ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone

Ini Bedanya POCO C65 dan POCO C55 yang Bawa Chipset Serupa

POCO C65 Vs POCO C55 - Header

Gadgetren – Perangkat POCO C65 sebenarnya merupakan suksesor dari POCO C55 yang notabene sebelumnya hanya tersedia di sejumlah wilayah dan tidak sempat diboyong oleh Xiaomi ke pasar Indonesia.

Bahkan di beberapa aspek, perangkat baru dari lini keluarga POCO ini masih terlihat menggunakan dukungan yang sama dengan pendahulunya. Seperti pada dapur pacu yang masih mengandalkan MediaTek Helio G85 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz.

Hanya saja sebagai suksesor, POCO C65 memang meluncur dengan beberapa peningkatan dan penyesuaian yang lumayan banyak. Membuatnya terlihat sedikit berbeda dari POCO C55 meskipun secara teknis masih menyasar rentang harga serupa.

Perbedaan POCO C65 Vs POCO C55

Meskipun membawa chipset yang serupa, POCO C65 salah satunya sudah menawarkan dukungan memori yang lebih unggul. Perangkat tersebut meluncur menggunakan RAM dan media penyimpanan internal dengan variasi yang lebih besar.

Berbeda dengan POCO C55 yang masih menyediakan konfigurasi 4GB + 64GB, POCO C65 meluncur dengan varian 8GB + 256GB. Hal tersebut tentu dapat memberikan pilihan yang lebih baik karena di sisi lain keduanya memang sama-sama mempunyai opsi 6GB + 128GB.

Peningkatan yang paling kentara dari kedua perangkat ini terletak pada bagian desainnya. POCO C65 membawa penutup bodi mirip kaca sementara POCO C55 menggunakan permukaan serupa kulit. Selain itu, pemindai sidik jarinya pun sudah dipindahkan ke sisi samping bersama tombol Power.

Membahas bagian bodi, POCO C55 menariknya mempunyai sedikit keunggulan karena sudah mengemas sertifikasi IP52 untuk fitur tahan percikan air dan debu. POCO C65 yang meluncur belakangan justru melewatkan dukungan lumayan berguna tersebut.

Namun sebagai ganti, bagian layar dari POCO C65 mengalami sejumlah peningkatan. Perangkat ini memang kembali mengadopsi resolusi HD+ tetapi kini berukuran 6,74 inci yang mana sedikit lebih besar ketimbang POCO C55 dengan panel 6,71 inci miliknya.

Selain berukuran lebih besar, layar POCO C65 juga mempunyai tingkat refresh rate lebih tinggi. POCO C55 hanya memiliki pengaturan standar atau sampai 60Hz saja saat perangkat satu ini sudah mampu menangani hingga 90Hz.

Lapisan pelindung layar yang dipakai oleh Xiaomi untuk perangkat ini juga berbeda dari generasi sebelumnya. POCO C65 dalam hal ini mengandalkan kaca Corning Gorilla Glass sementara POCO C55 menggunakan Panda Glass.

Sama-sama mengandalkan kamera utama dengan resolusi 50MP, POCO C65 mempunyai lensa tambahan yang lebih lengkap. Perangkat ini kini dilengkapi dengan tambahan lensa makro 2MP yang sebelumnya masih belum tersedia di POCO C55.

Kamera depan dari ponsel baru satu ini juga mempunyai kemampuan yang secara teknis bakalan lebih baik. POCO C65 kini menggunakan lensa beresolusi 8MP di mana meningkat dari POCO C55 yang sebelumnya hanya menawarkan sensor 5MP.

Kedua perangkat ini memang sama-sama sepakat untuk menggunakan baterai berkapasitas 5.000mAh. Hanya saja teknologi pengisian yang digunakan sedikit berbeda di mana POCO C65 sudah mendukung 18W Fast Charging sementara POCO C55 hanya 10W saja.

Melengkapi berbagai macam peningkatannya, POCO C65 yang baru meluncur kini juga mendukung fitur NFC (Near Field Communication). Sementara POCO C55 sebelumnya belum membawa dukungan tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar