ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

Seri ASUS ROG Phone 8 Lolos TKDN, Ini Bocoran Fitur-Fiturnya

Seri ASUS ROG Phone 8 Lolos TKDN, Ini Bocoran Fitur-Fiturnya

Gadgetren – ASUS ROG akhirnya mengumumkan kehadiran generasi terbaru dari seri ROG Phone 2024 atau seri ROG Phone 8 yang akan diluncurkan pada tanggal 8 Januari 2024 langsung dari  CES 2024 di Las Vegas.

Pada media sosial Weibo, ASUS ROG juga telah mengkonfirmasi kehadiran seri ROG Phone 8 di Beijing pada tanggal 16 Januari 2024 pukul 19.30 malam waktu setempat. Sementara di Indonesia sendiri pihak ASUS belum memberikan pengumuman resmi mengenai kehadiran handphone gaming barunya ini.

Namun begitu, seri ROG Phone 8 menariknya sudah tercatat melalui situs Peningkatan Produk Dalam Negeri (P3DN) dari Kementerian Perindustrian. Nomor model seri ROG Phone 8 yang terdaftar ialah ASUS_AI2401_D dengan nilai TKDN sebesar 35.10% yang mendukung jaringan 5G.

Nomor model yang sama juga turut tercatat pada situs Postel dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tanggal 27 Desember 2023 dengan nomor sertifikat 96248/SDPPI/2023 yang dilayangkan oleh pemohon PT Asus Technology Indonesia Batam.

Belum diketahui lebih jauh nomor model ASUS_AI2401_D merupakan varian seri ROG Phone 8 yang mana. Namun begitu menurut informasi dari situs postel seri ROG Phone 8 akan hadir dalam dua varian mencakup ROG Phone 8 dan ROG Phone 8 Pro.

Menurut informasi yang diambil dari media sosial X, pada situs izin perangkat seluler NBTC di Thailand, nomor model ASUS_AI2401_D sendiri mengacu pada varian ROG Phone 8 Pro. Sedangkan untuk varian ROG Phone 8 memiliki nomor model AI2401_C.

Seperti biasa, sebelum peluncurannya dilaksanakan, banyak rumor yang sudah beredar terkait spesifikasi seri ROG Phone 8. Namun sebelum mengetahui rumornya tersebut, jika melihat poster teaser seri ROG Phone 8 yang telah diunggah secara resmi oleh ASUS ROG di Weibo terlihat akan mengusung susunan modul kamera belakang yang berbeda dari generasi sebelumnya. 

ASUS ROG Phone 8 Teaser

Seri ROG Phone 8 diperkirakan akan memiliki tiga konfigurasi kamera belakang yang tersusun tak lagi secara horizontal tetapi dua di atas dan satu di bawah yang kemungkinan sebelahnya ditemani lampu LED Flash.

Selain lewat poster resmi, berdasarkan rumor yang beredar dilansir dari laporan Gizmochina, ROG Phone 8 Pro akan mengusung layar berukuran  6,78 inci berpanel AMOLED yang memiliki resolusi Full HD+ dan refresh rate 120Hz.

Perangkat tersebut kemungkinannya akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 dengan RAM berkapasitas 16GB atau 24GB dan penyimpanan 512GB hingga 1TB.

Pada konfigurasi kamera belakang kemungkinan akan menggunakan tiga lensa berupa lensa utama 50MP dengan sensor Sony IMX890, lensa sudut lebar 13MP, dan lensa telephoto  32MP.

Kemudian lensa depan ROG Phone 8 Pro akan mempunyai resolusi sebesar 32MP.ROG Phone 8 Pro juga diprediksi akan mendapatkan dukungan IP68 yang memungkinkan perangkat tahan terhadap air dan debu.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar