Aplikasi Tips dan Trik

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop Jika Tidak Jadi Beli Barang

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – TikTok merupakan salah satu jejaring sosial berbasis video pendek yang semakin banyak digunakan orang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Menariknya, pengguna sudah bisa menghasilkan uang lewat berbagai cara yang disediakan oleh TikTok seperti pembuatan konten yang bekerja sama dengan brand, live streaming, affiliate produk, hingga berjualan online.

Dengan kata lain, kamu yang bukan pembuat konten dapat berbelanja produk di TikTok yang dijual oleh pengguna lain dengan mengunjungi halaman Shop miliknya.  Apalagi kamu bisa melakukan pembayaran dengan beragam metode mudah mulai dari GoPay, Transfer Bank, DANA, kartu debit, kartu kredit, OVO, Indomaret, Alfamart, hingga Cash on Delivery (pembayaran di tempat).

Namun terkadang setelah memilih produk dan hampir melakukan pembayaran, kamu mungkin berubah pikiran karena menemukan barang dengan harga yang lebih terjangkau sehingga ingin membatalkan pesanan tersebut.

Untungnya kamu bisa membatalkan pesanan yang telah dilakukan di TikTok selama masih belum masuk ke proses pengiriman oleh penjual. Tampilannya memang berbeda dibandingkan e-commerce pada umumnya, namun masih sangat mudah untuk dilakukan.

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

  1. Buka aplikasi TikTok dan login ke akun kamu
  2. Pada aplikasi, pilih menu Profile berikon orang
  3. Tekan tombol Options berikon tiga garis di bagian kanan atas
  4. Pilih menu Orders pada halaman Settings and privacy
  5. Kamu akan melihat semua pesanan produk pada tab All
  6. Pilih salah satu produk yang telah dipesan
    TikTok Pembatalan Pesanan 1
  7. Pada halaman Awaiting payment, tekan tombol Cancel
  8. Nantinya kamu dapat memilih alasan kenapa dibatalkan pada kotak dialog Tell us why you canceled
  9. Tekan tombol Submit untuk melanjutkan
  10. Pesanan kamu pun secara otomatis akan dibatalkan
    TikTok Pembatalan Pesanan 2

Menu Orders atau pembelian produk di aplikasi TikTok memang sejauh ini terlihat cukup tersembunyi sehingga kamu harus melakukan beberapa langkah agar bisa mengakses halaman Orders dan melakukan pembatalan pesanan produk.

Bahkan pada halaman Shop untuk pembelian produk pun tidak muncul di halaman utama sehingga kamu harus mencarinya terlebih dulu melalui kolom pencarian atau terkadang halaman Shop muncul secara acak di halaman Home.

Semoga saja TikTok mulai memikirkan untuk memunculkan halaman Shop di bagian paling awal agar mudah diakses oleh banyak pengguna yang ingin berbelanja dan memberikan pengalaman yang lebih baik..

Tinggalkan Komentar