ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Apa Itu Circle to Search dan Cara Menggunakannya

Apa itu Circle to Search dan Cara Menggunakannya

Gadgetren – Sebelumnya seri Samsung Galaxy S24 membawa fitur Galaxy AI yang memiliki fitur Circle to Search dari Google. Berkat fitur tersebut, pengguna seri Galaxy S24 dapat melakukan pencarian menggunakan Google Search hanya dengan membuat gestur pada sebuah foto ataupun video.

Menariknya tak hanya pada seri Galaxy S24 saja fitur Circle to Search ini bisa digunakan melainkan juga telah tersedia pada handphone buatan Google yakni Pixel 8 dan Pixel 8 Pro yang dirilis pada bulan Oktober tahun 2023 silam.

Google rencananya baru akan meluncurkan fitur Circle to Search secara resmi pada tanggal 31 Januari 2024 mendatang pada handphone berbasis Android tertentu. Pihak Samsung dalam ajang Galaxy Unpacked juga mengungkapkan bahwa fitur ini tak hanya hadir secara eksklusif pada seri Galaxy S24 saja tetapi juga pada handphone Samsung lainnya yang menggunakan One UI 6.1.

Lantas apa itu fitur Circle to Search dan bagaimana cara menggunakannya?

Fitur ini mengusung teknologi Artificial Intelligence (AI) dari Google untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian dengan hanya melingkari sebuah gambar pada layar yang ingin mereka cari lebih jauh informasinya.

Dengan menggunakan teknologi AI, pengguna kini bisa melakukan beragam pencarian melalui mesin Google Search dengan sebuah gestur saja tanpa perlu mengetik atau menggunakan asisten suara Google pada perangkat.

Penggunaannya pun mudah, saat pengguna berada sebuah halaman situs membaca artikel dan melihat sebuah gambar, mereka bisa membuat gestur pada bagian yang membuat mereka ingin mencari informasi lebih jauh.

Gestur yang bisa digerakkan berupa lingkaran, menggaris bawah atau melingkari tulisan, dan membuat arsiran pada gambar tertentu. Kemudian secara otomatis Google akan mengalihkan ke pencarian yang berkaitan dengan gambar yang diberikan gestur tersebut.

Begitu pula saat melihat video YouTube, pengguna dapat melakukan gestur untuk menandai gambar yang mereka ingin ketahui informasinya lebih jauh tanpa harus keluar dari aplikasi. Untuk mengaktifkan fitur Circle to Search sebelum membuat gestur tanda pengguna harus mengetuk tombol Home di bagian tengah bawah layar handphone.

Circle-to-Search

Selanjutnya pengguna dapat menggunakan gestur untuk menandai gambar atau tulisan yang ingin diketahui lebih jauh. Misalnya ingin mengetahui nama produk sebuah sepatu, tas, handphone, dan lainnya.

Informasi lengkap dari gambar tersebut kemudian akan diberikan secara lengkap. Ketika ingin keluar dari pencarian tersebut pengguna dapat menggeser layar dan akan kembali pada halaman Home handphone.

Disisi lain pengguna juga dapat memadukan pencarian Circle to Search dengan pertanyaan yang lebih detail. Sebagai contoh setelah melakukan gestur tanda pada sebuah foto, video atau artikel, pengguna dapat menulis pertanyaan spesifik pada kolom Add to your Search untuk mengetahui informasi yang lebih detail sesuai keinginan mereka.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar