ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Laptop / PC

Cara Download Driver Laptop Acer Sesuai Model Secara Resmi

Cara Download Driver Laptop Acer Header

Gadgetren – Driver merupakan software yang dapat mengizinkan sistem dapat berkomunikasi dengan komponen komputer seperti GPU, touchpad, sensor fingerprint, Bluetooth, dan lainnya.

Oleh karena itu laptop membutuhkan beragam driver supaya dapat berjalan secara optimal, termasuk laptop buatan Acer. Namun kini rata-rata laptop sudah tidak memiliki Disc Drive sehingga tidak terdapat Driver dalam bentuk CD atau DVD.

Jadi kamu harus mengunduhnya langsung dari situs resmi Acer, baik itu untuk memasang Driver yang hilang maupun update ke versi terbaru yang tersedia untuk laptop Acer kamu.

Cara Download Driver Laptop Acer

  1. Kunjungi https://www.acer.com/id-id/support/drivers-and-manuals dengan menggunakan browser.
    Cara Download Driver Laptop Acer Header
  2. Pada halaman Driver dan Manual, masukkan nomor seri, SNID, atau nomor model dari laptop Acer kamu.
  3. Contohnya masukkan nomor model laptop Acer di halaman Search.
  4. Selanjutnya, pilih model yang muncul.
    Driver Acer - Download - 2
  5. Pada halaman Dukungan Produk, pilih tab Driver dan Unduhan.
  6. Pilih Sistem Operasi.
  7. Tekan tombol Unduh pada driver yang ingin kamu download.
    Driver Acer - Download - 3
  8. Buka file yang telah diunduh tersebut.
  9. Selanjutnya, ikuti instruksi instalasi hingga selesai.

Ada baiknya juga kamu mengecek Driver secara berkala pada karena biasanya akan diberikan update versi terbaru untuk perbaikan bug maupun peningkatan performa dari laptop Acer tersebut.

Selain menggunakan nomor model, kamu juga bisa menggunakan nomor seri laptop Acer untuk mencari Driver. Biasanya nomor seri dapat dilihat tepat di bagian bawah laptop atau di dus penjualan.

Sementara untuk mengetahui nomor seri dan SNID dari laptop Acer perlu menggunakan aplikasi tambahan yang bernama Serial Number Detection tool. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur Acer Care Center yang terdapat secara bawaan jika masih tersedia.

Selain dapat digunakan untuk mencari Driver pada situs resmi Acer, kamu juga dapat menggunakan Nomor Seri atau SNID untuk mengetahui sisa masa garansi dari laptop Acer tersebut.

Apabila pada situs resmi Acer tidak muncul dari Driver yang dibutuhkan, kamu mungkin dapat mencarinya langsung di situs resmi komponen yang diinginkan. Akan tetapi ini bisa menyebabkan masalah kompabilitas karena terkadang membutuhkan driver spesifik.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar