Smartphone Tips dan Trik

Tambah Kapasitas RAM di Handphone Xiaomi dengan Fitur Memory Extension!

Cara Menambah Kapasitas RAM Handphone Xiaomi dengan Memory Extension

Gadgetren – Xiaomi secara resmi telah menghadirkan sistem modifikasi MIUI 12.5 pada beberapa handphone buatannya yang membawa beragam fitur baru.

MIUI 12.5 sendiri merupakan sistem operasi Android 11 yang telah dimodifikasi oleh Xiaomi sehingga menghadirkan tampilan antarmuka, fitur, dan fungsi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para penggemarnya.

Mengikuti tren saat ini, MIUI 12.5 pun mempunyai fitur baru bernama Memory Extension yang memungkinkan kamu dapat menambahkan lagi kapasitas RAM hingga mencapai RAM 3 GB.

Memory Extension akan meminjam ruang kosong pada penyimpanan internal untuk diubah menjadi RAM Virtual. Misalnya saja handphone Xiaomi milikmu mempunyai RAM fisik sebesar 8 GB, maka berkat hadirnya fitur ini memungkinkan RAM memiliki kapasitas total mencapai 11 GB.

Penambahan kapasitas RAM tersebut tentunya akan berimbas pada kinerja sistem handphone yang mampu menjalankan lebih banyak lagi aplikasi atau game secara multitasking.

Sebagai catatan, penyimpanan internal pada handphone Xiaomi masa kini telah menggunakan teknologi UFS 2.0 atau versi di atasnya yang mempunyai kecepatan tinggi sehingga cocok untuk dijadikan RAM Virtual.

Jika handphone Xiaomi kamu sudah menjalankan MIUI 12.5 dan ingin menambah RAM menggunakan fitur Memory Extension, maka kamu bisa mengikuti panduannya sebagai berikut.

Cara Menambah Kapasitas RAM dengan Memory Extension

  1. Pastikan handphone Xiaomi kamu telah menggunakan MIUI 12.5 atau versi di atasnya
  2. Buka aplikasi Settings
  3. Masuk ke menu Additional Settings
  4. Pilih menu Memory Extension
  5. Tekan tombol toggle untuk mengaktifkan fitur Memory Extension
  6. Restart handphone agar sistem melakukan penyegaran
  7. Nantinya kapasitas RAM secara otomatis akan bertambah

Memory Extension Xiaomi

Proses untuk mengaktifkan fitur Memory Extension terbilang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan pengguna awam sekalipun. Meskipun sudah banyak perangkat yang mendapatkan MIUI 12.5, namun tentunya proses update dilakukan Xiaomi secara bergulir sehingga kamu harus bersabar apabila belum mendapatkannya.

Sebenarnya tidak hanya Xiaomi saja yang memiliki fitur ini. Beberapa vendor terlihat sudah membawa fitur serupa seperti vivo dengan fitur Extended RAM, OPPO dengan Memory Expansion, dan Samsung dengan RAM Plus.

Tinggalkan Komentar