ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

Seri Samsung Galaxy S24 Lolos TKDN, Segera Masuk Indonesia?

Seri Samsung Galaxy S24 Lolos TKDN, Segera Masuk Indonesia?

Gadgetren – Masih hangat kehadiran seri Galaxy S23 di pasaran, kini Samsung Electronic tampaknya sedang mempersiapkan generasi terbarunya yakni seri Galaxy S24 yang diperkirakan hadir awal tahun 2024 mendatang.

Galaxy S24 yang diperkirakan akan dibawa Samsung pada kuartal pertama tahun 2023. Berdasarkan beberapa bocoran yang beredar di jagat maya seri Galaxy S24 versi global memiliki nama model SM-S921B, SM-S926B, dan SM-S928B.

Ketiganya menariknya sudah terdaftar dalam situs Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri atau P3DN dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Sementara pada situs P3DN, tiga nomor model seri Galaxy S24 juga sudah muncul yang terdaftar sebagai Telepon Seluler dengan dukungan jaringan 5G.

Ketiganya juga sudah mengantongi nilai TKDN sebesar 35,40 persen sehingga seri Galaxy S24 sudah mendapatkan izin untuk dipasarkan di Indonesia dari Kemenperin. Namun begitu izin dari Kemenperin saja tidak cukup, seri Galaxy S24 sendiri menurut pantauan tim Gadgetren belum mengantongi izin dari situs Postel Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) .

Disisi lain, Samsung global sendiri juga belum mengungkap informasi terkait dengan kehadiran seri Galaxy S24 terbaru baik melalui situs resmi Samsung.com maupun melalui media sosial mereka. Sementara di internet sudah banyak pembocor gadget yang mengungkap rumor mengenai desain dan spesifikasi dari seri Galaxy S24 ini.

Menurut rumor yang beredar dari laporan Windows Report, seri Galaxy S24 diprediksi akan dirilis pada ajang awal tahun Samsung Galaxy Unpacked yang konon kabarnya akan dijadwalkan pada tanggal 17 Januari 2024. Sumber lain seperti dari situs media Korea Selatan, The Elec menyebutkan peluncuran seri Galaxy S24 akan dilangsungkan di Amerika Serikat.

Hal ini pun berbeda dari perhelatan peluncuran seri Galaxy S23 sebelumnya yang dilaksanakan di Korea Selatan.  Selain bocoran acara peluncuran, spesifikasi seri Galaxy S24 juga sudah ramai dibicarakan. Seri Galaxy S24 dirumorkan akan membawa empat varian warna yakni hitam, abu-abu, ungu, dan kuning.

TKDN-Samsung-Galaxy-S24

Performa pacu seri Galaxy S24 kabarnya akan menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 3 untuk varian tertinggi Ultra dan Plus. Sedangkan untuk Galaxy S24 standar akan menggunakan chipset Exynos 2400.

Seperti biasa desain layar seri Galaxy S24 varian standar akan memiliki ukuran paling kecil sekitar 6,2 inci, diikuti 6,7 inci untuk varian Plus dan 6,8 inci untuk varian Ultra.

Soal kamera, di bagian depan seri Galaxy S24 disebut akan menggunakan resolusi yang sama sebesar 12MP. Di bagian belakang untuk Galaxy S24 Ultra dirumorkan akan dibekali empat lensa berupa lensa utama 200MP, sudut lebar 12 MP, telephoto 10 MP dengan pembesaran 3x dan lensa telephoto 50 MP dengan pembesaran  2,5x.

Sedangkan Galaxy S24 standar dan Plus akan sama-sama menggunakan lensa utama 50MP, sudut lebar 12 MP, dan lensa telephoto 10MP dengan pembesaran optik 3x. Baterai Galaxy S24 akan mempunyai 4.000 mAh, varian Plus 4.900 mAh, dan varian Ultra menggunakan 5.000mAh.

Menurut rumor, kapasitas RAM 8GB akan membekali Galaxy S24 standar dan varian Plus serta Ultra akan memiliki kapasitas RAM 12GB. Penyimpanan Ultra akan menawarkan beberapa  pilihan 256GB, 512GB atau 1TB dan Galaxy S24 standar serta Plus akan menyediakan pilihan penyimpanan yakni 128GB, 256GB, atau 512GB.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar