Tips dan Trik

Cara Membetulkan Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

cara memperbaiki touchpad di laptop asus header[foto ilustrasi oleh: Pexels]

Bagi para pengguna laptop mungkin ada kalanya mendapatkan situasi di mana touchpad laptop tidak berfungsi dengan baik. Hal ini mungkin terjadi karena kamu baru saja instal ulang sistem operasi atau laptop-nya terkena virus.

Jika touchpad-nya laptop ASUS, ACER, Lenovo, atau yang lainnya tidak berfungsi dengan benar, ada beberapa solusi yang dapat kamu coba seperti berikut ini:

Cara Perbarui Driver Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

  1. Masuk ke Device Manager Windows dengan memencet tombol Windows di Keyboard lalu ketik “device manager” dan pencet Enter.
  2. Cari bagian Your PC dan klik dua kali di “Mice and other pointing devices“.
  3. Cari touchpad kamu lalu klik kanan dan pilih “Update Driver Software…“.
  4. Klik Search automatically for updated driver software dan ikuti langkah-langkahnya

Kemungkinan besar jika touchpad laptop tidak berfungsi dengan baik adalah karena driver-nya tidak ada atau driver-nya rusak. Langkah di atas merupakan salah satu yang dapat dilakukan untuk memperbarui driver touchpad laptop kamu yang tidak berfungsi.

Aktifkan Touchpad yang Tidak Sengaja Dinonaktifkan

Mungkin touchpad kamu tidak berfungsi karena entah kenapa tidak sengaja dinonaktifkan oleh kamu sendiri seperti ketika tidak sengaja menekan kombinasi tombol tertentu di keyboard laptop sehingga menyebabkan touchpad laptop kamu tidak berfungsi.

Jika ini yang terjadi solusinya mudah namun tidak ada jawaban pasti, ini karena tiap mereka laptop bisa berbeda-beda cara yang digunakan untuk mengaktifkan touchpad. Namun jika kamu menggunakan laptop bersistem operasi Windows, bisa mencoba langkah di bawah ini:

  • Pencet tombol Windows di keyboard
  • Ketik Mouse dan klik untuk membukanya
  • Di bagian Device Settings, cari bagian yang mengontrol touchpad kamu dan aktifkan jika di tampilannya touchpad statusnya non aktif.

Perbaiki di Service Center

Jika cara-cara di atas tidak berhasil dalam membetulkan touchpad laptop kamu yang tidak berfungsi, ada kemungkinan kerusakan terjadi di level hardware atau bisa dibilang touchpad kamu rusak. Oleh karena itu akan lebih baik jika laptop kamu dibawa ke pusat perbaikan laptop untuk dicek oleh yang ahli.

Jika touchpad-nya benar-benar rusak dari sisi hardware, ada bagusnya perbaikan tidak dilakukan oleh diri sendiri agar tidak membuat kerusakan yang lebih parah ketika mencoba memperbaiki touchpad. Jika laptop kamu masih terlindungi oleh garansi resmi, seharusnya kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperbaiki touchpad laptop kamu.

Leave a Comment

2 Comments