ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Scan WiFi di HP vivo Untuk Terhubung Lebih Cepat

Cara Scan WiFi di HP vivo Header

Gadgetren – Akses internet kini semakin mudah ditemukan karena sudah banyak yang menyediakan jaringan WiFi di berbagai tempat publik seperti restoran, kafe, dan masih banyak lagi.

Bahkan pemilik tempat pun biasanya sudah menghadirkan QR Code yang dapat dipindai atau scan oleh ponsel untuk mempercepat proses penghubungan ke jaringan WiFi yang ada.

Apabila biasanya pada ponsel Android harus membuka Google Lens terlebih dulu untuk scan QR Code WiFi, namun pada ponsel vivo sendiri sudah terdapat fitur pemindai QR Code yang dapat langsung digunakan untuk mendapatkan username dan password.

Cara Scan WiFi di HP vivo

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pilih menu Network and Internet.
  • Pilih opsi Wi-Fi.
  • Tekan tombol Scan WiFi berikon QR Code tepat di sebelah opsi Add Network.
  • Arahkan ponsel ke QR Code WiFi yang tersedia.
  • Selanjutnya, ponsel vivo akan langsung terhubung ke jaringan WiFi.

Hadirnya fitur pemindai bawaan di ponsel vivo dapat memudahkan kamu untuk terhubung dengan jaringan WiFi tanpa perlu memasukkan password terlebih dulu pada nama SSID atau jaringan yang tersedia.

Namun hal ini tidak berlaku apabila jaringan WiFi yang mengharuskan kamu untuk memasukkan username dan password melalui browser. Biasanya model seperti ini bisa ditemukan pada sistem Mikrotik layanan publik seperti stasiun Commuter Line, Terminal Bis, Bandara, dan lainnya.

Dengan begitu, kamu tidak akan bisa melakukan pemindaian WiFi karena harus menggunakan username dan password tertentu untuk bisa mendapatkan akses internet.

Nantinya kamu perlu menghubungkan ponsel ke jaringan WiFi terlebih dahulu. Kemudian buka browser untuk memunculkan halaman utama dari tempat layanan untuk memasukkan username dan password yang biasanya sudah tertera.

Selain menggunakan username dan password, terkadang sistem Mikrotik akan meminta kamu untuk menggunakan alamat email, nomor telepon, atau username media sosial agar bisa terhubung dengan jaringan WiFi.

Sebelum terhubung dengan jaringan WiFi, kamu harus memastikan terlebih dulu mengenai sistemnya agar tidak merepotkan pada saat melakukan proses penghubungan. Selain itu, kamu pun juga dapat bertanya kepada pemilik WiFi apabila terkendala pada saat ingin menggunakan jaringannya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar