ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Smartphone

Gratis Double Storage, Samsung Galaxy S24 Series dengan Galaxy AI Rilis di Indonesia

Samsung-Galaxy-S24-Series-Indonesia

Gadgetren – Setelah menggelar ajang Galaxy Unpacked 2024 dan melaksanakan program pre-order untuk ponsel seri Galaxy S24 terbarunya, akhirnya Samsung Electronics Indonesia resmi merilis Galaxy S24, Galaxy S24 Plus dan Galaxy S24 Ultra.

Seri Galaxy S24 masih bisa dipesan di Indonesia hingga tanggal 6 Februari 2024 mendatang melalui situs samsung.com/id dengan beragam promo menarik seperti gratis double storage senilai hingga Rp4 juta yang memungkinkan pembeli dapat meminang Galaxy S24 Ultra versi 512GB dengan harga setara versi 256GB.

Pembeli juga akan mendapatkan cashback melalui mekanisme tukar tambah atau trade-in dari seri Galaxy S sebelumnya dengan nilai mencapai Rp2,5 juta dan cashback senilai Rp1,5 juta dari rekanan bank. Selain itu, selama pre-order juga akan mendapatkan e-SIM XL exclusive offer berupa gratis 120GB Data Plan selama 1 tahun.

Soal harga, Galaxy S24 dibanderol mulai Rp13.999.000 untuk RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. Kemudian Galaxy S24 Plus dilepas dengan harga mulai Rp16.999.000 untuk RAM 12GB dan penyimpanan 256GB. Lalu untuk varian tertinggi Galaxy S24 Ultra dihargai mulai Rp21.999.000 untuk RAM 12 dan penyimpanan 256GB.

Melalui seri Galaxy S24, Samsung membawa fitur baru berupa Galaxy AI yang akan juga dihadirkan pada tablet dan ponsel seri Galaxy lainnya ke depan. Galaxy AI pada seri Galaxy S24 menawarkan fitur-fitur berbasis AI yang dapat memudahkan aktivitas menggunakan ponsel jadi lebih cepat dan efisien.

Adapun fitur-fitur Galaxy AI pada seri Galaxy S24 antara lain Circle to Search dari Google, Chat Assist, Note Assist, Web Assist, hingga Live Translate. Circle to Search menawarkan kemudahan kepada pengguna untuk mengetahui segala macam hal hanya dengan menggunakan foto dan video saja.

Samsung Galaxy S24 Ultra - Circle to Search

Cukup dengan mengakses tombol Home agak lama lalu melingkari objek yang diinginkan untuk memunculkan sumber informasi terkait misalnya ingin mengetahui nama merk tas, sepatu, dan lainnya. Kemudian fitur Chat Assist memungkinkan pengguna dapat menerjemahkan chat secara instan tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, fitur Note Assist memungkinkan pengguna dapat menyusun ringkasan dari catatan yang panjang pada aplikasi Note di seri Galaxy S24 sehingga akan memakan waktu lebih singkat untuk merangkumnya. Fitur ini dapat merekomendasikan format atau template note sehingga menjadi lebih enak dilihat hingga disertakan pula cover note yang memberi preview singkat untuk setiap catatan agar lebih mudah dikenali.

Selanjutnya fitur Web Assist di seri Galaxy S24 disebut dapat membantu pengguna membuat ringkasan materi yang akan digunakannya dari suatu halaman web. Dengan Web Assist, pengguna dapat mencari artikel di berbagai situs lalu menghasilkan ringkasan dari sumber tersebut sesuai kebutuhan termasuk membuat terjemahannya jika diperlukan.

Fitur Live Translate dengan AI dapat membantu pengguna menerjemahkan bahasa secara langsung ketika melakukan panggilan telepon dengan orang lain yang berbahasa asing. Di samping mengunggulkan fitur Galaxy AI, seri Galaxy S24 juga mendukung fitur kamera HDR yang disebut dapat menghasilkan foto selfie lebih cerah dan jernih.

Samsung Galaxy S24 Ultra

Saat melakukan preview di galeri perangkat, pengguna juga dapat mengedit foto menggunakan AI untuk menghasilkan foto yang lebih realistis, cerah, berwarna, dan tajam sehingga dapat dibagikan ke media sosial untuk beragam kebutuhan hingga untuk membuat konten profesional.

Lebih detail, Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus secara fisik memiliki bingkai aluminium setara bahan untuk pembuatan pesawat luar angkasa sedangkan Galaxy S24 Ultra menggunakan bingkai bahan titanium. Meneruskan ciri khas dari lini keluarga Samsung Galaxy Note yang kini sudah tidak tersedia, Galaxy S24 Ultra juga membawa dukungan S Pen bawaan yang bisa disimpan di dalam bodi. Namun untuk Galaxy S24 dan Galaxy S24+ tidak membawanya.

Soal performa seri Galaxy S24 memiliki jeroan yang berbeda. Galaxy S24 dan Galaxy S24+ menggunakan chipset Samsung Exynos 2400 sedangkan Galaxy S24 Ultra mengandalkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 For Galaxy. Baterai dari Galaxy S24 menggunakan kapasitas 4.000mAh, Galaxy S24+ berkapasitas 4.900mAh, serta Galaxy S24 Ultra  memiliki daya 5.000mAh.

Samsung Galaxy S24 Ultra

Ketiganya sama-sama menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X yang mempunyai tingkat kecerahan sampai 2.600nit dan refresh rate adaptif 1-120Hz. Layar Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus memiliki perbedaan dengan ukuran 6,2 inci dan 6,7 inci secara berurutan sedangkan Galaxy S24 Ultra memiliki ukuran 6,8 inci.

Dukungan proteksi lapisan pada Galaxy S24 Ultra sudah menggunakan Corning Gorilla Armor yang tak hanya menawarkan perlindungan tetapi juga dapat mengurangi tingkat pantulan cahaya. Kemudian Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus menggunakan Corning Gorilla Victus 2.

Saat Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus menggunakan lensa utama hanya 50MP, Galaxy S24 Ultra sebagai varian tertinggi mempunyai lensa utama 200MP. Sementara ketiganya sama-sama membawa dukungan lensa ultrawide 12MP, telefoto 3x Optical Zoom 10MP, dan depan 12MP. Tak hanya itu, Galaxy S24 Ultra juga turut menawarkan lensa telefoto 5x Optical Zoom beresolusi 50MP yang tidak tersedia pada kedua adiknya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar