ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Laptop / PC

3 Cara Melihat Tipe Laptop Acer yang Digunakan

Cara Melihat Tipe Laptop Acer Header

Gadgetren – Acer merupakan salah satu perusahaan teknologi yang sangat populer dalam menjual perangkat komputer, PC, dan laptop.

Sebagian pengguna yang sudah memiliki laptop Acer mungkin sudah lupa mengenai tipe perangkat yang dimilikinya yang mana sangat penting jika ingin mencari driver yang dibutuhkan.

Pada laptop Acer yang menjalankan sistem operasi Windows, menemukan tipe dan model laptop untungnya sangat mudah untuk dilakukan karena bisa memanfaatkan beberapa metode seperti menggunakan dxdiag (DirectX Diagnostic Tool) maupun System Information.

1. Lihat Dari Dus Penjualan

Cara paling mudah untuk melihat tipe laptop Acer tentunya melalui dus penjualan jika masih menyimpannya. Tipe laptop akan ditulis pada bagian samping atau belakang dus tepat berada di dekat barcode, nomor serial, dan spesifikasi umum.

Hadirnya informasi pada dus penjualan tentunya untuk memudahkan pembeli laptop mengetahui tipe laptop beserta spesifikasi penting seperti prosesor, RAM, dan penyimpanan internal yang biasanya menjadi pertimbangan saat memutuskan untuk membeli laptop.

2. Gunakan DirectX Diagnostic Tool

  • Tekan tombol Windows Key berikon Jendela + R secara bersamaan di keyboard.
  • Pada kotak dialog Run, ketik dxdiag.
  • Tekan tombol OK.
  • Pada tab System, kamu dapat melihat tipe laptop Acer pada bagian System Model.

DirectX Diagnostic Tool merupakan sebuah tool diagnosis bawaan sistem operasi Windows yang digunakan untuk menguji fungsionalitas DirectX dan memecahkan masalah komponen terkait video maupun suara.

Nantinya DirectX Diagnostic Tool dapat menyimpan file teks yang merupakan hasil pemindaian dari sistem. Selain itu, kamu juga akan disajikan beragam informasi lainnya dari laptop Acer seperti nama merek, tipe laptop, versi BIOS, prosesor, RAM, GPU, Sound Card, versi Direct X, dan lainnya.

3. Buka System Information

  • Pilih menu Start berikon logo Windows di bagian Taskbar.
  • Pada menu Search, ketik System Information.
  • Halaman utama System Summary akan memperlihatkan informasi tipe laptop Acer.

Selain menggunakan DirectX Diagnostic Tool, kamu juga dapat memanfaatkan fitur System Information yang secara bawaan sudah tersedia pada sistem operasi Windows. System Information fungsinya memang untuk memberikan informasi mengenai perangkat mulai dari hardware, software, kernel, dan lainnya.

Dengan menggunakan salah satu metode tersebut, kamu dapat dengan mudah mengetahui tipe laptop Acer yang digunakan. Tak hanya sampai di situ saja, bahkan kamu dapat mendapatkan informasi juga mengenai prosesor, RAM, versi sistem operais, dan versi BIOS yang ada di dalamnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar