi Horizon Gold, Starlit Black, Palm Blue, dan Starfall Green.

Sebagai ponsel dengan harga yang bisa dikatakan sangat terjangkau, Infinix Hot 40i tentunya membawa hal yang cukup menarik untuk ditelusuri lebih lanjut.



Desain Cantik yang Terlihat Modern

Infinix Hot 40i secara mengejutkan sudah membawa desain yang sangat modern yang mana membuatnya semakin memikat untuk sebuah ponsel di harga Rp1 jutaan.

Tampilan depannya sudah menggunakan layar penuh dengan gaya punch hole untuk tempat tersematnya kamera depan. Sementara dari belakang sekilas terlihat seperti iPhone berkat modul kamera kotak besar dengan tiga lingkaran di dalamnya.

Infinix Hot 40i (3)

Untuk varian Starlit Black yang diuji, Infinix Hot 40i tampil kalem dengan campuran warna hitam dan biru yang ditemani bintik-bintik kecil layaknya gemerlap bintang di langit malam. Alhasil warna yang dipancarkan lebih terlihat menarik karena tidak hitam monoton.

Tekstur permukaan bagian belakangnya pun tidak mudah terlihat kotor ketika terkena minyak tangan. Namun untuk modul kamera memiliki permukaan glossy yang mana bakal perlu sering dibersihkan jika tidak menggunakan case silikon yang sudah disediakan pada paket penjualan.

Secara keseluruhan, bodi Infinix Hot 40i lebih mengotak dengan sudut presisi yang terasa kokoh untuk kelas harganya. Bahkan bisa dikatakan bahwa Infinix Hot 40i dari segi desain terlihat seperti ponsel kelas menengah, bukan ponsel Rp1 jutaan.

Infinix Hot 40i (4)

Apalagi selain sudah membawa port USB-C, ponsel besutan Infinix ini memberikan sensor pindai jari di samping yang juga berfungsi sebagai tombol Power. Tak ketinggalan tentunya mendukung dua SIM dan microSD yang sering dibutuhkan oleh pengguna.

Fitur Magic Ring yang Mirip Dynamic Island

Yang menarik, Infinix Hot 40i membawa fitur baru bernama Magic Ring yang terlihat cukup mirip seperti fitur Dynamic Island di iPhone. Magic Ring memungkinkan adanya animasi yang muncul untuk memberikan informasi singkat seperti saat mengisi daya atau maupun Face Unlock tengah aktif.

Infinix Hot 40i (6)

Magic Ring yang dikombinasikan dengan XOS 13 memberikan pengalaman penggunaan baru yang tidak ada di seri Hot generasi sebelumnya. Di samping itu tentunya tersedia pula fitur-fitur lain yang tidak kalah pentingnya seperti NFC dan split screen.

Menyasar kaula muda yang senang mengonsumsi konten hiburan, Infinix Hot 40i dibekali layar luas berukuran 6,56 inci yang memiliki resolusi HD+ 720p dan rasio layar-ke-bodi mencapai 89,7%. Layarnya pun sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz.

Performa Oke, Ga Ketinggalan

Oleh karena itu tidak heran ponsel ini terasa responsif terhadap sentuhan jari dan gerakan animasi dari sistem pun terlihat mulus. Infinix tentunya menyediakan opsi dinamis yang mana refresh rate akan disesuaikan dengan konten yang tampil.

Resolusi yang dihadirkan memang masih HD+ 720p, namun tidak menghambat sama sekali saat menikmati konten visual seperti nonton YouTube. Yang lebih penting, layarnya masih jelas ketika dilihat di bawah terik sinar matahari.

Untuk menjalankan berbagai aktivitas dan aplikasi sehari-hari, Infinix Hot 40i kemudian diotaki chipset Unisoc T606 yang cukup sering ditemukan pada ponsel kelas ini. Menemani chipset tersebut ada penyimpanan 256GB dan RAM 8GB dengan tambahan fitur RAM extension hingga 8GB.

