ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Ini 12 Fitur AI di Seri Samsung Galaxy S24, Edit Foto dengan Canggih hingga Terjemahan Telepon

Samsung Galaxy S24 Ultra - Generative Wallpaper

Gadgetren – Seri Samsung Galaxy S24 yang baru-baru ini dirilis layaknya handphone flagship menghadirkan berbagai spesifikasi yang mencengangkan terutama untuk model tertingginya yaitu Galaxy S24 Ultra.

Di samping itu, yang menarik adalah Samsung kali ini menyematkan beragam fitur kecerdasan buatan (AI) di dalam seri Galaxy S24 untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan AI ini meliputi pengeditan foto, penerjemahan bahasa secara langsung, hingga membuat transkrip rekaman. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai fitur-fitur AI yang ada di seri Galaxy S24.



Circle to Search

Fitur AI yang menurut saya paling menarik di seri Galaxy S24 adalah Circle to Search, hasil kolaborasi antara Samsung dengan Google. Dengan fitur ini, mencari informasi dari berbagai objek di sekitar ataupun dari foto di handphone jadi sangat mudah.

Cukup menekan tombol Home atau garis Gesture Hint di bawah layar handphone agak lama lalu melingkari objek yang ingin dicari. Setelah itu handphone dengan cerdas akan mencari informasi mengenai objek tersebut.

Ketika saya coba hasilnya memang sangat akurat. Bahkan fitur ini bisa dengan tepat memberikan informasi di mana foto jalan-jalan saya dijepret padahal tidak ada landmark yang jelas pada foto tersebut. Fitur ini juga membuat saya jadi lebih mencari informasi tentang pakaian yang digunakan oleh orang lain termasuk harga dan di mana bisa saya beli.

Generative Edit

Samsung Galaxy S24 Ultra - Generative Edit

Pasti kamu pernah mengalami situasi di mana foto-foto di tempat wisata terganggu oleh objek seperti tong sampah atau terhalang oleh orang lain. Nah kabar baiknya adalah AI di seri Galaxy S24 dapat dengan mudah memperbaiki foto-foto seperti itu.

Kita hanya perlu melingkari atau menekan objek yang mengganggu pada foto, lalu hapus. Tentunya akan terlihat aneh jika bekas objek pada foto meninggalkan area yang kosong. Nah tenang saja, karena tinggal handphone ini dapat mengisi area yang kosong dengan gambar hasil AI sehingga foto tetap terlihat utuh.

Selain menghapus objek pada foto, fitur ini juga bisa digunakan untuk menggeser atau memperbesar objek sesuai keinginan. Bahkan kita juga bisa memperbaiki gambar yang miring dengan fitur ini. Tinggal diputar saja fotonya hingga terlihat lurus dan lalu handphone ini akan menambal bagian sisi yang kosong dengan gambar buatan AI.

Tentunya gambar yang diproduksi oleh AI ini terkadang ada saja yang terlihat aneh. Tapi jika tujuan fotonya adalah untuk dibagikan ke media sosial, hasilnya sudah terlihat cukup baik apalagi melihat proses pengeditannya tergolong tidak bikin repot.

Object Eraser

Fitur lain yang bermanfaat untuk edit foto di seri Galaxy S24 adalah Object Eraser. Dengan fitur ini kita bisa dengan mudah menghapus bayangan yang mengganggu pada foto menggunakan Erase Shadows serta menghilangkan pantulan yang muncul pada kaca menggunakan Erase Reflection.

Galaxy S24 akan secara cerdas menganalisa foto untuk mengidentifikasi bayangan atau pantulan yang mengganggu dan kemudian dihapus. Handphone ini akan mengisi area bekas bayangan pada foto dengan gambar buatan AI sehingga hasil fotonya tetap terlihat bagus.

Edit Suggestion

Ketika kita sedang melihat sebuah foto di aplikasi Gallery, seri Galaxy S24 bisa memberi masukan melalui fitur Edit Suggestion untuk mengedit foto tersebut dengan efek tertentu. Misalnya diberi efek bokeh untuk foto yang ada wajahnya, timelapse untuk foto pemandangan, atau Remaster untuk meningkatkan kualitas keseluruhan foto.

Fitur Erase Shadows dan Erase Reflection yang sebelumnya dibahas juga bisa secara otomatis disarankan oleh aplikasi Gallery ini ketika kita melihat foto tertentu. Berkat fitur ini, mengedit foto di seri Galaxy S24 bisa jadi lebih cepat dan efisien.

Instant Slow-Mo

Tak hanya untuk foto, teknologi AI di seri Galaxy S24 juga bisa mengubah video biasa menjadi video slow motion dengan fitur Instant Slow-Mo. Kita hanya perlu menekan agak lama sebuah video yang ditonton melalui aplikasi Gallery dan secara otomatis handphone ini bisa menampilkan versi slow motion dari video tersebut.

Hasil slow motion ini pun bisa dibuat permanen dengan pilihan kecepatan 1/2, 1/4, atau 1/8 dari aslinya. Yang membuat fitur ini berbeda dibandingkan melambatkan video dengan aplikasi video editor biasa adalah AI pada seri Galaxy S24 akan menyisipkan frame secara cerdas agar hasil video tidak terlihat patah-patah.

Dari pengalaman saya, hasil Instant Slow-Mo akan terlihat lebih baik jika sumber video direkam pada 60FPS. Jika direkam pada 30FPS, saya menemukan adanya efek aneh seperti misalnya kepala seseorang yang sedang naik motor tiba tiba hilang lalu muncul lagi.

Generative Wallpaper

Samsung Galaxy S24 Ultra - Generative Wallpaper

Selain menyediakan wallpaper bawaan, seri Galaxy S24 memiliki fitur menarik untuk membuat wallpaper sendiri dengan AI melalui Generative Wallpaper. Kita bisa membuat wallpaper mulai yang menghayal seperti lampu yang terbuat dari bunga hingga yang lebih realistis seperti pemandangan pantai.

Cara kerja fitur ini adalah dengan memilih kriteria wallpaper yang diinginkan dari beberapa pilihan yang tersedia lalu handphone akan membuat wallpaper tersebut menggunakan AI. Wallpaper yang dihasilkan oleh fitur ini terlihat menarik dan cocok untuk menghiasi tampilan handphone.

Writing Assist

Jika fitur sebelumnya berkaitan dengan gambar dan video, nah fitur yang satu ini bakal bermanfaat jika ingin chatting dengan orang dari negara lain yaitu Writing Assist. Salah satu kemampuan fitur ini adalah bisa menerjemahkan chat secara langsung di aplikasi seperti WhatsApp.

Menariknya fitur ini bisa mendeteksi bahasa lawan bicara saya secara otomatis dan saya cukup mengetik chat untuk kemudian diterjemahkan ke bahasa tersebut. Layar Galaxy S24 akan menampilkan chat yang saya kirim dalam bahasa yang saya gunakan berikut dengan terjemahannya, begitu juga dengan chat yang dikirim oleh lawan bicara saya.

Selain itu fitur Writing Assistant juga dapat memeriksa pengejaan dan memberikan pilihan gaya penulisan. Namun saya merasa alternatif gaya penulisan yang dihasilkan terasa kurang natural.

Transcribe Assist

Samsung Galaxy S24 Ultra - Transcript

Kalau kamu kerjaannya sering mencatat rapat atau interview, fitur Transcribe Assist akan menarik perhatian kamu. Fitur yang terdapat dalam aplikasi Voice Recorder Galaxy S24 ini bisa membuat transkrip dari hasil rekaman secara otomatis dengan AI. Hasil transkripnya pun cukup akurat walau tentu tergantung pada kejernihan rekaman dan logat pembicara.

Selain itu Transcribe Assist juga dapat membedakan antara satu pembicara dengan pembicara lain. Fitur ini juga dapat menerjemahkan transkrip ke bahasa lain dan membuat rangkumannya.

Live Translate

Ketika kita bingung ingin booking restoran di negara lain yang bahasanya tidak kita mengerti melalui telepon, Galaxy S24 punya solusinya yaitu Live Translate. Komunikasi melalui telepon bisa dengan pintar diterjemahkan secara langsung oleh Galaxy S24 di mana ucapan dari lawan bicara akan diterjemahkan ke bahasa yang kita mengerti dan sebaliknya.

Untuk menghindari kebingungan karena campur aduk bahasa, fitur ini dapat menonaktifkan suara asli kita dan juga suara lawan bicara sehingga yang terdengar hanyalah suara hasil terjemahan.

Interpreter

Untuk situasi di mana orangnya ada di depan kita, Galaxy S24 memiliki fitur lain yakni Interpreter yang bisa diakses melalui panel Quick Settings. Fitur ini bisa merekam percakapan antara kita dengan lawan bicara dan ketika percakapan selesai akan langsung diterjemahkan ke bahasa yang dituju.

Hasil terjemahan akan ditampilkan dalam bentuk teks dan disuarakan untuk memudahkan komunikasi. Ketika salah satu pembicara selesai berbicara, fitur ini akan standby untuk merekam pembicara lain, begitu terus berulang ulang prosesnya.

Sayangnya terjemahan yang dihasilkan oleh fitur ini kadang tidak akurat sehingga bisa menimbulkan resiko miskomunikasi. Ditambah lagi fitur-fitur terkait terjemahan yang sebelumnya disebut termasuk Interpreter belum mendukung bahasa Indonesia. Samsung mengatakan baru akan menyediakan dukungan bahasa Indonesia pada kuartal dua tahun 2024 ini.

Note Assist

Samsung Galaxy S24 Ultra

Kalau kamu sering membuat catatan di handphone dan catatannya agak berantakan, nah ada fitur yang wajib kamu coba di aplikasi Samsung Note pada seri Galaxy S24 yaitu Note Assist.

Fitur ini bisa memperbaiki catatan kamu dari yang tadinya berantakan menjadi lebih mudah dibaca dan juga dapat dirangkum catatannya sehingga kamu bisa langsung membaca poin pentingnya. Selain itu fitur ini bisa membuat cover catatan berdasarkan isinya sehingga catatan kamu terlihat lebih menarik.

Sayangnya ada satu kelemahan utama yaitu Samsung Notes untuk saat ini hanya dapat diedit di perangkat Samsung saja. Ada solusinya tapi sebatas hanya untuk baca catatan saja yakni dengan mensinkronkan data Samsung Notes ke Microsoft Outlook dimana nantinya catatan tersebut akan muncul di OneNote Feed.

Browsing Assist

Browser Internet bawaan seri Galaxy S24 memiliki fitur Browsing Assist yang mana bisa menerjemahkan konten pada sebuah halaman website ke bahasa lain dan juga merekap konten agar kita bisa mencerna isinya dengan cepat.

Dari pengalaman saya, hasil rekapan konten dengan fitur ini lebih cocok untuk konten web seperti berita. Untuk konten panjang seperti review, hasilnya jadi terlalu ringkas dan banyak yang terlewati.

Nah itu dia berbagai fitur AI di seri Samsung Galaxy S24. Kabarnya fitur-fitur ini juga akan tersedia di perangkat flagship Samsung keluaran tahun 2023 namun belum jelas juga fitur mana saja yang akan dibawa.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar