ASUS TUF Gaming FX507
Review Smart Home

Review IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02, Praktis dan Simpel!

Review IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 Header

Review IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Audio - 8/10
    8/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Desain - 10/10
    10/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
8.7/10

Kesimpulan

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 punya desain unik dengan dudukan magnetik yang membuatnya sangat fleksibel untuk dipasang serta kemampuan Night mode yang mumpuni.

Yang Disukai

  • Magnetic Dock inovatif
  • Pemasangan mudah
  • Kualitas gambar tajam
  • Baterai tahan lama
  • Sudah IP65

Yang Tidak Disukai

  • Aplikasi IT Smart bisa lebih responsif
  • Tidak tersedia cloud gratis

Gadgetren – Immersive Tech punya banyak produk CCTV dengan fungsi yang bervariasi. Salah satunya yang terbaru merupakan IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02.

Sesuai namanya, kamera ini dihadirkan sebagai kamera CCTV luar ruangan dengan fitur unik magnetik yang membuatnya sangat unik dan berbeda dibandingkan kamera CCTV pada umumnya.

Dihargai sekitar Rp1.499.000, kamera ini juga memiliki cukup banyak fitur seperti baterai tanam yang membuatnya cukup fleksibel untuk diandalkan di berbagai kondisi.

 

Dari segi desain, IT Smart Magnetic Camera W02 terlihat sangat unik sekali berkat adanya Magnetic Dock sebagai tempat dudukan kamera yang mana membuka skenario pemasangan yang lebih luas, termasuk untuk sudut penglihatan yang sulit.

Untuk bodinya sendiri dari tampilan luar seperti tidak ada yang spesial dengan bentuk lonjong berbalut warna doff putih. Pada bagian tengahnya terdapat lensa kamera serta sensor lainnya sementara sisi kanan tersedia port untuk kartu micro SD dan micro USB untuk daya.

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 (2)

Namun kehadiran Magnetic Dock membuat kamera ini sangat berbeda dari lainnya karena memungkinkan pergerakan yang sangat bebas. Jika kamera pada umumnya memiliki engsel dengan pergerakan terbatas, berbeda dengan kamera IT Smart Magnetic Camera W02 yang dapat diputar ke seluruh penjuru.

Dudukan Magnetic Dock pun dibuat sedikit miring sehingga membuat kamera tetap stabil di berbagai posisi sambil memungkinkan posisi sudut yang tidak biasa. Hal ini membuat kamera IT W02 sangat mudah sekali untuk dipasang dan diposisikan.

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 (6)

Apalagi pada bagian bawah dudukan juga ada magnet yang cukup kuat, jadi bisa langsung ditempelkan pada permukaan seperti besi. Tentunya terdapat juga lubang pengait di bawahnya agar bisa dipasang pada permukaan yang non magnetik.

Saya rasa Magnetic Dock yang dimiliki oleh kamera ini merupakan inovasi yang luar biasa karena membuat proses pemosisian kamera menjadi sangat mudah sekali. Kamera pun dapat dilepas dari dudukan secara praktis, namun ini mungkin sedikit memberikan kekhawatiran jika kamera dipasang pada outdoor yang mudah dijangkau orang.

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 (4)

Oleh karena itu, Immersive Tech juga memberikan bracket konvensional yang mana dapat dihubungkan pada bagian belakang bodi utama. Dengan begitu ada beberapa opsi pemasangan yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

Sebagai kamera CCTV luar ruangan, IT Smart Magnetic Camera W02 juga sudah dibekali rating IP65 yang mana berarti tahan terhadap debu dan air sehingga tidak akan menjadi masalah jika kehujanan. Apalagi kamera ini juga tidak harus wajib terhubung dengan kabel sehingga bisa dipasang di mana saja.

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 (3)

Selain punya desain yang unik, kamera ini juga mampu memberikan gambar yang berkualitas untuk sebuah kamera CCTV ukurannya. Kameranya mengandalkan sensor 1/2.8” 3MP CMOS dengan dukungan resolusi mencapai 2304 x 1296 piksel yang mana sudah termasuk Full HD.

Hasilnya gambar yang dapat direkam pun memiliki kualitas yang tajam dan bisa terlihat jelas, terutama pada kondisi siang hari. Detail dari lingkungan dapat tertangkap dengan baik bahkan ketika dilakukan pembesaran digital sekalipun.

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 Siang

Kualitas gambar yang diberikan sejauh ini merupakan salah satu yang terbaik dari deretan kamera CCTV dari Immersive Tech yang pernah tim Gadgetren ulas. Sementara untuk kondisi malam hari terdapat infra merah yang membuat gambar dapat tetap terlihat tajam secara menyeluruh.

Kualitas gambar yang diambil oleh kamera ini baik itu siang maupun malam hari, jujur saja cukup mengejutkan karena lebih baik dari perkiraan. Gambar benar-benar bisa digunakan untuk memantau keadaan lokasi di berbagai skenario. Namun memang ada sedikit distorsi di pinggirannya sehingga terlihat sedikit melengkung di sisi kanan dan kiri.

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 Malam Normal

Malam – Normal

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 Malam Night

Malam – Night Mode

Kamera CCTV ini pun bersifat nirkabel yang mana membutuhkan jaringan WiFi untuk bisa video maupun pengaturannya. Proses konfigurasi awal untuk terhubung ke aplikasi IT Smart pun untungnya sangat mudah dilakukan.

Cukup dengan masuk ke Add Device lalu memilih IT Smart Magnetic Camera W02 dari daftar menu kamera. Jika ponsel sudah terhubung ke jaringan WiFi yang ada, maka nantinya tinggal menghadapkan QR Code yang muncul ke kamera untuk dipindai dan proses pun selesai.

Layaknya kamera keamanan pada umumnya, IT Smart Magnetic Camera W02 juga dilengkapi fitur AI Human detection dan movement detection yang mana berarti dapat memberikan notifikasi jika terdeteksi adanya gerakan terjadi di lokasi. Teknologi pendeteksian tersebut bisa membedakan antara manusia atau hewan seperti kucing sehingga tidak selalu memberikan notifikasi.

Selain itu terdapat juga 2-Way Audio yang memungkinkan komunikasi dua arah menggunakan kamera dengan seseorang yang berada di lokasi. Tentunya fitur ini dapat diakses melalu aplikasi IT Smart yang ada di ponsel sehingga mudah untuk berbicara dengan kurir maupun anak.

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 Aplikasi

Dalam aplikasi juga ada opsi pengaturan lainnya seperti mengganti tema, galeri, mode Night, maupun melihat notifikasi yang ada. Selain itu juga tersedia cloud storage yang mana membutuhkan biaya langganan jika membutuhkannya.

Namun bisa menggunakan microSD untuk menyimpan rekaman video baik itu secara terus menerus atau ketika hanya ada gerakan saja. Nantinya rekaman bisa diputar ulang untuk dilihat melalui menu Playback yang tersedia di aplikasi.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya IT Smart Magnetic Camera W02 memiliki baterai berkapasitas 9.600 mAh yang diklaim mampu memberikan masa penggunaan hingga 4 bulan. Hadirnya baterai membuat kamera CCTV ini sangat fleksibel digunakan karena dapat digunakan pada tempat yang tidak memiliki sumber listrik.

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 (5)

Selama masa pengujian, baterai dari IT Smart Magnetic Camera W02 tersisa 68% saat digunakan dari tanggal 29 Oktober hingga 30 November dengan kondisi hanya merekam ketika mendeteksi pergerakan. Dengan baterai yang terkuras sebanyak 32% dalam sebulan, maka kurang lebih seharusnya mampu bertahan sekitar 3 bulan untuk skenario tersebut.

Secara keseluruhan IT Smart Magnetic Camera W02 walaupun dibuat untuk kebutuhan luar ruangan, fitur-fitur yang dibawanya memungkinkan penggunaan yang sangat fleksibel termasuk jika ingin dipasang untuk memantau ruang anak maupun lainnya.

Fitur magnetik yang inovatif membuat kamera CCTV ini sangat praktis sekali untuk disesuaikan dan diputar ke berbagai arah tanpa adanya batasan hingga mudah dipindahkan ketika perlu diisi daya baterainya. Dan tentunya kualitas gambar yang disajikan tergolong cukup tajam untuk kamera CCTV di kelasnya.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar