Tips dan Trik

Cara Membuat dan Scan QR Code Wi-Fi di Perangkat OPPO

Cara Scan Barcode Wifi di OPPO Header

Gadgetren – Meskipun baru bakal hadir pada Android Q mendatang, fitur QR Code pada fungsi Wi-Fi sharing sudah bisa digunakan, termasuk juga digunakan pada berbagai macam perangkat buatan OPPO.

Saat ini, raksasa teknologi yang berada di balik pengembangan Android memang sedang mengembangkan versi lanjutan dari sistem tersebut. Dalam salah satu bocorannya, sistem yang bakal mengusung nama Android Q tersebut bakal dilengkapi fitur QR Code untuk mempermudah pengguna dalam berbagi Wi-Fi.

Jadi, alih-alih harus memberikan nama SSID dan password kepada pengguna lain, pengguna hanya perlu menekan tombol Share di halaman pengaturan dari Wi-Fi yang akan dibagikan. Secara otomatis, kode QR akan muncul setelah menekan tombol tersebut.

Bagi yang belum tahu, kode QR merupakan salah satu jenis kode batang (barcode) – label optikal yang berisi berbagai macam informasi mengenai item yang menggunakannya. Khususnya untuk fitur ini, kode QR ini berisi nama SSID dan password.

Untuk menggunakan kode QR dari Wi-Fi yang dibagikan, pengguna hanya perlu menunjukkannya ke pengguna lain untuk dipindai menggunakan aplikasi kamera yang mendukung pemindaian kode QR.

Menariknya, meskipun masih dikabarkan baru akan muncul di sistem Android pada versi mendatang, metode ini sudah bisa digunakan sejak bertahun-tahun yang lalu.

Namun untuk perangkat-perangkat buatan OPPO, pengguna membutuhkan bantuan aplikasi dari pihak ketiga, baik untuk membuat kode QR atau untuk memindainya. Bagi yang belum tahu, berikut ini salah satu caranya.

Cara Membuat QR Code Wi-Fi di HP OPPO

  1. Unduh aplikasi QR Code Scanner di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi dan tekan tombol Skip untuk pertama kali penggunaan.
  3. Pilih tab Create, lalu pilih opsi Wifi.
  4. Masukkan nama SSID dan kata sandi pada kolom yang disediakan, serta jangan lupa mengatur tipe keamanannya.
  5. Jika sudah tekan tombol CREATE QR CODE.
  6. Pada halaman selanjutnya, tekan tombol Unduh (ikon anak panah ke bawah).
  7. Beri nama dan tekan Confirm.

Cara Scan Barcode Wifi di OPPO - Membuat

Secara otomatis, aplikasi akan menyimpan gambar kode QR ke dalam Gallery. Selanjutnya, jika akan membagikan koneksi Wi-Fi, pengguna hanya perlu menghidupkan hotspot-nya, lalu menunjukkan gambar kode QR tersebut.

Cara Scan QR Code Wi-Fi di Ponsel OPPO

Sementara itu,  pengguna perangkat OPPO bisa memasang aplikasi pemindai QR yang sudah banyak tersedia di Google Play Store untuk memindai kode QR tersebut. Atau jika tidak mau bingung, pengguna juga bisa menggunakan QR Code Scanner seperti langkah di atas.

Masuk ke aplikasi, lalu tekan tombol Skip untuk penggunaan pertama kali. Jika sudah, dari tab Scan pindai kode QR Wi-Fi dengan mengarahkan kamera ke gambarnya. Jika sudah berhasil, tekan tombol Connect wifi.

Cara Scan Barcode Wifi di OPPO - Scan

Dengan menggunakan cara ini, pengguna juga dapat memindai berbagai macam kode QR lainnya, termasuk kode QR Wi-Fi yang dibuat dengan menggunakan aplikasi atau smartphone lainnya.

Tinggalkan Komentar