ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix HOT 40i, Layak Dipilih?

Kelebihan dan Kekurangan Infinix HOT 40i - Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga normal Rp1.699.000, Infinix Hot 40i dapat menjadi alternatif bagi kita yang memerlukan ponsel baru untuk beraktivitas mulai dari multitasking hingga bermain game.

Perangkat baru tersebut soalnya dilengkapi dengan spesifikasi yang lumayan tinggi di kelasnya. Dukungan yang dibawanya juga tergolong lengkap. Terdapat beberapa kelebihan yang membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan.

Bisa dibilang bahwa perangkat tersebut sudah cukup mumpuni untuk menangani berbagai macam aktivitas di masa sekarang. Namun jika belum cukup yakin dengan itu, kita dapat mencoba mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan Infinix Hot 40i

1. Layar Beranimasi Tinggi

Di antara kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh Infinix Hot 40i, bagian layar menjadi salah satunya. Perangkat tersebut soalnya sudah dilengkapi dengan panel yang mendukung pengaturan refresh rate adaptif tinggi di mana sampai 90Hz.

Dengan pengaturan refresh rate tinggi, Infinix Hot 40i bakalan cocok untuk menonton video atau bermain game. Animasi dari konten yang ditayangkan secara teknis bakalan terlihat lebih mulus selama sudah mendukung setelan grafis yang sesuai.

Layar Infinix Hot 40i di sisi lain juga mempunyai ukuran yang lumayan besar. Perangkat tersebut memang masih menggunakan panel beresolusi HD+ (1612 x 720 piksel), tetapi sudah membentang hingga seluas 6,56 inci.

2. Konfigurasi Memori Sangat Luas

Diluncurkan dalam seri ponsel yang mengusung jargon “Gaming Anti Ngelag”, konfigurasi memori yang ditawarkan Infinix Hot 40i termasuk sangat menarik untuk perangkat kelas entri. RAM maupun media penyimpanan yang dibawanya sudah berkapasitas lumayan besar.

Infinix dalam hal ini sudah membenamkan RAM berkapasitas 8GB. Selain itu, terdapat juga fitur yang dapat digunakan untuk memperluasnya dengan memori virtual hingga total 16GB apabila ingin menggunakan perangkat tersebut secara lebih lancar.

Media internal Infinix Hot 40i pun sudah berkapasitas sebesar 256GB. Sangat cukup untuk menyimpan data maupun memasang aplikasi tanpa khawatir ruang penyimpanan cepat penuh. Semisal masih belum cukup, kita di sisi lain masih bisa menambahkan kartu eksternal hingga 1TB.

3. Baterai Besar dengan Pengisi Daya Unggulan

Sama seperti kebanyakan perangkat entri di masa sekarang, Infinix Hot 40i juga sudah meluncur dengan dukungan baterai yang cukup besar. Ponsel tersebut secara teknis sudah dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan daya hingga 5.000mAh.

Baterai berkapasitas 5.000mAh yang diusung Infinix Hot 40i tentu sudah cukup untuk beraktivitas mulai dari pagi hingga malam hari. Bahkan saat dipaksa untuk mengerjakan tugas berturut-turut, perangkat tersebut diklaim mampu bertahan lama.

Berdasarkan hasil pengujian internal Infinix, perangkat tersebut dapat bertahan hingga 9 jam untuk bermain game, 30 jam menonton video, atau 45 jam menelepon. Mereka juga mengklaim bahwa Infinix Hot 40i mampu menyala hingga 34 hari jika hanya dipakai dalam mode siaga.

Yang tak kalah menarik, perangkat tersebut juga sudah dilengkapi dengan pengisi daya 18W untuk mendukung baterainya. Kebanyakan ponsel dengan harga serupa padahal masih jarang yang membawa dukungan seperti ini.

4. Fitur Lengkap

Meskipun hanya dibanderol dengan harga Rp1 jutaan, perangkat tersebut juga menawarkan dukungan yang lumayan lengkap. Infinix sudah menyematkan fitur-fitur pendukung seperti SIM ganda, jack audio 3,5mm, Bluetooth, hingga WiFi.

Bukan hanya itu saja, Infinix Hot 40i juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang umumnya hanya tersedia untuk perangkat-perangkat dengan harga di atasnya. Kita misalnya sudah dapat menjumpai pemindai sidik jari yang disematkan di bagian samping maupun NFC (Near Field Communication).

Pihak Infinix juga memberikan beberapa dukungan tambahan seperti speaker yang mampu mengeluarkan suara yang keras karena memiliki fitur 200% Super Volume. Terdapat juga teknologi penyetelan suara dari DTS maupun Hi-Res Audio.

5. Kamera Depan Beresolusi Tinggi

Bersama kamera utama yang mempunyai spesifikasi seperti kebanyakan ponsel di kelasnya, Infinix Hot 40i juga dilengkapi lensa depan beresolusi 32MP. Perangkat tersebut memungkinkan kita mengambil gambar selfie berukuran tinggi.

Secara teknis, gambar yang dihasilkan dari kamera beresolusi tinggi bakalan terlihat lebih tajam meskipun diperbesar beberapa kali. Bahkan tidak akan mudah pecah apabila kita mencetaknya ke dalam media berukuran besar sekalipun.

Kekurangan Infinix Hot 40i

1. Masih Android 13

Kekurangan dari perangkat tersebut terletak pada sistem operasi yang digunakannya. Meskipun meluncur di Tahun 2024, Infinix Hot 40i sayangnya masih menggunakan Android 13 di mana padahal sudah ada versi yang lebih mutakhir.

Memang belum terlalu ketinggalan, tetapi Android 13 tentu belum mendukung beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh versi lebih baru. Maka dari itu Infinix Hot 40i yang membalutnya dengan antarmuka XOS 13.5 pun juga demikian.

2. Jaminan Pembaruan Dipertanyakan

Terlebih lagi, jaminan pembaruan sistem yang ditawarkan oleh Pihak Infinix belum terlihat jelas. Kita tidak tahu apakah Infinix Hot 40i masih bisa mencicipi sistem operasi yang lebih baru atau tidak selama beberapa tahun ke depan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar