Smartphone

realme C67 – Unggulkan Kamera Canggih 108MP dan Chipset Snapdragon 685

realme C67

Menjelang akhir tahun 2023, realme kembali menghadirkan handphone terbaru mereka yang kali ini dari keluarga C Series yakni realme C67. Menariknya Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang mencicipi handphone yang satu ini.

realme C67 mengusung slogan “108MP Camera, New Champion” yang mana menghadirkan kamera beresolusi tinggi mencapai 108MP dan dikombinasikan dengan Snapdragon 685 6nm Chipset. Ini membuat realme C67 menjadi handphone pertama dengan kombinasi tersebut di rentang harga 2 jutaan rupiah.

Tak hanya itu, realme C67 juga menghadirkan kualitas terdepan agar penggunanya semakin puas. Berbagai keunggulannya ini membuat realme C67 menjadi handphone C Series dengan peningkatan terbesar yang pernah ada.

realme C67

Ada dua varian warna dari realme C67 yang salah satunya adalah Sunny Oasis di mana terlihat menawan dengan warna hijau cerah seperti oasis yang terkena sinar matahari. Selain itu tersedia varian warna lain yakni Black Rock yang tak kalah menarik.

Pada bagian belakang realme C67 terlihat ada tekstur bergaris yang membuatnya tampil beda dan ketika handphonenya diputar akan memberikan efek kilauan yang menarik. Tekstur ini juga memberikan manfaat lain yakni bagian belakang realme C67 tidak mudah kotor oleh sidik jari.

Area kamera belakang realme C67 tak lupa telah didesain sedemikian rupa dengan cincin hitam dan emas yang mengkilap sehingga semakin menambah keindahannya.

realme C67

Ukuran handphone ini terasa pas di tangan dengan ketebalan hanya 7,59mm yang mana sangat tipis jika dibandingkan dengan handphone lain di kelas harganya. Tiap bagian sisinya mengusung desain datar tapi masih tetap terasa nyaman ketika digenggam.

Ini berkat melengkungnya ujung tiap sisi handphone dan dihilangkannya bingkai plastik di sekitar layar realme C67. Hal ini pun membuat realme C67 tampil dengan bezel yang lebih tipis dan terlihat tidak kalah dengan handphone di kelas harga yang lebih mahal.

Pada sisi kanan handphone ini menariknya terdapat pemindai sidik jari fisik yang dapat digunakan untuk otentikasi handphone di mana proses pemindaiannya terasa responsif. Selain itu realme C67 telah mengantongi sertifikasi IP54 yang mana berarti tahan terhadap cipratan air dan debu.

realme C67

Di sektor layar, realme C67 mengusung layar berukuran 6,72″ dengan resolusi FHD+ (1080×2400 piksel) dengan refresh rate 90Hz, touch sampling rate 180Hz, dan tingkat kecerahan layar typical 800 nit serta maksimal 950 nit.

Tingginya tingkat kecerahan layar handphone ini membuat tampilan layarnya tetap dapat dilihat dengan jelas di bawah sinar matahari. Kualitas tampilan layarnya sendiri memuaskan baik itu ketika digunakan untuk menonton film ataupun bermain game.

Menemani layarnya, terdapat speaker stereo ganda yang dapat menghasilkan suara yang kencang namun tetap jernih untuk handphone di kelasnya. Dengan begitu menikmati konten multimedia terasa semakin mengasyikkan di realme C67.

realme C67

Berkat digunakannya chipset Snapdragon 685 pada realme C67 yang dikombinasikan dengan RAM LPDDR4X 8GB membuat performanya lancar untuk penggunaan sehari-hari.

Kapasitas RAM handphone ini pun bisa diperluas lagi dengan teknologi  Dynamic RAM Expansion (DRE) hingga menjadi total 16GB. Besarnya kapasitas RAM yang disediakan membuat pengalaman multitasking jadi terasa mulus dan aplikasi yang berjalan pada latar handphone bisa tetap aktif.

Ketika digunakan untuk bermain game Mobile Legends di setelan frame rate High dan grafis Ultra, handphone yang satu ini dapat memainkannya dengan baik tanpa hambatan.

Untuk game lain seperti PUBG Mobile hanya bisa dimainkan hingga setelan grafis Balanced dan frame rate Medium. Jika ingin setelan frame rate tinggi pada PUBG Mobile hanya bisa dilakukan jika kualitas grafis disetel di level Smooth.

Ketika performanya dites lebih lanjut menggunakan aplikasi AnTuTu, realme C67 varian 128GB ini meraih skor 310.458. Sedangkan pada aplikasi Geekbench, handphone ini mendapatkan skor 471 untuk single-core dan 1.336 untuk multi-core.

Selain menghadirkan performa yang mumpuni, realme C67 juga menyediakan kapasitas penyimpanan internal melimpah hingga 256GB. Ini juga masih bisa diperluas lagi melalui kartu microSD yang terpisah dari slot kartu SIM ganda dengan dukungan kapasitas hingga 2TB.

Salah satu keunggulan utama dari realme C67 apalagi melihat kelas harganya terletak pada sektor kamera. Handphone ini mengusung kamera utama 108MP yang menggunakan sensor ISOCELL HM6 di mana sebelumnya realme gunakan di handphone seri lebih atas mereka.

Untuk menemani kamera utamanya tersebut, realme juga menyematkan sebuah lensa B&W 2MP. Hasil foto dari jepretan kamera utama realme C67 sendiri terlihat tajam dengan warna yang seperti aslinya.

realme C67 - Hasil Kamera

Mode Auto

realme C67 - Hasil Kamera

Mode Auto

realme C67 - Hasil Kamera

Mode Auto

realme C67 - Hasil Kamera

Mode Portrait

realme C67 - Hasil Kamera

Mode Night

realme C67 - Hasil Kamera

Mode Night

Memanfaatkan sensor kameranya yang canggih, realme C67 mampu melakukan pembesaran foto dengan teknologi 3x In-sensor Zoom. Ini dilakukan melalui perekaman 12 juta piksel yang ada di bagian tengah dari sensor 108MP di realme C67.

Dengan teknologi tersebut, perbesaran foto dapat dilakukan tanpa mengorbankan kualitas gambar maupun sudut pandang.

realme C67 - Hasil Kamera

Pembesaran 1x

realme C67 - Hasil Kamera

Pembesaran 3x

Jika diinginkan, jepretan foto yang dihasilkan bisa menggunakan resolusi penuh kamera ini yang mencapai 108MP. Hasilnya, foto akan terlihat tetap tajam bahkan ketika dikrop namun dengan efek samping ukuran file foto yang menjadi lebih besar dibandingkan mode standar.

Pada foto di bawah ini yang mana dikrop 16% dari resolusi aslinya, masih dapat terlihat dengan jelas tulisan-tulisan dan detail pada foto. Menariknya lagi, realme C67 dapat memproses foto berukuran besar tersebut dengan cukup cepat yang mana tak lepas dari chipset Snapdragon 685 yang digunakannya.

realme C67 - Hasil Kamera 108MP

Mode 108MP

realme C67 - Hasil Kamera 108MP Crop 16%

Mode 108MP – Crop 16%

Untuk keperluan foto-foto selfie, tersedia kamera depan beresolusi 8MP di realme C67 yang mampu merekam wajah dengan baik. Di mode portrait, kameranya ini pun bisa menghasilkan efek bokeh yang menarik.

realme C67 - Hasil Kamera Depan

Selfie Portrait

realme C67 - Hasil Kamera Depan

Selfie Portrait

realme C67 menjalankan sistem operasi Android 14 dengan balutan realme UI. Yang menjadi keunikan adalah adanya fitur Mini Capsule 2.0 di mana notifikasi tertentu dapat ditampilkan di sekitar area kamera depan dengan bentuk seperti kapsul mini.

Beberapa notifikasi yang didukung oleh Mini Capsule 2.0 di antaranya adalah pemberitahuan ketika baterai tersisa 5%, status pengisian daya baterai, informasi cuaca, penggunaan data, statistik langkah, informasi musik yang sedang dimainkan, serta fitur pengingat.

Tampilan Mini Capsule 2.0 ini pun bisa disentuh untuk mengubah informasi yang ditampilkan. Misalnya ketika memainkan musik, awalnya hanya akan menampilkan animasi bilah irama musik dan ketika disentuh akan berubah menjadi menampilkan judul musik serta durasinya. Tak hanya itu, tampilan Mini Capsule 2.0 juga bisa diusap ke kiri maupun ke kanan untuk berganti musik.

realme C67 - Mini Capsul e 2.0

Bagi pengguna kartu e-Money, di realme C67 terdapat 360° NFC yang dapat membaca kartu dengan posisi maupun sudut apapun selama tertempel di bagian atas handphone. Dengan ini proses pembacaan kartu menjadi lebih cepat tanpa perlu repot-repot membetulkan posisi kartu.

Fitur NFC ini juga bisa digunakan untuk fungsi lain seperti misalnya membaca data chip NFC untuk menduplikasi kartu akses melalui aplikasi pihak ketiga maupun pembayaran digital untuk versi global.

Sebagai sumber dayanya, realme C67 ditenagai oleh baterai berkapasitas 5000mAh. Penggunaan daya baterainya tergolong hemat di mana bisa digunakan dengan screen on time hingga 6 jam 31 menit dari baterai 100% ke 10% untuk penggunaan browsing, foto-foto, berjejaring sosial, dan menggunakan aplikasi produktivitas.

Ketahanan daya baterai handphone ini ketika diuji secara sintetis menggunakan aplikasi PCMark 8 juga meraih skor yang tinggi yakni 18 jam dan 34 menit di mode refresh rate auto, kecerahan layar 50%, dan baterai dari level 100%.

Agar dapat mengisi daya baterai berkapasitas besari ini dengan cepat, realme menyematkan teknologi 33W SUPERVOOC yang mana diklaim bisa mengisi daya hingga 50% dalam waktu hanya 26 menit.

Ketika diuji coba pengisian dayanya menggunakan charger bawaan realme C67, dibutuhkan waktu hanya 1 jam untuk mengisi daya baterai dari level 10% ke 86%. Untuk pengisian daya hingga 100% dibutuhkan tambahan waktu 24 menit lagi.

Menariknya realme menggunakan algoritma pengisian daya pada realme C67 di mana sistem pada handphone dapat dengan cerdas menyesuaikan tegangan dan arus daya pada rentang pengisian baterai 90-100%. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi hilangnya daya karena panas yang biasanya muncul pada proses pengisian daya baterai.

realme C67

Secara keseluruhan, realme C67 adalah handphone yang sangat menarik dilirik bagi kamu yang mencari handphone berkamera canggih dan chipset yang gegas pada rentang harga 2 jutaan.

Dengan kamera beresolusi 108MP dan Snapdragon 685 yang diusungnya akan dapat menunjang aktivitas sehari-hari kamu baik itu berfoto-foto ria, bermain game, ataupun menggunakan aplikasi produktivitas.

Tidak hanya mengunggulkan spesifikasinya, handphone ini pun tampil menarik dengan desain Sunny Oasis serta memiliki fitur unik Mini Capsule 2.0 untuk menampilkan informasi pada layar handphone.

realme C67 dapat dimiliki melalui Early Bird Sale khusus varian memori 8GB+8GB*|128GB pada 19-21 Desember 2023 mulai pukul 18:00 WIB secara online di Shopee, Akulaku, dan realme.com, dengan berbagai bonus.

Sedangkan realme C67 varian memori 8GB+8GB*|256GB tersedia melalui skema pre-order mulai 19 Desember 2023 – 4 Januari 2024 pada platform penjualan online dan offline realme, serta toko mitra resmi. realme C67 (8GB+8GB*|256GB) akan tersedia di seluruh Indonesia mulai 5 Januari 2024.

Tinggalkan Komentar