Infinix Hot 40i Performa

Kombinasi tersebut diklaim dapat membuat peluncuran aplikasi dan multitasking lebih cepat. Untuk melihat kinerjanya, Infinix Hot 40i tentu saja diuji menggunakan aplikasi benchmark seperti AnTuTu 10 dan Geekbench 6.

Hasilnya, Infinix Hot 40i berhasil meraih skor mencapai 272.203 poin pada AnTuTu 10 yang mana cukup bersaing dengan ponsel seperti Samsung Galaxy A05, realme C67, dan OPPO A38 jika melihat dari data review yang tim Gadgetren miliki.

Infinix Hot 40i AnTuTu

Sementara untuk Geekbench 6 terlihat mendapatkan skor 392 poin untuk Single-Core dan 1.399 poin untuk Multi-Core. Angka yang bisa dikatakan masih dalam ekspektasi untuk ponsel di kelas ini.

Walaupun angka tersebut memang tidak terlalu tinggi saat dibandingkan ponsel kelas menengah atau atas, Infinix Hot 40i pastinya dapat menunjang aktivitas digital sehari-hari maupun kebutuhan hiburan. Selama pengujian, ponsel dapat membuka aplikasi-aplikasi populer secara lancar.

Melakukan picture-in-picture untuk browsing sambil nonton video pun tidak jadi masalah pada Infinix Hot 40i. Performa yang dihadirkan sudah cukup untuk melakukan hal tersebut. Berkat kapasitas RAM yang besar, aplikasi yang ada di latar pun tidak sering dipaksa tutup sehingga bisa dengan nyaman melakukan multitasking.

Udah Sanggup Dibawa Main Game

Infinix Hot 40i pun diberikan fitur XBOOST Gaming terbaru untuk mendorong kinerjanya lebih maksimal lagi ketika dibutuhkan. Layaknya game launcher kebanyakan yang sudah ada di ponsel masa kini, fitur ini akan berjalan secara otomatis ketika menjalankan game.

Hal ini pun membuat Infinix Hot 40i cukup mampu diajak bermain game-game populer. Misalnya saja pada Mobile Legends tidak masalah jika ingin mengaktifkan pengaturan grafis Ultra dan HD Mode dengan Frame Rate Super. Begitu pula untuk Arena of Valor bisa dinikmati pada setelan grafis Extreme.

Infinix Hot 40i Mobile Legends

Lalu untuk genre Battle Royale, ponsel ini cukup sanggup memberikan pengalaman bermain yang lancar untuk PUBG Mobile pada grafis HD dan Frame Rate High tanpa kendala di berbagai medan pertempuran.

Infinix Hot 40i PUBG Mobile

Sementara pada game yang lebih berat lagi, Infinix Hot 40i menariknya masih bisa menjalankan Genshin Impact pada grafis Low. Namun secara bawaan akan langsung disetel pada opsi Lowest untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih mulus

Infinix Hot 40i Genshin Impact

Infinix Hot 40i seperti kebanyakan ponsel masa kini telah dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh untuk menjamin daya tahan penggunaan yang lama. Digabungkan dengan dapur pacu yang terbilang tidak boros daya.

Ketahanan Baterai Cukup Bersaing

Pihak Infinix mengklaim bahwa ponsel ini bakal bisa digunakan untuk melakukan video streaming selama 30 jam. Daya tahan baterai dari Infinix Hot 40i pun kemudian diuji menggunakan PCMark for Android dengan parameter kecerahan layar 50% dan baterai dari 100%.

Hasilnya, Infinix Hot 40i mampu mendapatkan skor 14 jam 23 menit pada mode layar Dinamis dan 13 jam 18 menit pada mode layar 90Hz. Angka yang terbilang tinggi dan sangat bersaing dengan ponsel kompetitor di kelasnya.

Infinix Hot 40i Baterai

90Hz (kiri) – Dinamis (kanan)

Sementara saat digunakan secara nyata dalam keseharian, baterai dari Infinix Hot 40i masih tersisa sebanyak 35% di malam hari dengan screen-on-time di kisaran 9 jam 56 menit. Oleh karena itu Infinix Hot 40i dipastikan mampu menemani aktivitas sepanjang hari dalam sekali pengisian daya untuk kondisi penggunaan yang masih wajar.

Soal pengisian daya, Infinix Hot 40i dilengkapi teknologi pengisian cepat 18W sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama ketika harus mengisi ulang baterainya. Hanya saja selama masa pengujian proses pengujian terkadang berhenti mendadak walaupun masih terhubung dan beberapa kali cukup lambat dari seharusnya.

Kamera Resolusi Besar Tapi….

Untuk urusan fotografi dan videografi, Infinix Hot 40i dipersenjatai kamera utama 50MP yang ditemani kamera AI sekunder serta kamera selfie 32MP. Berbagai mode pengambilan pun telah didukung oleh aplikasi kamera bawaan seperti Portrait, Super Night, Slow mo, dan lainnya.

Walaupun membawa resolusi kamera yang terbilang besar, perlu tetap menjaga ekspektasi dalam hal kualitas fotografi mengingat harga yang dibanderol untuk Infinix Hot 40i. Secara keseluruhan foto yang dihasilkan cukup memadai jika hanya sebatas foto biasa dalam keseharian.

Walaupun begitu, ketika memotret di area yang terang menghasilkan foto yang overekspos dan rentang dinamis kurang baik. Hal ini pun membuat warna menjadi kurang akurat, misalnya seperti baju yang tadinya merah maroon malah menjadi terlihat seperti pink.

Infinix Hot 40i (2)

Kelemahan dari kamera Infinix Hot 40i pun kembali terlihat ketika mengambil foto dalam kondisi yang lebih menantang. Pada mode Portrait misalnya, efek bokeh yang dihasilkan tidak rapi yang mana tentu mengurangi estetika.

Begitu juga pada malam hari, foto dengan menggunakan mode Auto terlihat gelap sementara pada mode Super Night memang terlihat lebih terang namun noise turut banyak terlihat. Lalu pada saat mengambil foto pada Mode 50MP, ponsel pun cukup lama dalam memproses foto sehingga perlu menunggu sebelum bisa melihat hasil atau lanjut memotret.

Tidak hanya soal foto saja, rekaman yang diambil pun kurang bagus karena absennya OIS sehingga guncangan sangat terlihat maupun Auto Focus yang kebingungan menentukan target. Hal-hal tersebut pastinya akan mengganggu kenyamanan saat merekam.

Infinix Hot 40i - Kamera 05

Infinix Hot 40i - Kamera 11

Infinix Hot 40i - Kamera 08

Infinix Hot 40i - Kamera 12a

Infinix Hot 40i - Kamera 04 Portrait

Portrait

Infinix Hot 40i - Kamera 03 50MP

50 MP

Infinix Hot 40i - Selfie 01

Selfie Auto

Infinix Hot 40i - Selfie 01 Portrait

Selfie Portrait

Infinix Hot 40i - Selfie 04

Selfie Auto

Infinix Hot 40i - Selfie 04 Portrait

Selfie Portrait

Ponsel Modern Untuk Anak Muda?

Infinix Hot 40i yang dijual seharga Rp1.699.000 menawarkan nilai yang bisa dikatakan cukup lumayan, khususnya dalam hal desain karena sudah sangat modern dan kekinian. Kinerja dari chipset Unisoc T606 memang biasa saja, namun untungnya tertutupi oleh RAM dan penyimpanan internal yang besar.

Pastinya secara keseluruhan Infinix Hot 40i sudah mampu untuk memberikan pengalaman penggunaan yang nyaman dalam keseharian. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, apakah sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

Sebagai ponsel baru di kelas ini, Infinix Hot 40i menghadapi persaingan yang cukup sengit. Namun ini berarti semakin banyak ponsel yang bisa dipilih sehingga tinggal memilih mana yang cocok dengan dana yang dimiliki.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar