ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 20c, Ponsel yang Komplit

Kelebihan dan Kekurangan Tecno SPARK 20C - Header

Gadgetren – Selain versi reguler, TECNO Mobile juga membuka Tahun 2024 dengan membawa TECNO SPARK 20c yang dibanderol dengan lebih terjangkau ke pasar ponsel entri di Indonesia.

Meskipun mendapatkan beberapa penyesuaian, perangkat satu ini juga tak kalah menarik untuk dipertimbangkan seperti saudaranya. Bahkan masih banyak aspek yang lebih unggul jika dibandingkan dengan berbagai macam ponsel di rentang harganya.

TECNO SPARK 20c sendiri tersedia dalam dua varian memori yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.199.000. Kita dapat mempertimbangkannya jika memerlukan ponsel terjangkau tetapi mempunyai sejumlah keunggulan yang bisa mempermudah setiap aktivitas.

Kelebihan TECNO SPARK 20c

1. Bawa Fitur Mutakhir

Selain masih mempertahankan dukungan esensial seperti jack audio 3,5mm, SIM ganda, dan slot Micro SD yang bisa dipakai bersama dua nomor sekaligus, TECNO SPARK 20c juga membawa sejumlah fitur mutakhir. Perangkat ini bahkan tercatat sudah mengadopsi beberapa fitur dari ponsel-ponsel yang lebih mahal.

Salah satu di antaranya, perangkat ini sudah membawa sensor pemindai sidik jari. TECNO Mobile secara khusus menyematkan dukungan tersebut di sisi samping bersama tombol Power selayaknya tren yang kini sedang berkembang.

Dukungan NFC atau Near-Field Communication yang masih sangat jarang tersedia di ponsel dengan harga kurang dari Rp1,5 juta pun sudah ikut mempersenjatai TECNO SPARK 20c. Jadi kita tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk memperoleh perangkat yang mendukung fitur tersebut.

Sama seperti saudaranya, TECNO SPARK 20c juga dilengkapi dengan speaker stereo ganda. Kemampuannya pun tak boleh diremehkan karena disokong oleh teknologi pemrosesan suara dari DTS yang memungkinkan volume keluar sampai dengan 200 persen.

2. Ditunjang Dukungan Daya Mumpuni

Kita yang memerlukan perangkat untuk menjalani rutinitas sehari-hari juga tak perlu khawatir bakal cepat kehabisan daya ketika memakai ponsel ini. TECNO SPARK 20c soalnya sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh.

Dengan kapasitas 5.000mAh, kita bisa berlama-lama menggunakan perangkat untuk beraktivitas mulai dari berkomunikasi, bekerja, berjejaring di media sosial, hingga bermain game. Baterainya bisa cukup awet dan kita tidak perlu mengisi daya berulang-ulang.

Kalaupun harus mengisi daya, perangkat ini pun sudah mendukung pengisian 18W Fast Charging. Memang tidak secepat teknologi-teknologi yang dibawa oleh perangkat di atasnya tetapi patut disyukuri karena belum banyak ponsel lain di kelasnya memakai dukungan tersebut.

Teknologi 18W Fast Charging setidaknya dapat mengisi daya lebih cepat daripada pengisian standar. Jadi perangkat TECNO SPARK 20c nanti bisa segera digunakan lagi untuk mengerjakan aktivitas yang sempat tertunda.

3. Layar Unggulan

Bagian layar dari TECNO SPARK 20c juga tergolong sangat menarik. Perangkat ini telah mengadopsi panel dengan notch sebagai tempat kamera depan yang mana masih cukup jarang digunakan oleh ponsel-ponsel di rentang harganya.

Di sisi lain, layar 6,6 inci yang digunakan oleh TECNO SPARK 20c juga sudah mendukung refresh rate tinggi. Pengaturannya akan dilakukan secara adaptif mengikuti konten-konten yang ditampilkan dengan animasi sampai 90Hz.

Yang tak kalah menarik, TECNO SPARK 20c juga menghadirkan fitur Dynamic Port terintegrasi dengan lubang kamera seperti versi reguler. Dukungan tersebut memungkinkan kita melihat animasi dari sejumlah aktivitas seperti notifikasi pesan masuk, pengisian daya, hingga panggilan diterima.

4. Kamera Beresolusi Tinggi

Sektor kamera yang diusung oleh TECNO SPARK 20c juga dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan sebelum kita memutuskan untuk membelinya. Perangkat ini menawarkan sensor utama beresolusi 50MP yang dibantu dengan lensa Auxiliary.

Secara teknis, sensor beresolusi tinggi dapat menghasilkan gambar dengan ukuran yang lebih baik di mana tidak akan mudah pecah ketika diperbesar beberapa kali. Umumnya juga mampu memberikan kemampuan lebih baik untuk pengambilan foto di lingkungan kurang cahaya.

5. Memori Berkapasitas Besar

Tidak sebesar versi reguler tetapi konfigurasi memori yang diusung oleh TECNO SPARK 20c juga sudah sangat lumayan. Sudah sangat cukup untuk menemani para pengguna terutama untuk mengerjakan aktivitas-aktivitas kasual.

Perangkat ini misalnya tercatat membawa RAM yang bisa dipilih antara 4 atau 8GB. Kita pun dapat memperluasnya lagi menggunakan teknologi Memory Fusion dengan tambahan maksimal seperti kapasitas aslinya jika masih kurang.

Untuk penyimpanan, TECNO SPARK 20c juga hadir dengan memori internal sebesar 128GB. Bisa diperluas dengan menggunakan micro SD hingga kapasitas 1TB apabila masih memerlukan ruang kosong untuk foto, video, atau berkas penting lainnya.

6. Paket Penjualan Komplit

Tersedia dengan harga yang terjangkau, TECNO Mobile menariknya tetap menghadirkan paket penjualan yang komplit untuk perangkat ini. Jadi setidaknya kita tidak perlu lagi membeli aksesori-aksesori yang diperlukan untuk bisa memakainya.

Paket penjualan TECNO SPARK 20c di antaranya sudah mencakup adaptor pengisi daya 18W, kabel data USB Type-C, case pelindung, lapisan anti gores yang sudah diaplikasikan, maupun pembuka slot kartu alih-alih hanya perangkatnya saja.

Kekurangan TECNO SPARK 20c

1. Bingkai Layar Masih Tebal

Membawa layar punch hole yang masih sangat jarang di rentang harganya, TECNO SPARK 20c mempunyai bingkai atau bezel yang lumayan besar. Masih hal yang wajar sebenarnya jika kita melihat banderol harganya karena perangkat sekelasnya pun demikian.

2. Tidak Untuk Game Berat

Meluncur dengan konfigurasi yang lumayan tinggi di kelasnya seperti sudah menggunakan MediaTek Helio G36 dan RAM minimal 4GB, kinerja TECNO SPARK 20c bisa diandalkan untuk mengerjakan berbagai macam aktivitas. Termasuk di dalamnya untuk bermain game.

Hanya saja saya sedikit menyarankan untuk memaksakannya untuk bermain game berat. Pengalaman yang ditawarkan mungkin bakalan terasa kurang seperti halnya ponsel-ponsel yang meluncur dengan harga mendekati Rp1 juta lainnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar