ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

9 Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 20, Pilihan yang Semakin Menarik

Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 20 - Header

Gadgetren – TECNO SPARK 20 menambah deretan pilihan perangkat yang layak untuk dipertimbangkan di lini pasar ponsel entri, terutama untuk rentang harga Rp1 jutaan yang kini semakin ramai.

Ponsel penerus TECNO SPARK 10 ini soalnya meluncur dengan membawa desain, spesifikasi, hingga fitur pendukung yang lumayan menarik. Sebagian di antara aspeknya bahkan mampu membuat perangkat ini terlihat bernilai lebih tinggi dari kelasnya.

Saat sedang mencari ponsel baru dengan kisaran dana Rp1,8 juta, kita tentu tak boleh melewatkannya. TECNO SPARK 20 memang masih mempunyai kekurangan tetapi melihat apa yang ditawarkan kemungkinan bisa membuat kita jatuh hati kepadanya.

Kelebihan TECNO SPARK 20

1. Konfigurasi Memori yang Mumpuni

Keunggulan TECNO SPARK 20 salah satu di antaranya terletak pada konfigurasi memori. Perangkat dengan chipset MediaTek Helio G85 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz ini membawa RAM dan media penyimpanan internal berkapasitas besar.

TECNO SPARK 20 tercatat membawa RAM berkapasitas sebesar 8GB. Perangkat ini makanya dapat menangani berbagai macam tugas dengan lancar. Ditambah lagi, terdapat fitur Memory Fusion yang dapat mengekspansinya dengan tambahan memori virtual sampai 8GB.

Sementara untuk media penyimpanannya, TECNO SPARK 20 sudah dibekali ruang sebesar 256GB yang secara teknis bakalan cukup untuk menampung berbagai macam data pengguna. Kita yang merasa masih kurang pun dapat menambahkan Micro SD berkapasitas hingga 1TB yang mana bisa dilakukan tanpa perlu mencopot kartu SIM.

2. Layar Cantik Beranimasi Tinggi

Layar TECNO SPARK 20 sudah tidak menggunakan poni atau notch kecil sebagai tempat kamera seperti kebanyakan ponsel di rentang harga Rp1 jutaan. Perangkat ini mencoba menggoda para pengguna dengan panel yang menggunakan desain punch hole.

Meskipun masih mempunyai ukuran bingkai yang lumayan tebal, panel dengan punch hole yang dibawanya tentu terlihat lebih menarik. Membuatnya bernilai lebih tinggi karena beberapa perangkat di rentang harga lebih mahal justru masih ada yang menggunakan notch.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh layar TECNO SPARK 20 di sisi lain juga sangat lumayan. Perangkat ini memang masih beresolusi HD+ (1612 x 720 piksel) tetapi sudah mengusung panel LCD berukuran 6,56 inci yang mendukung refresh rate adaptif hingga 90Hz.

Dengan refresh rate hingga 90Hz, TECNO SPARK 20 secara teknis bakalan mampu menayangkan konten dengan tampilan animasi yang lebih mulus. Jadi bisa terasa lebih menyenangkan saat digunakan untuk bermain game atau menonton video.

3. Baterai dan Pengisian Daya Unggulan

Baterai berkapasitas 5.000mAh juga turut melengkapi kemampuan dari TECNO SPARK 20. Hadirnya dukungan penyimpanan daya besar tersebut tentu dapat membuat perangkat menjadi lebih nyaman digunakan beraktivitas sehari-hari.

Kita pun tidak perlu khawatir perangkat ini akan cepat kehabisan daya. Kalaupun terpaksa harus mengisi daya, TECNO SPARK 20 di sisi lain juga sudah menggunakan teknologi 18W Fast Charge yang memungkinkan proses pengisian berjalan lebih cepat.

4. Kamera Mumpuni

Sebagai bentuk penyegaran dari pendahulunya, TECNO SPARK 20 membawa kamera depan yang lebih baik. Perangkat ini kini sudah menggunakan lensa dengan resolusi 32MP yang mana tentunya menawarkan dukungan pengambilan gambar lebih mumpuni.

Menariknya dengan peningkatan di sisi kamera depan, perangkat ini masih meluncur dengan dukungan kamera utama beresolusi 50MP. Kita pun bisa mengabadikan momen-momen penting dalam foto atau video dengan kualitas yang tidak mengecewakan.

5. Desain Menarik dan Tangguh

Mengikuti jejak ponsel-ponsel entri di masa sekarang, TECNO SPARK 20 juga mencoba menyalin desain iPhone dengan tempat kamera boba yang ditempatkan secara zig-zag. Ada dua pilihan warna yang ditawarkan di mana meliputi Gravity Black dan Cyber White.

Yang sangat menarik, ponsel dengan harga kurang dari Rp2 juta ini sudah dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu tersertifikasi IP53. Padahal jika melihat beberapa perangkat yang dijual di rentang harga Rp2 sampai 3 juta belum tentu memilikinya.

Fitur tahan percikan air dan debu IP53 memang belum cukup kuat untuk membuat perangkat bisa diajak untuk berenang atau bahkan menyelam. Hanya saja dengan kehadirannya, kita bisa lebih tenang saat memakai TECNO SPARK 20 di berbagai macam kondisi.

6. Fitur Tambahan Jadi Unggulan

Pihak TECNO Mobile pun tercatat menyematkan berbagai macam fitur unggulan ke dalam perangkat ini. Selain sertifikasi IP53, kita salah satu di antaranya juga dapat menemukan pemindai sidik jari yang masih absen di beberapa ponsel di kelasnya.

Selain itu, perangkat ini juga sudah mendukung fitur NFC (Near Field Communication) yang umumnya hadir di ponsel-ponsel Rp2 jutaan ke atas. Jadi kita dapat lebih mudah untuk melakukan pembayaran digital hingga mengecek saldo e-money.

Untuk memberikan pengalaman multimedia yang lebih baik, TECNO SPARK 20 juga sudah dilengkapi dengan teknologi DTS Stereo Dual Speaker Sound. Perangkat ini makanya diklaim mampu menghasilkan suara 200 persen lebih keras atau bahkan bisa menjadi 400 persen jika dipadukan bersama Volume Plus.

Menggenapi beberapa dukungan di atas, TECNO SPARK 20 juga sudah mengadopsi fitur Dynamic Port. Fungsinya mirip seperti Dynamic Island milik iPhone walaupun sementara ini hanya sebatas untuk menampilkan informasi saja.

7. Paket Penjualan Lengkap

Dibanderol dengan harga promo Rp1.749.000, TECNO SPARK 20 mempunyai paket penjualan yang lengkap. Perangkat ini dijual dengan adaptor pengisi daya 18W, kabel data, case, lapisan pelindung layar yang sudah diaplikasikan, dan pembuka slot kartu dalam satu kotak.

Kekurangan TECNO SPARK 20

1. Masih eMMC

Sayangnya dengan kapasitas media internal yang besar, TECNO SPARK 20 masih menggunakan tipe penyimpanan eMMC 5.1. Padahal beberapa perangkat dengan harga serupa sudah mengandalkan UFS yang mempunyai dukungan lebih baik.

Penyimpanan eMMC umumnya mempunyai kemampuan baca-tulis data jauh lebih rendah ketimbang UFS. TECNO SPARK 20 makanya bakal sedikit ketinggalan jika dibandingkan dengan sejumlah perangkat yang lain.

2. Hanya Bawa Tambahan Lensa Auxiliary

Di samping itu, TECNO SPARK 20 juga hanya mengandalkan lensa Auxiliary yang beresolusi 0,08MP dalam menunjang kemampuan kamera utamanya. Kamera tambahan tersebut tampak seperti gimik saja. Sebenarnya bakal lebih berguna jika diganti semisal dengan sensor makro.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar