ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Membatalkan Otorisasi TikTok Agar Tidak Terintegrasi Lagi

Cara Membatalkan Otorisasi TikTok Header

Gadgetren – Platform video singkat TikTok memungkinkan penggunanya memiliki akun privat dan akun bisnis untuk keperluan berbeda.

Akun privat hanya biasanya hanya digunakan untuk konsumsi pribadi atau hiburan sementara akun bisnis dapat sekaligus membuat branding atas untuk produk dan jasa yang ingin dipasarkan.

Pemilik akun bisnis jika sudah memiliki branding dan jumlah pengikut yang banyak biasanya pada video-video yang sudah dibuat ditawar oleh TikTok untuk diotorisasikan sekaligus menjadi bagian iklan.

Jika kamu tidak sengaja memberikan otorisasi video ke TikTok dan ingin membatalkannya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai berikut.

Cara Membatalkan Otorisasi TikTok

  1. Buka aplikasi TikTok di ponsel kamu.
  2. Ketuk foto profil di pojok kanan bawah layar.
  3. Ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar.
  4. Ketuk menu Pengaturan dan privasi.otorisasi-TikTok-2
  5. Pilih menu Keamanan.otorisasi-TikTok-1
  6. Pilih menu Kelola izin aplikasi. otorisasi-TikTok-3
  7. Pilih salah satu aplikasi yang ingin diputus hubungannya.
  8. Misalnya membatalkan otorisasi TikTok for Business atau TikTok Shop.
  9. Ketuk Hapus Akses di bawah layar.
  10. Ketuk Hapus lagi.

Setelah membatalkan otorisasi dari TikTok, kamu juga bisa mengembalikan profil akun dari bisnis ke pribadi dengan memilih menu Pengaturan dan privasi lalu masuk ke menu Akun. Kemudian pilih Alihkan ke akun pribadi untuk tidak lagi menjadi akun bisnis.

Otorisasi TikTok sendiri merupakan fitur bawaan TikTok yang diberikan untuk pengguna dengan akun bisnis sehingga kamu tidak perlu khawatir jika menemukan penawaran seperti ini. Bagi kamu yang akunnya sudah terhubung ke akun bisnis atau TikTok Shop biasanya akan ditawarkan otorisasi video dari TikTok.

Namun pastinya beberapa pengguna mungkin ada yang tidak nyaman jika video mereka diotorisasikan atau tidak sengaja menyetujui di awal. Oleh karena itu TikTok memberikan opsi untuk membatalkan otorisasi jika kamu sudah tidak ingin terhubung lagi.

Tentunya jika kamu tidak ingin memanfaatkan fitur-fitur bisnis dari TikTok, maka sebaiknya sebagai pengguna biasa tetap menggunakan akun privat saja karena memang masing-masing jenis akun ada tujuannya tersendiri.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar