ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menghapus Cache dan Data Aplikasi di Handphone Xiaomi Buat Atasi Masalah

Cara Menghapus Cache dan Data Aplikasi di Hp Xiaomi - Header

Gadgetren – Berbagai macam masalah yang muncul di handphone berbasis sistem operasi Android kadang kala muncul hanya karena adanya penumpukan cache dan data akibat pemakaian aplikasi.

Saat mengalami sejumlah masalah di handphone Android, kita makanya bisa mempertimbangkan untuk membersihkan cache dan data aplikasi terlebih dulu. Baru setelahnya bisa mencoba mencari solusi lain jika cara tersebut gagal.

Seperti apa yang kita tahu, aplikasi secara umum akan berusaha menyimpan cache dan data di media penyimpanan internal supaya tidak memproduksi apa yang diperlukan secara berulang-ulang. Tujuannya untuk mempercepat berbagai macam proses yang ditawarkan.

Hanya saja sebagai akibatnya, penumpukan cache dan data menjadi sebuah hal yang tidak bisa dihindari. Jika terjadi ketimpangan dengan apa yang dibutuhkan oleh sistem atau aplikasi, padahal bisa menyebabkan beberapa masalah.

Menghapus cache dan data aplikasi Android untungnya sangat mudah. Kamu yang menggunakan perangkat buatan Xiaomi secara khusus dapat mengikuti langkah-langkah berikut jika belum bisa melakukannya.

Cara Menghapus Cache dan Data Aplikasi di Handphone Xiaomi

Lewat Pengaturan

  • Buka Settings
  • Masuk ke halaman Apps
  • Pilih Manage Apps
  • Gunakan kolom penelusuran untuk mencari aplikasi yang diinginkan
  • Klik aplikasi tersebut untuk membuka halaman App info
    Cara Menghapus Cache dan Data Aplikasi di Hp Xiaomi - 1
  • Ketuk tombol Clear data di bagian bawah
  • Pilih Clear all data atau Clear cache sesuai kebutuhan
  • Konfirmasi dengan menekan tombol OK
    Cara Menghapus Cache dan Data Aplikasi di Hp Xiaomi - 2

Kita bisa memakai cara ini untuk menghapus cache dan data untuk aplikasi secara satu per satu. Biasanya, kita bisa memanfaatkannya untuk mengatasi permasalahan pada sebuah layanan tanpa perlu takut mempengaruhi aplikasi yang lain.

Cara menghapus cache dan data ini juga termasuk metode yang paling umum digunakan. Meskipun antarmuka tampilan setiap perangkat akan berbeda-beda, kita pun bisa menerapkannya pada kebanyakan handphone Android meski membutuhkan penyesuaian langkah.

Secara khusus untuk cache, kita juga bisa menghapusnya dengan menggunakan aplikasi Security selain lewat halaman pengaturan. Berikut langkah lebih lengkap untuk melakukannya.

Lewat Security

  • Buka daftar aplikasi
  • Cari dan ketuk ikon Security
  • Di halaman utama Security, buka menu Cleaner
  • Tunggu pemindai data selesai
  • Ketuk tombol Clean Up
    Cara Menghapus Cache dan Data Aplikasi di Hp Xiaomi - 3

Selain menggunakan kedua cara di atas, sebenarnya masih ada metode yang bisa digunakan karena beberapa aplikasi mempunyai fitur untuk menghapus cache dan datanya sendiri. Kita bisa memanfaatkannya walaupun langkah-langkah yang diperlukan tentu akan berbeda-beda.

Contoh aplikasi yang mendukung fitur menghapus cache salah satunya Instagram dan Google Chrome. Kamu dapat mencari tahu cara menggunakannya di halaman bantuan yang disediakan oleh pengembang untuk masing-masing produk tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar