Review Smart Home

Review IT Smart Outdoor Camera W01 – Sangat Praktis Digunakan

Review IT Smart Outdoor Camera W01 Header

Gadgetren – IT Smart Outdoor Camera W01 menjadi salah satu kamera CCTV pintar yang ditawarkan oleh Immersive Tech pada portfolio produknya.

Kamera CCTV yang satu ini tidak hanya dibekali teknologi wireless saja melainkan juga memiliki baterai tanam di dalamnya sehingga bisa benar-benar dipasang secara nirkabel.

Apakah IT Smart Outdoor Camera W01 memiliki fitur-fitur CCTV lain yang bakal membantu dalam memantau suatu lokasi? Ini ulasannya dari tim Gadgetren.

Review IT Smart Outdoor Camera W01
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Audio - 8/10
    8/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
8.2/10

Kesimpulan

IT Smart Outdoor Camera W01 menawarkan kepraktisan dan fleksibilitas penggunaan sambil dilengkapi beberapa fitur pintar seperti deteksi gerakan dan sensor infra merah.

Pros

  • Desain modern dan futuristik
  • Sudah IP65
  • Pendeteksian gerakan cukup baik
  • Kualitas kamera memadai
  • Sensor IR cukup jelas

Cons

  • Aplikasi IT Smart masih bisa lebih baik

Perlu diakui bahwa Immersive Tech mampu menghadirkan produk yang punya desain modern, minimalis, dan bahkan terbilang futuristik. Gaya desain tersebut pun tersirat pada IT Smart Outdoor Camera W01 yang mana sekilas terlihat seperti kepala robot.

Warna putih matte membaluti seluruh permukaannya dengan aksen hitam pada bagian wajahnya yang membagi dua di tengah bodinya. Terdapat dua antena di kiri dan kanan yang dapat diposisikan hingga 110 derajat untuk mendapatkan kualitas jaringan yang lebih baik.

IT Smart Outdoor Camera W01 sudah mendapatkan ratifikasi IP65 untuk soal ketahanan terhadap air dan debu. Dengan begitu tidak perlu khawatir jika berencana untuk memasang kamera CCTV ini di luar ruangan karena bakal tetap bekerja optimal.

IT Smart Outdoor Camera W01 (2)

Di bagian bawah terdapat lubang mounting untuk memasangkan kamera pada dinding menggunakan penyangga yang telah disediakan dalam paket penjualan. Di sampingnya terdapat speaker serta area untuk port dan lainnya yang terlindungi oleh penutup silikon.

Mulai dari port micro USB untuk daya DC 5V, port micro SD, tombol reset, dan tombol power berada di satu area sehingga mudah untuk mengaksesnya secara bersamaan. Selain itu, silikon yang menutupinya terbagi menjadi dua bagian dimana salah satunya dapat dibuka untuk mengakses port micro USB saja.

Dengan begitu, kamera ini tetap dapat dibuat selalu terhubung ke sumber listrik untuk memberikan fleksibilitas dalam penggunaan. Tentunya ini juga memungkinkan IT Smart Outdoor Camera W01 dapat terus digunakan ketika kemampuan baterai yang ada di dalamnya sudah menurun beberapa tahun kemudian.

IT Smart Outdoor Camera W01 (3)

Bagian utama dari IT Smart Outdoor Camera W01 tersemat lensa 2MP dengan bukaan F2.0 dan sudut penglihatan hingga 130 derajat. Di sekelilingnya terdapat mikrofon, lampu indikator, sensor infra merah, dan sensor PIR untuk menunjang beragam fitur yang dimilikinya.

IT Smart Outdoor Camera W01 mampu menangkap gambar dengan kualitas yang memadai dimana detail objek maupun subyek dalam jarak dekat dapat terlihat cukup jelas. Resolusi video yang dihasilkannya sendiri mencapai FHD 1920 x 1080 piksel, namun tetap perlu menjaga ekspektasi karena lensanya hanya 2MP saja.

Namun pastinya IT Smart Outdoor Camera W01 bakal sudah cukup untuk kebutuhan sebagian besar pengguna dalam memantau sebuah lokasi berkat kameranya yang dapat memberikan gambar dengan cukup baik pada siang hari maupun malam hari.

Apalagi terdapat sensor infra merah untuk membantu kamera agar dapat melihat dalam kondisi gelap gulita sekalipun sehingga tidak perlu khawatir jika tidak ada sumber pencahayaan di sekitar. Sebagai CCTV pintar, tentunya IT Smart Outdoor Camera W01 memiliki fitur yang dapat mendeteksi ketika ada gerakan.

IT Smart Outdoor Camera W01 (4)

Ditopang oleh kecerdasan buatan, kamera ini dapat memisahkan mana gerakan manusia atau bukan untuk memberikan notifikasi yang lebih akurat. Namun pengaturan Human Filtering bisa dimatikan jika ingin segala bentuk gerakan dideteksi.

Menggunakan sensor PIR, kamera pintar ini dapat mendeteksi gerakan hingga jarak 8 meter pada sudut pandang 100 derajat. Selain deteksi gerakan, ada juga fitur deteksi suara sehingga saya bisa mengetahui ketika ada suara-suara tidak lazim yang terjadi di lokasi seperti barang jatuh atau orang berbicara.

Bersamaan dengan itu, IT Smart Outdoor Camera W01 dilengkapi fitur 2-way audio yang memungkinkannya untuk mendengarkan maupun menghasilkan suara. Dengan begitu saya bisa berbicara dengan seseorang yang tengah berada di depan kamera langsung lewat aplikasi di handphone.

Sama seperti produk IT lainnya, Smart Outdoor Camera W01 dapat dikendalikan melalui aplikasi IT Smart yang bisa diunduh pada handphone. Seluruh opsi kendali seperti Night Mode maupun Playback terletak di dalam menu Features sehingga mudah untuk diakses.

IT Smart Outdoor Camera W01 App

Fitur playback memungkinkan perangkat memutar kembali rekaman CCTV yang sudah tersimpan. Namun untuk menggunakan fitur ini perlu memasangkan microSD (hingga kapasitas 128GB) untuk penyimpanan lokal atau memanfaatkan layanan berlangganan dari IT untuk penyimpanan awan.

Di samping itu terdapat pula menu Messages yang berisikan seluruh notifikasi agar tetap dapat dilihat kembali di suatu saat maupun jika tidak sengaja menutup notifikasi yang muncul. Selain itu juga ada menu rekam, screenshot, dan mikrofon yang dapat diakses hanya dengan sekali sentuh.

Tidak banyak opsi yang disediakan pada menu pengaturan selain bagaimana sensor infra merah bekerja, sensitivitas sensor PIR, hingga pengaturan fitur pendeteksian. Oleh karena itu kamera pintar ini terbilang tidak rumit untuk dinavigasikan, mulai dari proses pairing ke WiFi maupun penggunaan.

IT Smart Outdoor Camera W01 (6)

IT Smart Outdoor Camera W01 pun dilengkapi baterai berkapasitas 14.400mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 15-18 bulan dalam kondisi standby atau 3 bulan dalam kondisi aktif dengan perkiraan menyala 10 kali dalam sehari.

Dikarenakan mengandalkan baterai, IT Smart Outdoor Camera W01 tidak akan selalu aktif melainkan hanya waktu tertentu saja seperti ketika mendeteksi gerakan maupun saat tengah melihat pratinjau lewat aplikasi. Nantinya lampu indikator berwarna biru akan menyala untuk menandakan bahwa kamera tengah aktif.

Dalam penggunaan sehari-hari, baterai dari IT Smart Outdoor Camera W01 tetap terlihat 100% setelah digunakan selama seminggu pada lokasi yang terbilang relatif sepi. Sementara untuk skenario yang lebih ekstrem lagi dimana selalu ada orang lalu lalang sepanjang hari dari pagi hingga malam, baterainya berkurang 30% setelah seminggu.

IT Smart Outdoor Camera W01 (5)

Dengan begitu dapat diperkirakan setidaknya baterai dapat bertahan lebih dari 3 minggu jika ditempatkan pada lokasi yang ramai sekalipun. Angka tersebut tentunya jauh lebih baik dibandingkan dengan IT Smart Camera Floodlight FW 01 yang sama-sama memiliki baterai di dalamnya.

Oleh karena itu mungkin saja IT Smart Outdoor Camera W01 dapat bertahan selama 3 bulan jika ditempatkan pada lokasi yang mungkin tidak terlalu ramai. Namun satu hal yang pasti, dilengkapinya baterai membuat CCTV pintar ini menjadi lebih praktis untuk dipasang di mana pun.

IT Smart Outdoor Camera W01 menjadi kamera CCTV pintar yang sangat fleksibel dan praktis untuk digunakan berkat sifatnya yang bisa benar-benar tanpa kabel. Walaupun begitu Immersive Tech tetap memberikan opsi untuk menggunakannya sebagai kamera CCTV konvensional. Harga banderolnya sendiri mencapai Rp1.499.000 dengan garansi 1 tahun.

Tinggalkan Komentar