ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

Samsung Segera Hadirkan Teknologi Galaxy AI Pada Perangkat Barunya, Ini Kemampuannya

Samsung Segera Hadirkan Teknologi Galaxy AI Pada Perangkat Barunya, Ini Kemampuannya

Gadgetren – Samsung dikabarkan akan segera menghadirkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang disebut Galaxy AI pada produk terbarunya. Melalui teknologi tersebut, Samsung akan adopsi kecerdasan buatan dalam genggaman yang belum pernah mereka hadirkan sebelumnya.

Dalam acara diskusi bertajuk “Galaxy AI Media Session: Masa Depan Teknologi AI pada Perangkat Mobile”, Samsung menyebutkan bahwa Galaxy AI akan menggabungkan AI pada perangkat dan sekaligus AI berbasis cloud.

Dengan begitu penggabungan AI keduanya dapat memungkinkan  cara baru dalam membantu pengguna untuk beraktivitas baik dalam bekerja, komunikasi, hingga menunjang gaya hidup mereka. Menurut Samsung akan ada banyak kemungkinan baru yang dapat diakses dengan mudah melalui perangkat ponsel pengguna di mana saja melalui kecerdasan buatan.

Salah satunya berupa fitur terjemahan audio dan teks atau AI Live Translate Call yang diklaim dapat berjalan secara real time saat pengguna menelepon layaknya memunculkan subtitle saat streaming konten favorit.

Irzan Raditya selaku Pakar AI dan Founder of Kata.ai menyampaikan bahwa AI mempunyai potensi besar untuk tidak hanya membuat hidup jadi lebih mudah namun juga membuat pengguna melakukan lebih banyak hal bermanfaat untuk mencapai tujuan-tujuannya.

Baginya dengan AI, pekerjaan yang sebelumnya butuh waktu lama untuk diselesaikan, kini bisa dituntaskan lebih cepat cukup dengan 1 klik dan prompt sederhana.

founder-Kata.ai_

Dalam kesempatan yang sama Denny Galant selaku Country Head of Android of Google Indonesia mengungkapkan bahwa data Google menunjukkan 1 dari 5 kalangan Gen Z menggunakan AI dalam mempermudah komunikasi baik itu menyusun email atau chat response, dan 23% memanfaatkan AI sebagai virtual assistant untuk mempermudah keseharian mereka.

“Perilaku tersebut tak terlepas dari penetrasi teknologi AI di bidang profesional maupun kreatif,” ujarnya.

Sebelumnya diketahui AI pada perangkat seri Galaxy S23 telah hadir melalui fitur object eraser untuk menghapus objek latar yang tidak diinginkan pada sebuah foto. Fitur ini tersedia pada sistem operasi OneUI 5.1. Saat ini Samsung telah memiliki pembaruan antarmuka sistem OneUI 6.0.

Sementara itu kemungkinan fitur Galaxy AI tersebut akan hadir pada antarmuka sistem OneUI 6.1 yang akan mendukung seri Galaxy S24. Handphone tersebut dirumorkan akan dirilis pada awal tahun 2024 dalam ajang Galaxy Unpacked.

Pihak Samsung Electronic global sendiri belum memberikan jadwal perhelatan Galaxy Unpacked 2024. Namun dari bocoran yang bereda, kabarnya acara tersebut akan digelar pada tanggal 17 Januari 2024 mendatang di San Fransisco California Amerika Serikat.

Di sisi lain, izin kehadiran seri Galaxy S24 di Indonesia juga telah terdaftar dalam situs Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri atau P3DN dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sehingga kemungkinan besar akan hadir dalam waktu dekat.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar