ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Beda Redmi 13C dan Redmi 12, Mana yang Lebih Layak?

Redmi 13C Vs Redmi 12 - Header

Gadgetren – Sebagai pilihan di kelas entri, Xiaomi mempunyai dua perangkat menarik yang dapat kita pertimbangkan saat memerlukan ponsel baru berkinerja kuat. Keduanya adalah Redmi 13C dan Redmi 12.

Redmi 13C dalam hal ini tersedia sebagai opsi yang lebih murah karena sudah dapat dipinang dengan dana mulai dari Rp1.499.000. Berbeda dengan saudaranya yang baru bisa kita bawa pulang setelah kita mengeluarkan uang setidaknya Rp1.999.000.

Hanya saja dengan banderol harga yang lebih murah, Redmi 13C yang meluncur belakangan memang membawa spesifikasi sedikit lebih rendah. Perangkat Redmi 12 terlihat lebih unggul di banyak aspek yang ditawarkan.

Perbedaan Redmi 13C Vs Redmi 12

Keunggulan Redmi 12 sudah dapat dilihat mulai dari bagian layarnya. Tidak seperti Redmi 13C yang justru kembali menggunakan desain tempat kamera depan berbentuk notch kecil, perangkat satu ini sudah tampil memesona dengan panel punch hole.

Spesifikasi layar yang dibawa oleh Redmi 12 apalagi juga tercatat lebih menarik. Perangkat ini menawarkan panel yang membentang hingga 6,79 inci dengan resolusi 2460 x 1080 piksel. Jadi secara teknis bakal terlihat lebih tajam dari pada Redmi 13C yang hanya 6,74 inci dengan 1600 x 720 piksel.

Untungnya, Redmi 13C tidak benar-benar kalah telak jika kita hanya melihat aspek layar saja. Xiaomi soalnya sudah membekali perangkat ini dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass yang mana justru masih absen di Redmi 12 meskipun harganya lebih mahal.

Di samping itu, layar yang dibawa oleh Redmi 13C secara teknis juga lebih nyaman digunakan di bawah terik matahari karena mempunyai tingkat kecerahan lebih tinggi. Panel perangkat ini mampu menangani hingga 600nits saat Redmi 12 hanya sampai 550nits.

Dua keunggulan Redmi 13C di aspek layar sayang tidak mampu mempersempit jarak di antara kedua ponsel ini. Selain panel yang lebih jelas, Redmi 12 soalnya juga masih unggul di beberapa bagian lain yang mana mencakup dapur pengolahan data.

Bagi kamu yang belum tahu, Xiaomi kembali menggunakan MediaTek Helio G85 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz di Redmi 13C. Chipset tersebut merupakan pendahulu MediaTek Helio G88 (12nm) hingga 2,0GHz yang digunakan pada Redmi 12.

Meskipun perbedaannya tidak begitu jauh, Helio G88 secara teknis mengusung sejumlah peningkatan. Chipset tersebut di antaranya mempunyai teknologi MediaTek HyperEngine dan pemroses sinyal kamera yang lebih mutakhir dibandingkan pendahulunya.

Redmi 13C dan Redmi 12 menariknya menggunakan media penyimpanan internal dengan pilihan serupa untuk mengimbangi chipset tersebut. Hanya saja untuk versi 128GB, kapasitas RAM yang dipakai sedikit berbeda di mana secara berturut-turut adalah 6GB dan 8GB.

Dengan banderol harga yang lebih mahal, Redmi 12 juga menawarkan konfigurasi kamera yang lebih lengkap. Xiaomi melengkapi lensa utamanya dengan tambahan sensor ultra-wide 8MP yang mendukung pengambilan gambar hingga 120 derajat saat Redmi 13C belum memilikinya.

Keandalan pemakaian yang ditawarkan oleh Redmi 12 juga lebih kuat. Perangkat ini dapat digunakan pada lebih banyak kondisi karena mendukung fitur tahan percikan air dan debu yang tersertifikasi IP53 sementara Redmi 13C sama sekali belum membawanya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar