Smartphone Tips dan Trik

Cara Melihat Password WiFi di Handphone OPPO Lewat QR Code

Cara Melihat Password WiFi di Handphone OPPO Header

Gadgetren – Hampir sama dengan perangkat berbasis Android lainnya, handphone OPPO tidak akan bisa langsung memperlihatkan password dari koneksi WiFi yang sudah terhubung.

Sayangnya terkadang kamu lupa atau tidak mengetahui password dari koneksi WiFi tersebut karena dimasukkan oleh pengelola tempat WiFi tersebut berada. Padahal apabila kamu menggunakan laptop dapat dengan mudah melihat kembali password WiFi yang telah diinput.

Namun kamu tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena sebenarnya dapat melihat password WiFi yang pernah terhubung ke handphone OPPO milikmu dengan menggunakan fitur Scan QR Code.

Untuk bisa menggunakan cara tersebut, kamu harus memiliki satu lagi handphone agar bisa memindai QR Code WiFi yang dimunculkan. Selain itu, kamu pun membutuhkan aplikasi pemindai QR Code yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Salah satu aplikasi multifungsi yang dapat kamu gunakan untuk memindai QR Code merupakan Google Lens. Pada handphone masa kini biasanya sudah langsung tersedia Google Lens, namun dapat memasangnya terlebih dulu dari Play Store jika belum tersedia.

Cara Melihat Password WiFi di Handphone OPPO

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Pilih menu WiFi dan tekan tombol toggle hingga aktif menyala
  3. Pilih nama jaringan WiFi yang telah tersambung sebelumnya
  4. Pilih Wi-Fi QR Code dan akan muncul gambar QR Code yang dapat dipindai
    Password WiFi Handphone OPPO QR Code
  5. Install aplikasi Google Lens dari Google Play Store di handphone lain
  6. Pindai QR Code yang muncul di handphone OPPO milikmu dengan menggunakan aplikasi Google Lens yang telah terpasang di handphone lain
  7. Nantinya Google Lens akan menampilkan password dari nama jaringan WiFi yang tersambung
    Password WiFi Handphone OPPO Lens

Sebagai catatan, metode ini dapat dilakukan apabila jaringan WiFi yang dipindai telah terhubung dengan handphone OPPO milikmu. Sementara untuk mengetahui password dari jaringan WiFi yang belum pernah terhubung sebaiknya kamu meminta izin terlebih dulu kepada pengelola atau pemiliknya.

Bisa dibilang cara memindai QR Code merupakan yang termudah karena rata-rata aplikasi untuk melihat password WiFi yang hadir di Google Play Store meminta akses root. Dengan melakukan root, aplikasi pun akan mendapatkan akses penuh terhadap sistem.

Namun kamu harus berhati-hati karena risikonya yang membuat perangkat menjadi mudah diserang malware karena akses sistemnya dapat dibuka lebih mudah. Menurut saya dibandingkan kamu melakukan root dan menggunakan aplikasi pelihat password yang masih meragukan, sebaiknya menggunakan cara pemindaian QR Code dengan menggunakan Google Lens saja.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar