ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Performa Lebih Gahar dan Bodi Ramping, Seri ASUS ROG Phone 8 Resmi Dirilis

Performa Lebih Gahar dan Bodi Ramping, ASUS ROG Phone 8 Series Resmi Dirilis

Gadgetren – Akhirnya ASUS ROG secara resmi telah merilis generasi terbaru handphone gaming seri ROG Phone 8 pada ajang CES 2024 di Las Vegas yang terdiri dari dua varian yakni ROG Phone 8 standar dan ROG Phone 8 Pro.

Melalui seri ROG Phone 8, kini pihak ASUS ROG menghadirkan beberapa peningkatan terhadap model barunya ini dibandingkan generasi sebelumnya seperti kamera dengan dukungan OIS dan lensa telephoto, desain lebih ramping dan elegan, dan dukungan fitur-fitur penunjang seperti wireless charging dan fitur-fitur gaming.

Secara keseluruhan dilihat dari spesifikasi dua model varian seri ROG Phone 8 memiliki fitur-fitur yang sama. Namun perbedaan hanya pada desain tampilan luar penampang bodi belakang.

Untuk ROG Phone 8 standar bodi belakang di bagian bawah terdapat logo ASUS ROG quad-LED Aura RGB yang dapat disetel dengan beragam warna pencahayaan yang berbeda melalui aplikasi Armoury Crate.

Sedangkan untuk ROG Phone 8 Pro juga turut menghadirkan logo ASUS ROG di bagian belakang penampang bodinya namun sedikit berbeda dan unik, logonya tampil dengan AniMe Vision yang dapat diprogram  hingga 341 mini LED yang bisa disetel melalui animasi maupun gambar yang berbeda.

ASUS-ROG-Phone-8-Pro

ROG Phone 8 tersedia dalam dua varian warna meliputi Rebel Grey dan Phantom Black, sedangkan ROG Phone 8 Pro hadir dengan satu warna yakni Phantom Black. Secara fisik, ROG Phone 8 Pro memiliki bobot 9% lebih ringan dari ROG Phone 7 Ultimate.

Selain itu, seri ROG Phone 8 juga 15% lebih tipis dibanding generasi sebelumnya. Seri ROG Phone 8 kini tahan terhadap cipratan air dan debu berkat peringkat IP68. Handphone gaming ini mampu bertahan di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Performa pacu seri ROG Phone 8 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Octa-Core (4nm) 3,3GHz yang diklaim dapat memberikan kinerja performa CPU 30% lebih cepat dan performa GPU 35% lebih cepat dari generasi sebelumnya. 

Chipset seri ROG Phone 8 juga didukung fitur gaming seperti X-Mode dan sistem pendinginan bawaan GameCool 8 untuk menjaga perangkat tetap adem. Pengguna juga dapat mengandalkan aksesoris tambahan yakni AeroActive Cooler X yang dapat dipasang di bagian belakang ponsel yang disebut dapat menurunkan suhu di penutup belakang hingga 28° C.

ASUS-ROG-Phone-8-Series-Model.

Chipset seri ROG Phone 8 ditemani RAM LPDDR5X berkapasitas hingga 16GB dan penyimpanan internal UFS 4.0 berkapasitas 256GB, sedangkan ROG Phone 8 Pro memberikan RAM besar hingga 24GB dan penyimpanan internal hingga 1TB.

Baterainya sama-sama berkapasitas 5.500mAh yang dilengkapi pengisian daya cepat 65W yang diklaim dapat mengisi daya dari 0% menjadi 100% dalam waktu hanya 39 menit. Disamping itu seri ROG Phone 8 juga didukung pengisian daya nirkabel Qi 1.3 untuk memberikan pilihan metode pengisian daya.

Soal fotografi, seri ROG Phone 8 membawa perubahan besar yang dapat dinikmati pengguna. Pasalnya kini seri ROG Phone 8 menggunakan tiga kamera belakang berupa lensa utama 50MP dengan sensor Sony IMX890 1/1.56” dan aperture f/1.9 serta didukung Gimbal Optical Image Stablization.

Kemudian tersedia lensa sudut lebar 13 MP dengan bidang pandang 120° serta lensa telephoto 32MP yang dibekali OIS dan pembesaran optik hingga 3X. Selanjutnya terdapat kamera depan beresolusi 32MP RGBW.

 ASUS-ROG-Phone-8-Series-Kamera.

Terkait layar, seri ROG Phone 8 mengusung ukuran layar 6,78 inci yang mempunyai resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) berpanel Samsung Flexible AMOLED serta mendukung DCI-P3 107.37% , sRGB 145.65% , warna gamut NTSC 103.16%, tingkat kecerahan hingga 2500 nits, HDR10, dan refresh rate hingga 120Hz.

Layar seri ROG Phone 8 juga dilindung lapisan antigores Corning Gorilla Glass Victus 2 dan didukung Always-On display. Melalui aplikasi Armoury Crate, pengguna dapat menyesuaikan tampilan game di layar seri ROG Phone 8 dengan pilihan layar penuh, geser ke kanan untuk menghindari lubang punch hole, atau di tengah untuk pengalaman yang lebih klasik.

Layar seri ROG Phone 8 juga mampu menampilkan indikator notifikasi saat layar mati sehingga pengguna tidak akan melewatkan pesan penting. Untuk mendukung panggilan video, telepon maupun bermain game, handphone ini dibekali peredam kebisingan AI  untuk menjaga audio tetap bersih saat komunikasi berlangsung.

Sistem audio seri ROG Phone 8 menggunakan speaker yang didukung sistem suara spasial DIRACT VIRTUO untuk mengeluarkan suara audio yang hidup. Terdapat dukungan fitur-fitur seperti 3.5mm headphone jack, USB Type C, sensor fingerprint dalam layar, NFC, ambient-light sensor, dan tombol AirTrigger.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar