ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menambah Kapasitas RAM HP Xiaomi dengan Memory Extension!

Cara Menambah RAM HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Supaya dapat memberikan pengalaman pemakaian yang lebih lancar, berbagai macam ponsel di masa sekarang dilengkapi dengan fitur untuk mengekspansi kapasitas RAM secara virtual.

Ponsel-ponsel baru buatan Xiaomi pun juga menawarkan dukungan serupa. Lewat MIUI 12.5 yang diperkenalkan beberapa tahun lalu, antarmuka sistem mereka memperkenalkan sebuah fitur yang disebut Memory Extension.

Dengan fitur Memory Extension, kita pun dapat menambah kapasitas RAM di dalam ponsel-ponsel buatan Xiaomi secara lebih mudah. Kita dalam hal ini dapat memanfaatkan dukungan tersebut kurang lebih dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Menambah RAM HP Xiaomi

  • Masuk ke halaman Settings.
  • Cari dan buka menu pengaturan Additional settings.
    Cara Menambah RAM HP Xiaomi - 1
  • Pilih menu Memory extension.
    Cara Menambah RAM HP Xiaomi - 2
  • Ketuk opsi tambahan RAM yang diperlukan.
    Cara Menambah RAM HP Xiaomi - 3
  • Ketuk tombol Reboot jika diminta memuat ulang.
    Cara Menambah RAM HP Xiaomi - 4

Menambahkan RAM dengan memori virtual memang cukup penting untuk sebagian orang. Dengan kapasitas yang mencukupi, kita soalnya dapat mengoperasikan ponsel dengan lancar meskipun banyak aplikasi atau layanan yang berjalan di belakang layar.

Hanya saja untuk menggunakan dukungan ini, kita memang harus memastikan bahwa media internal milik perangkat mempunyai ruang kosong berukuran luas. Fitur memory extension Xiaomi soalnya akan memanfaatkan sebagian penyimpanan untuk membuat tambahan RAM.

Kalau memang hanya mempunyai ruang penyimpanan yang sedikit, justru kita lebih baik mematikan fitur ini. Pemakaian Memory Extension saat internal penuh soalnya dapat menghambat kinerja perangkat alih-alih membuat pemakaiannya semakin lancar.

Yang cukup menarik, fitur Memory Extension milik Xiaomi kini memungkinkan kita mengatur sendiri kapasitas memori tambahan yang ingin digunakan. Jadi kita dapat menyesuaikan berdasarkan kebutuhan atau ketersediaan ruang penyimpanan.

Namun perlu diketahui, fitur Memory Extension di ponsel Xiaomi tentu mempunyai pilihan konfigurasi tambahan yang berbeda-beda untuk setiap model perangkat. Biasanya bergantung pada ketersediaan memori dengan kapasitas maksimal mengikuti RAM fisiknya.

Misalnya pada perangkat dengan RAM fisik 8GB, pengaturan maksimal memory extension biasanya hanya sampai 8GB sedang model berkapasitas 6GB hanya sampai 6GB. Bahkan dalam hal ini bisa kurang tergantung penyesuaian yang diberikan oleh perusahaan.

Selain pada ponsel-ponsel buatan Xiaomi, fitur penambah RAM juga hadir pada berbagai macam merek. Hanya saja penamaan dan cara pemakaiannya bisa berbeda di mana seperti RAM Expansion untuk OPPO, Extended RAM untuk vivo, atau RAM Plus untuk Samsung.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar