ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi, Bisakah?

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi - Header

Gadgetren – Karena menggunakan sistem Android, memasang aplikasi ke ponsel besutan Xiaomi tentu bisa dilakukan dengan sangat mudah oleh sebagian orang di mana termasuk mereka yang masih awam.

Hanya saja tidak menutup kemungkinan, kadang-kadang bisa muncul sejumlah kendala yang membuat aplikasi gagal terpasang di ponsel Xiaomi. Jadi pada akhirnya kita tidak dapat menikmati layanan atau fungsi yang ditawarkan.

Saat hal tersebut terjadi, kita pun akan disibukkan untuk mencari solusi yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Minimal kita setidaknya harus mencari penyebab mengapa aplikasi tidak bisa terpasang di ponsel Xiaomi yang dimiliki.

1. Memastikan Kompabilitas Aplikasi

Kompabilitas ponsel menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat kita ingin memasang aplikasi. Apabila perangkat yang digunakan tidak mendukung, aplikasi pun tidak akan dapat terpasang atau digunakan sebagaimana mestinya.

Banyak kasus pemasangan aplikasi yang gagal disebabkan oleh masalah kompabilitasnya. Perangkat harus memiliki spesifikasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan mulai dari versi sistem operasi Android, kapasitas RAM, chipset, hingga bahkan tingkat kedalaman layarnya.

Kita pun perlu memastikan kompabilitas ini apabila gagal memasang aplikasi ke dalam ponsel Xiaomi. Kita dapat mengeceknya lewat halaman web pengembang bersangkutan, halaman produk di Google Play Store, hingga ulasan dari pihak ketiga.

2. Memperbarui Sistem Operasi

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian About phone.
    Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi - 1
  • Pilih menu MIUI Version.
    Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi - 2
  • Ketuk Check for updates.
    Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi - 3
  • Pasang pembaruan terakhir jika tersedia.

Salah satu hal yang bisa dikerjakan ketika pemasangan gagal karena sistem operasi tidak sesuai dengan kebutuhan minimal aplikasi adalah mencoba melakukan pembaruan. Siapa tahu kita sebenarnya masih kebahagiaan Android yang mendukung aplikasi berkaitan.

3. Mengosongkan Penyimpanan

Selain karena tidak kompatibel dengan perangkat yang digunakan, pemasangan aplikasi juga bisa gagal apabila ruang penyimpanan ponsel penuh. Mengosongkannya pun tentu dapat menjadi solusi yang perlu dilakukan jika hal tersebut terjadi pada kamu.

Untuk mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel Xiaomi, ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Termasuk di antaranya meliputi mencopot aplikasi yang jarang digunakan, menghapus foto hingga video yang tidak diperlukan, atau memindahkan data-data yang dianggap masih penting ke media lain.

4. Mengecek Sambungan Internet

Mengecek koneksi internet juga perlu dipertimbangkan saat kita gagal memasang aplikasi ke ponsel Xiaomi. Selama proses instalasi, beberapa metode pemasangan seperti lewat Google Play Store soalnya perlu mengunduh berkas dari server.

Tanpa koneksi internet yang mumpuni, proses pengunduhan berkas bisa saja tidak berjalan sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan pemasangan aplikasi gagal dilakukan. Sebagian kasus untungnya bisa dilanjutkan tanpa perlu mengunduh dari awal, namun pada saat aplikasi pertama kali dijalankan.

Dalam hal ini, kita bisa mencoba menghidupkan lalu mematikan mode pesawat yang mana sering kali berhasil memperbaiki kualitas jaringan internet di sebuah ponsel. Namun jika belum cukup maka kita pun perlu beralih ke jaringan WiFi atau operator seluler dengan sambungan lebih baik.

5. Mencari Versi Aplikasi yang Kompatibel

Pengembangan aplikasi memang bisa membawa sejumlah manfaat mulai dari fitur baru hingga tampilan yang lebih ramah. Hanya saja sayangnya, kadang-kadang akan diikuti dengan berhentinya dukungan terhadap perangkat lawas akibat tidak adanya fitur tersedia maupun lainnya.

Oleh karenanya, kita mungkin akan menjumpai beberapa aplikasi yang semula dapat terpasang di ponsel menjadi tidak bisa. Hal ini pun kemungkinan terjadi karena dukungan untuk perangkat terkait sudah mulai dihentikan oleh pengembang.

Sebagai salah satu solusi, kita pun dapat memasang versi lawas dari aplikasi yang diinginkan. Hanya saja kita umumnya perlu melakukan pencarian di toko aplikasi pihak ketiga karena layanan resmi seperti Google Play Store atau Get App sudah tidak menyediakannya.

6. Beralih ke Aplikasi Lain

Alternatif lainnya, kita dapat beralih ke aplikasi yang mempunyai fungsi serupa. Terutama apabila versi lawas yang dulu masih kompatibel dengan perangkat sudah tidak dapat digunakan karena layanan memerlukan dukungan mutakhirnya.

Apabila aplikasi tidak bisa tergantikan dan kita benar-benar memerlukan dukungannya, kita pun perlu mempertimbangkan untuk membeli perangkat yang baru. Kita di antaranya dapat melirik jajaran ponsel dari Xiaomi yang senantiasa dimutakhirkan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar